buku

Kiat Belajar TOEFL

Rabu, September 09, 2015

JENG JENG
TOEFL, apa yg ada di pikiranmu kalau udah denger TOEFL? Kalau aku sih "Duh... grammarku.." iya iya, walaupun aku anak sastra inggris tapi grammarku ini cupu.. Nggak tahu kenapa. Tiap orang punya kelemahan dan kelebihan masing-masing, jadi jangan nge-drop dan mikirin yg negatif. Daripada mikirin yg negatif mendingan kamu belajar untuk menutupi kekuranganmu.

Aku ada dua buku panduan waktu belajar TOEFL, dengan bahasa Indonesia tentunya biar lebih gampang masuk ke otak. Yakni buku Gaul Abis Kuasai TOEFL dan 99% Sukses Menghadapi TOEFL. Kalian bisa cari buku tersebut di toko buku seperti Gramedia atau Gunung Agung terdekat di daerah kalian. Unbtuk kalian ga punya waktu untuk ikut les pendalaman TOEFL buku ini bisa jadi bantuan kalian lho.

Buku untuk belajar TOEFL, versiku
Gaul Abis Kuasai TOEFL Dalam Waktu Singkat.
Sastra Noor
Penerbit: GRASINDO
Price: 35.000

Jarang lho ada buku tentang pembahasan TOEFL yg tipis, kan kebanyakan tebel-tebel. Pas aku mau beli ada yg udah terbuka [kayak sample gitu] pas aku baca.. GAUL ABIS!! Anak muda pasti bisa  mencerna informasi yg ada di buku ini, ngga kayak kebanyakan buku pelajaran biasanya, buku ini bahasa pengantarnya cihuy dan santai, ngga berasa baca buku pelajaran. Kekurangan buku ini kata temenku ngga ada kunci jawabanya. Memang kadang aku juga ragu sama jawabanku bener atau ngga. Kelebihanya, di halaman akhr buku ini ada link yg membanu kita belajar TOEFL dari internet. Harganya pun ngga menguras dompet, kan kalian tahu sendiri harga buku jaman sekarang muahal.. aku aja sering beli buku bekas~ Jadi buku ini worth to read for you who wants to learn TOEFL!

99% Sukses Menghadapi TOEFL
Mien Kasmini & Siwi Kardarmo.
Penermit Cmedia

Price: 85.000

Dari judulnya menjanjikan yaa.. 99%. Itu pikiranku pas aku lihat buku ini. Sebenernya aku pertama kali lihat buku punya temenku, aku baca-baca dan ternyata lumayan menarik dan banyak soal latihanya. Akhirnya aku beli deh. Bonus CD untuk listening juga, makanya jangan tanya kenapa harganya mahal. Dibanding buku yg aku bahas sebelumnya buku ini jauh lebih tebal, masuk akal kalau harga buku ini lebih mahal. Tentunya buku ini memberikan lebih banyak materi, soal, contoh, juga penjelasan/kunci jawaban. Yg aku suka dari buku ini, setiap ada soal dibawahnya ada penjelasan dan jawabanya :D Walaupun bahasa pengantarnya baku tapi ngga terlalu membosankan jadi masih asyik buat dibaca.

tebalnya beda jauh, kan?
Sebenernya mau dengan buku apapun, karangan siapapun, atau les privat tapi kamu ngga niat ya ngga akan bisa. Jadi aku bingung kalau ada yg nanya bagusan buku mana buat belajar ini, itu, tapi kalau dianya ngga buka buku itu sama sekali ya buat apa? Start from yourself.

Jangan dibawa tegang dan kalau bisa baca materi jauh-jauh hari sebelum ujian. Baca aja 20 menit terus istirahat 10 menit nanti lanjut lagi. Kalau belajar aku sukanya dengerin instrumental biar aku ngga fokus sama liriknya dan kebawa suasana /galau/ Dan jaman yg makin modern, kalian bisa cari aplikasi di playstore, entah itu TOEFL, grammar, conversation, matematika, rumus fisika, bahkan UUD 1945 pun ada, empower your gadget! Alhamdullilah berkat belajar, TOEFL ku nembus 500 heheheh~

Semoga postingan ini berguna untuk kalian ya :D Have a nice day everyone!

You Might Also Like

0 komentar

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)