random

Kenapa Kita harus Membaca?

Jumat, Januari 29, 2016

Halo semua! Kali ini postinganku berisi opini pribadi tentang "Membaca". Siapa diantara kalian yang hobi membaca? Menurutku komik masih termasuk dalam bacaan lho. Sekarang udah memasuki tahun 2016 yang dimana anak kecil udah main atau bahkan lihai sama gadget seperti iPad, tablet bahkan komputer. Kalau kalian perhatiin di kereta, restoran atau tempat umum kayaknya jarang ada yang membaca buku, ya kan?
Ushio from anime Clannad
Budaya membaca di Indonesia memang memprihatikan, data dari UNESCO tahun 2012 menunjukkan indeks tingkat membaca orang Indonesia cuma 0,001. Artinya dari 1.000 penduduk cuma ada 1 orang yang mau membaca buku. HAH?! Contohnya seperti online shop di instagram, di caption bahkan di fotonya udah tertera harga dan masih aja ada yang nanya 'Berapa sis?', kok males baca caption sih? Nggak sampai 1 menit ini kok >_<

Aku sendiri hobi membaca karena dari kecil ibuku suka membacakan dongeng dalam negri dan luar negri, aku juga suka minta dibacakan ulang xD Dari kecil ibuku suka mengajakku ke toko buku dan beli satu-dua buku yang aku suka, awalnya sih komik tapi makin gede jadi suka novel juga. Genre kesukaanku yang romantis (pastinya), komedi, horror dan fiksi! Non-fiksi juga seru dan biasanya menguras air mata ;_;
buku yang sering aku masukin ke dalam tas
Aku paling suka ke bazaar buku atau book fair, karena harga buku bisa diskon sampai 70%!! *screaming happily inside* dengan uang 100.000 bisa memborong sekitar 8 buku! Those good time.. Kalau lagi bokek aku biasanya hunting buku di perpustakaan, kalian tahu perpustakaan di dekat Senayan City? Aku sering nongkrong di situ ^^

Apa sih asyiknya membaca? Aku pernah ditanya sama orang kayak gitu.. Tentu aja nggak semua buku aku baca, sebenernya tinggal pilih/cari topik yang kamu suka dan cari bukunya. Niscaya (wis bahasanya) kamu bakalan terhanyut dalam buku itu. Misalnya, aku suka buku Agatha Christie. aku udah penasaran dengan alur ceritanya aku akan baca sampai saat itu juga! Kadang sampai begadang lho :P Yang suka baca pasti bisa relate sama hal ini, kan? ^^

Dulu aku selalu beli buku paling nggak sebulan sekali, biasanya sekitar 100.000-an. Tapi semenjak skripsi menyerang aku sempat berhenti lamaa banget untuk beli buku T,T Kembali ke topik, asyiknya membaca.. Buat aku membaca itu mirip kayak musik yang bisa membuatmu lupa tempat dan waktu. Biasanya kalau aku harus menunggu, atau lagi di dalam bus aku biasanya membaca. Menunggu adzan maghrib pas puasa juga bisa hihihi.

Kenapa Kita harus membudayakan membaca?

Biar kita punya wawasan baru. Itu tujuan membaca, kan? Kamu bisa baca tutorial, life hack, olah raga, tentang psikologi untuk mengenal diri sendiri atau orang di sekitar. Pokoknya jangan biarkan sehari tanpa membaca, paling nggak kamu harus tahu satu-dua hal yang baru dalam sehari! Bisa tentang traveling, masak, atau lainya. Apa gunanya wawasan baru? Membantu kalian untuk menyelesaikan masalah (karena kalian dapat ilmu dari membaca) Perempuan dengan wawasan luas? WOW Banget!
Buku adalah jendela duniaa~

Kedua, supaya kita nggak malas. Kelihatan lho yang malas baca biasanya udah enggan menyelesaikan tugasnya (yang masih sekolah/kuliah, mana suaranya?) seperti malas cari jawaban. Contohnya seperti orang yang males baca caption di IG online shop. Kalian jangan gitu, ya?
Guru / dosen yg murka

Membaca bisa mengurangi stres! Betul banget!! Kadang kalau suntuk sama TV yang isinya itu-itu aja, lebih baik membaca cerita menarik. Dengan membaca novel misalnya, kita bisa mengalihkan pikiran kita yang lagi galau/nervous dengan berfokus sama alur cerita. Aku saranin baca novel romance-comedy biar stres kalian berkurang :)
we can smirk/smile/cringe/laugh by reading a book!
Menambah kosa kata, ini penting untuk yang sedang belajar bahasa asing. Karena nggak mungkin kita bisa tahu semua kosa kata bahasa asing, belum lagi ada idioms dan proverbs.. Wiih.. Karena itu kita harus sering membaca untuk menambah kosa kata. Bahasa Indonesia juga luas dan banyak kosa kata baru yang belum kita tahu, makanya ayo mulai rajin membaca!

Membaca membantu kita untuk mudah mengingat. Semakin kalian rajin membaca semakin mudah untuk mengingat karena dengan membaca kita menggunakan otak kita untuk mengingat apa yang kita baca barusan. Kalian tahu satu cara untuk mencegah 'Kepikunan'? Dengan membaca, membaca membuat otak kita aktif bekerja. Kak nggak asyik kalau tugas berantakan karena mulai pikun ;3;

Dengan rajin membaca kita juga menajamkan skill menulis! Biasanya yang suka membaca pasti juga suka menulis, mulai dari cerpen sampai puisi bahkan novel! Biasanya gaya tulisanya mirip seperti penulis favoritnya tapi lama-kelamaan dengan membaca buku dari penulis lain gaya tulisan akan berkembang juga :D
Tumpahkan ide ke dalam tulisan
Dengan membaca bisa menambah kreativitas kalian! Untuk yang suka baca cerita non fiksi kayak Harry Potter, LOTR dan semacamnya biasanya punya kreativitas yang tinggi (daya khayalnya, tepatnya) Biasanya mereka punya ide-ide unik yang nggak biasa dan punya bakat menulis cerita juga :D Perempuan yang punya ide cemerlang, keren kan?

Menurutku itu lah manfaat membaca untuk kalian, mau poin lebihnya lagi? Ada kok! Refreshing kalian nggak perlu jalan-jalan keluar (bisa kejebak macet, kehujanan) nggak perlu merogoh kocek untuk nonton film dan makan di luar, dengan buku favorit sama teh/kopi udah cukup! ;D

Aku pernah ngeracunin temenku jadi cinta sama buku.. Ceritanya gebetan temenku itu lagi rajiin banget gambar ala manga Jepang. Temenku juga pengen belajar tapi walaupun udah nonton tutorial di Youtube tetep nggak bisa. Aku pinjemin buku-buku pas aku les gambar manga xD Dari situ temenku mulai rajin baca dari tutorial, bahasa dan sekarang dia bisa lahap segala macam buku~ Kecuali buku pelajaran /eh/ 

Kenapa banyak orang yang males membaca? Sebenernya jawabanya sih gampang: Mereka lebih memilih menonton. Memang untuk entertaiment itu lebih asyik, tapi kalau kita baca buku, kita bisa bayangin deskripsi di alur cerita semau kita! itu asyiknyaa~

Aku saranin untuk yang kurang doyan membaca mulai membaca artikel dengan topik yang kalian gemari dulu. Misalnya tentang dunia remaja, relationship, novel/komik kocak dari situ kalau kalian udah biasa kalian bisa ganti buku dengan topik yang lebih berbobot seperti buku tentang motivasi atau tutorial komputer, memasak atau menjahit biar kita menambah pengetahuan dan skill baru!

Kamu suka baca kumpulan cerpen atau novel? Coba kalian cek Stiletto book! Aku tertarik sama kumpulan cerpen dan psikologi populer-nya. Harga bukunya juga terjangkau (*o*) banyak buku yang lagi diskon di Penerbit Buku Perempuan lho! Daripada kalian pergi nonton 2-3 jam selesai coba sekali-sekali beli buku, bisa tahan lama efek entertaining-nya :)

Read all the books!
Semoga postingan ini menginspirasi dan bermanfaat untuk kalian. Salam membaca!
                                                       oOo 
lomba blog Stiletto Book
Nama: Annafi Kirana
Facebook: Annafi
Twitter: 94afii
e-mail: annafikirana363@gmail.com

You Might Also Like

1 komentar

  1. iya, kita harus membaca! Buku apapun sih. Selebaran juga gak apa2.. psti dapat info dari situ. :D samaaa baca status-status sih hehe.. eh itu bukan buku ya? Ah tapi sama-sama tulisan.

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)