lomba blog

Kenapa Piknik Itu Penting?

Rabu, September 23, 2015

Halo semuanya, apa yang biasanya kalian lakukan dengan keluarga atau teman saat liburan? Pasti banyak yang jawab liburan, deh~ Ngakuu.. Begitu juga aku! Ada yang liburan wah-wow ke tempat yang bagus, menginap di tempat yang wow juga. Tapi, masih ingat nggak kapan kalian terakhir kali pergi piknik? Hmm.. Mungkin ada yang udah lama banget, atau ada yang baru-baru ini piknik. Kalau aku mendengar kata "piknik" yang terlintas di otakku pasti kenangan waktu kecil. Semakin tua (eh) rasanya kalau piknik itu bikin ribet karena harus mempersiapkan makanan, tikar dan banyak lagi. Jadi banyak yang meninggalkan kebiasaan pergi berpiknik, apalagi sekarang banyak restoran yang ada di sekitar tempat rekreasi atau taman hiburan. Semuanya makin praktis.
Ilustrasi gambar piknik dari 123rf.com
Sebulan yang lalu aku menyempatkan untuk pergi piknik ke pantai Ancol. Aku cuma bertiga, sama ibu dan kakak perempuanku. Sebenarnya aku malas soalnya panaas.. tapi kakakku memaksa, sekalian refreshing seusai skripsi katanya.. yowes~
pantai yg sepi? Hari kerja aja :D
Pantai, di Jakarta utara, jam 11 siang. Kebayang panasnya? Sayang aku ngga bawa jemuran jeans di rumah, pasti kalau jemur di pantai cepat keringnya hahaha. Aku lupa kalau angin di pantai itu kencang nan maknyus, aku lupa pakai sweater dan sukses masuk angin besoknya -,-  Piknik yang cukup simpel, dengan makan siang yang kami beli sebelum berangkat ke lokasi, minuman botol dan tikar.

Kami mengobrol ngalur ngidul, dengan berbagai topik. Memang, ada yang kurang karena kami nggak komplit lagi, ayahku sudah wafat beberapa tahun yang lalu. Jadi aku merasa ada yang kurang tiap kami pergi ke tempat rekreasi. Tapi aku nggak mau berlarut-larut dengan pikiran itu, masih ada ibu di sisiku, dan suatu saat nanti aku disibukan dengan dunia kerja, waktu untuk mengobrol sama beliau berkurang. Aku mau mengumpulkan kenangan bersama ibu sebanyak-banyaknya, soalnya kenangan dengan ayah sedikit. Makan di alam itu.. lebih nikmat. Kayak di saung-saung gitu, walaupun makanya cuma ayam bakar, tempe dan sayur asem tapi rasanya bisa makan lebih lahap! Apalagi kalau sama keluarga besar atau sahabat, pasti lebih enak lagi.

Dan bawa tambahan beberapa kantung plastik untuk tempat sampah sememntara. Selama piknik kalian bisa buang sampah kalian di plastik dan kalian buang ke tempat sampah sebelum kalian pulang dari sana. Ayo cintai kebersihan! Kan sedih lihat tempat rekreasi yang banyak sampah tapi sampahnya ada dimana-mana.

Di pantai itu memang lumayan sepi karena kami pergi di hari kerja. Ada yang pacaran juga keluarga kecil. Menghabiskan waktu di pantai itu menyenangkan, apalagi waktu pantainya tidak ramai, serasa private beach gitu lho! Piknik itu nggak perlu yang wah-wah, asal ditemani orang yang dekat dengan kita, makanan secukupnya, udara segar dari alam piknik pun akan menyenangkan. Menurutku, piknik itu penting karena...

  • Mempererat silaturahmi
di ambil dari can Stock Photo
 Ini poin paling atas menurutku! Bagi kalian yang selalu sibuk dengan aktivitas sehari-hari dari bimbel, ekskul, kuliah atau kerjaan pasti cuma punya waktu sedikit untuk sekedar ngobrol dengan anggota keluarga, teman lama ataupun pacar. Nggak perlu jauh-jauh, di taman kota pun kalian bisa berpiknik! Ngobrolin tentang kesibukan masing-masing, bertukar opini di tempat bernuansa alam itu seru lho!
  • Mendekat dengan alam
gambar di ambil dari wallpaperscraft.com/
Anak kota mana suaranyaa?! Kalian yang akrab banget dengan gedung tinggi berarsitektur modern yang wow, menghirup udara AC atau asap, dan kemacetan perlu sesekali berkunjung ke tempat bernuansa alam. Menghirup udara segar nan sejuk dari alam, pemandangan hijau yang membuat hati sejuk, mengingat alam semesta buatan Tuhan yang maha Esa. Kalian juga bisa berjalan kaki mencari spot untuk piknik sembari mengobrol, menikmati alam di sekitarmu bersama orang-orang dekat.
  • Refreshing!
picture from http://www.aliexpress.com/
Ini juga salah satu alasan kenapa piknik itu penting. Aktifitas yang monoton bisa membuatmu suntuk, atau pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiranmu bisa mengakibatkan stress. Pilihan refreshing yang simple tapi fun? Coba piknik deh! Kalian bisa pergi ke taman kota daripada ke restoran atau food court yang mengharuskan kalian mengantri. Kalau kalian punya waktu di akhir minggu kalian bisa juga ke tempat yang lebih menarik.
  • Masak, yuk!
picture from atlantahomedesigners.com
Kalau punya waktu lebih, kalian juga bisa memasak makanan untuk piknik untuk menghemat uang! Masak bersama saudara atau ibu kalian, sekalian mengasah kemampuan memasak dan mendapat ilmu memasak dari mereka. Nggak perlu masak sampai di presto, yang simple  aja! Nasi goreng special dengan lauk telur, daging ayam dan irisan bakso (wah laper deh). Apapun makananya, kalau kalian menikmati dengan orang terdekat pasti rasanya enak :)
  • Mandiri
credit to depositphotos
Bagaimana kalau mencoba untuk berpartisipasi mempersiapkan acara piknik? Apa saja yang harus dibawa? Apa semua sudah dibawa? Apa pintu sudah dikunci? Dari situ kalian bisa belajar lebih mandiri. Muncul rasa bertanggung jawab juga pada kalian.
  • Kembali menjadi anak-anak
picture from www.thinkstockphotos.co.uk
Kalau ke tempat piknik pasti banyak yang lupa diri seperti lari-larian, main tanah atau pasir, atau menjoroki teman-temanya :v Walaupun sudah bujangan, udah sarjana, punya pangkat, udah keriput.. kalau udah asyik di alam otomatis kita mengingat masa kecil kita dulu. Dengan kewajiban, pelajaran atau tugas, kita jadi lupa bermain seperti anak bocah. Nggak ada salahnya kita kembali menjadi anak kecil sesaat, aku sendiri hobinya main ayunan walaupun bongsor hahaha.

Yang paling berkesan tuh waktu piknik kelas 3 atau 4 SD. Entah sok tahu atau apa, aku dan beberapa temanku sok jago mau kembali ke bus sendiri. Pastinya kami sukses nyasar :v kebayang dong paniknya kami. Ada yang saling menyalahkan, ada yang nangis, aku dan teman dekatku cuma bisa panik takut ditinggal rombongan. Kami pun jadi pusat perhatian -_- untungnya ada orang yang mau membantu kami. Saat melihat parkiran bus kami kegirangan dan asal masuk bus.
 
Temenku ngerasa janggal karena tas-tas di bus itu terlihat asing, kami salah masuk ke bus anak kelas 5 bahahaha :v di oemlin wali kelas dan di tertawakan teman sekelas yang lain. Dulu malu sekarang geli sendiri kalau inget.

Aku pengen bisa sekedar piknik atau liburan di Bogor, aku pernah ke Kebun Raya Bogor tapi belum sempat menjelajahi seluruh area karena udah keburu malam. Walaupun Bogor itu dekat dengan Jakarta aku jarang ke sana karena nggak ada keluarga dekat tinggal di Bogor. Aku mau menjelajah Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor =) Setu Gede dan Perpustakaan Bogor juga menarik untuk dikunjungi! Semoga ada kesempatan untuk main ke Bogor, amiin!

---

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog "Piknik Itu Penting"

You Might Also Like

8 komentar

  1. Asyik banget saat kita merasa kembali menjadi anak-anak. Pikiran benar-benar fresh sesudahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget, rasanya nyesel adi dewasa cepet-cepet ya..

      Hapus
  2. Liburan yang bener2 liburan, pokoknya sama sekali gak mikirin kerjaan itu 2013 pertengahan, udah lama banget ya. Baca ini jadi kepingin liburan lagi deh T^T

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuaah O.o memang susah menentukan waktu di kesibukan kegiatan sehari-hari, but you really deserve vacation even in a short time!

      Hapus
    2. Yah gimana, kerjaan gak bisa ditinggal, plus anak juga sekolah. Waktunya libur, duh tiket bla3 super duper mahal bok, ngeriiii~

      Hapus
    3. Weekend rame pulaa, haiiss.. serba salah ya ;_;

      Hapus
  3. Terimakasih partisipasinya. Pengumuman diundur tgl 20 okt. goodluck.

    BalasHapus
  4. Terimakasih partisipasinya. Pengumuman diundur tgl 20 okt. goodluck.

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)