lomba blog

5 Kiat Membuat Merchandise Kreatif

Rabu, April 20, 2016

Hola semuanyaa, apa kalian pernah ke tempat wisata seperti museum? Baru-baru ini aku beberapa minggu lalu aku jalan-jalan ke beberapa museum di Jakarta, bosen euy ke mall terus. Nah, di museum biasanya ada toko souvenir yang menjual merchandise dan souvenir khas dari museum tersebut. Merchandise adalah barang yang membantu mempromosikan brand / tempat usahamu yang diberikan pada customermu, kalau souvenir untuk tamu yang berpartisipasi di acaramu sebagai kenang-kenangan atau tamda terima kasih.
Contoh souvenir. Photo credit to brideandbreakfast.ph
Di museum Bank Indonesia dan museum Wayang ada banyak macam souvenir dari tas, notes sampai topi. Mau beli tapi notes di rumah masih belom hatam ditulisin ehehe, mungkin nanti kalau ada temen dari luar kota aku ajak jalan ke sini, biar makin bermakna kenang-kenangan /apa sih/
photo credit to: deasikumbang.com/
Apa souvenir dan merchandise itu penting? Penting buat yang memiliki perusahaan dan mau mengadakan acara seperti launching, family gathering, ulang tahun perusahaan karena memikirkan tentang merchandise / souvenir untuk diberikan pada tamu undangan, teman atau sahabat dan client, kan? Masyarakat kita juga terbiasa dengan budaya memberi souvenir ini contohnya souvenir di acara nikahan, ulang tahun, bridal shower, baby shower adalah hal yang biasa.

Tapi milih merchandise jangan asal-asalan, karena lebih baik memberikang benda yang bisa dipakai sehari-hari. Comtoh souvenir atau merchandise yang berguna:
  • Tote bag/goodie bag
  • Notes 
  • Mug
  • Payung
  • Kipas
  • Gunting Kuku [kenapa ini jarang banget ya]

Saran dari aku, yang hobi ngincer merchandise yakni:
  1. 1. Cari merchandise atau souvenir yang bisa dipakai sehari-hati. Kalau souvenir yg diberikan bisa dipakai daily pasti ingetin kita pas datang ke acara atau inget samayang punya hajatan :3 Biasanya tas, mug dan payung selalu dipakai si penerima.
  2. 2. Unsur unik. Keunikan juga perlu dipikrkan [untuk perusahaan tepatnya], kalau desain pasaran atau nggak menarik ada orang nggak tertarik untuk menyimpan merchandisemu [pendapat pribadi nih]. Unik itu nggak selalu desain, kalian bisa custom font dan warna biar nggak membosankan. Sama kayak packaging makeup, kalau nggak menarik pasti orang kurang tertarik belinya, iya kan? Ayo yang cewek ngaku :P
  3. 3. Rajin-rajin searching desain logo, font, pattern dengan kombinasi warna unik di internet untuk inspirasi merchandise atau souvenir keinginanmu, biar seller merchandisenya ngerti apa yang kamu mau. Jangan dateng-dateng terus bilang "Saya mau souvenir yang girly, imut, pink tapi greget!" Pasti produsenya mendadak migren. Selain Google image kamu bisa cari inspirasi di Pinterest.
  4. 4. Pastikan memesan merchandise 2 minggu atau 1 bulan sebelum hari H event berlangsung. Aku pernah denger ada temen ibuku yang nguber-nguber cari souvenir buat pesta ultah anaknya di H-5, alhasil souvenirnya kurang memuaskan. Persiapan itu penting jendral! Lebih bagus lagi kalau kamu udah tahu desain dan warna keinginanmu biar diskusinya lebih nyaman, nggak kebingungan sendiri gitu.
  5. 5. Cari produsen yang terpercaya, intinya yang punya testimoni asli dan kontak yang jelas ga modal pin BB aja. Kalau punya fanpage di FB, twitter, bahkan website pasti produsenya nggak ecek-ecek. Saudaraku ada yang ketipu dengan bahan material undangan nikahanya, ternyata produsenya kurang bertanggung jawab, hati-hati ya. Be a smart buyer!
Tapi cari jasa buat merchandise itu susah, sis! Lha? Kan sekarang jaman modern, kita bisa mencari jasa membuat merchandise / souvenir dari internet contohnya CustomBagus.com

Apa itu CustomBagus.com ?
Produsen yang menawarkan jasa membuat souvenir / merchandise untuk kebutuhan promosi. CustomBagus punya lebih dari 100 produk yang bisa kamu pilih. Dari alat tulis, kaos, aksesoris dan banyak lagi. 
Contoh merchandise dan souvenir di website CustomBagus
Kenapa CustomBagus?
  1. CustomBagus bisa membantu kamu meng-custom desain logo brand usahamu, sesuai desain dan ide dari kamu.
  2. Bisa order satuan dan lusinan untuk produk tertentu, lusinan lebih murah.
  3. Bisa jadi reseller di CustomBagus dan dapat diskon tambahan.
  4. Ada lebih dari 100 jenis produk yang bisa kamu pilih untuk di custom!
  5. CustomBagus lagi mengadakan promo gratis ongkir sampai 30 April 2016!
  6. Memiliki testimoni yang terpercaya
  7. Bisa chatting dengan CS CustomBagus di custombagus.com efisien kan?
  8. Mudah dihubungi lewat social media seperti Twitter, Facebook dan Instagram.

Aku pernah ngalamin ribetnya cari merchandise di lapangan, harus bermacet-maetan terus ngebolang di pasar yang ramai, sempit dan panas. Nego dengan kekeuh sama sellernya (bikin emosi). Dan nggak itu aja, aku harus ke pasar itu lagi untuk mengambil barang yang aku pesan, kepanasan lagi-keringetan lagi. Pokoknya ujian banget deh kalau buat merchandise / souvenir offline. Yang pernah ngalamin pasti setuju sama aku..

Coba dulu aku tahu ada jasa online seperi CustomBagus, jadi nggak usah panas-panasan sampai keringetan. Tinggal pesan dan diskusi lewat PC/smartphone via internet, bayar dan tunggu barangnya tiba di rumah. Untuk yang tertarik membuat  souvenir / merchadise yang kreatif dan unik bisa menghubungi CustomBagus di

Website CustomBagus / Facebook CustomBagus / Twitter CustomBagus  / IG: Custombagus

Kalian juga bisa mampir ke gerai offlinenya di
Bisa di cek selengkapnya di website dan facebook page-nya
Apa CustomBagus terpercaya? Check testi di websitenya aja!
Beberapa testimoni CustomBagus
Keterangan produk di website-nya detail lho! Dari ukuran, warna, jenis material yang dipakai sampai keterangan waktu pembuatan barang, lengkap kan? pokoknya cari yang menurutmu pas dengan budget dan keinginanmu! Di homepage CustomBagus kalian bisa melihat contoh kaos, tas, kalender, pulpen, undangan dan masih banyak lagi :D 
Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus


Postingan ini diikutsertakan dalam lomba Blog #MerchandsiseKreatif

You Might Also Like

5 komentar

  1. Kalau di Medan kadang ada juga kok yang souvenirnya gunting kuku pas nikahan.

    iya bener souvenir dan marchendise itu emang penting diperhatikan, nggak bisa asal. karena selain buat promosi, juga menggambarkan siapa si pemberinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jarang tp orang yg kasih gunting kuku di sini >.<

      Hapus
  2. Bisa jadi masukan yg bagus ni untuk pilih souvenir yang bagus
    Ravitamala.blogspot.com

    BalasHapus
  3. whuuuuhh, ada kartu nama juga yak... noted!
    thanks mbak annifa sharingnyaaa ;)

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)