healthy life

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dari Sekarang

Minggu, September 25, 2016

Setiap member keluarga atau temen ulang tahun apa yang kamu doakan paling pertama untuk mereka? Kalau aku selalu bilang "Sehat selalu." Karena sehat adalah berkah yang harus disyukuri dan dijaga. Mau punya uang atau temen banyak tapi kalau sakit kamu nggak bisa hangout dan uang hasil kerja dipakai untuk berobat dan nggak bisa dinikmati. 
keep your heart healthy! Art by me
Sedikit flashback, waktu aku umur 3 bulan aku diharuskan operasi jantung karena bagian septum bilik jantung berlubang (VDS-Ventrical Septal Defect) atau sering disebut jantung bocor, lubang itu mengakibatkan tercampurnya darah bersih dan darah kotor.

Dulu aku nggak bisa minum ASI seperti bayi lainya karena sesak nafas sampai badanku membiru. Karena kurus aku nggak diperbolehkan di operasi sampai berat badan ideal baru bisa di operasi. Alhamdulilah operasi lancar dan aku bisa berkembang seperti bayi lainya. Ibuku bilang dokter mengingatkan kalau kemungkinan tumbuh kembangku lambat. Alhamdulilah sekarang tinggi menjulang (tinggiku 170cm)

Dari kecil aku nggak kuat olahraga berlebihan, detak jantungnku pada waktu normal udah lebih cepet dari kebanyakan orang, dan terpacu lebih kencang kalau aku kecapekan. Jadi  aku sering duduk di pinggir lapangan karena dilarang ikut olahraga berat dari SD. Kalau ke Dufan banyak permainan yang nggak aku naikin karena keluarga takut aku nggak kuat [padahal pengen banget] lebih sering duduk nontonin aja. Nggak enak memang, karena itu aku selalu mendoakan keluarga, temen dan sahabat untuk diberikan kesehatan :)

Orang dengan jantung yang kurang fit juga dilarang punya badan gemuk, lemak bisa menghambat jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang memberi dampak  lemas, nafas pendek. Aku pernah kegemukan dan itu nyiksa banget! Cepet capek, nafas pendek, detak jantung nggak teratur, bikin telapak tangan keringet dingin dan kuku membiru. Sehat itu berharga, m harus kita jaga :D

Di postingan ini aku mau sharing Cara Menjaga Kesehatan Jantung. Coba tanya orangtua kalian apa di keluarga ada yang punya turunan jantung? Kalau ada, kamu harus waspada dan  menjaga pola hidup, bisa dimulai bertahap karena semua butuh proses. Aku mulai dari yang paling sederhana!

  • Jaga Pola Tidur
art by me
Walaupun jantung tetap bekerja waktu kita tidur, paling nggak detak jantung waktu tidur bisa lebih stabil dan santai daripada pas begadang. Memang beberapa orang nggak bisa menghindar untuk begadang karena tuntutan tugas atau galau. Saranku minum air putih (2 gelas) sejam sebelum tidur untuk kualitas tidur yang baik. Kalau memang harus begadang hindari minum kopi, ganti teh hijau atau air putih campur lemon/cuka apel. Sehat dan sukses bikin kamu melek!

  • Jaga Berat Badan Ideal
Lemak berlebih membuat kemampuan jantung untuk memompa terganggu, hasilnya? Nafas pendek dan nggak kuat beraktivitas. Cari pola diet yang cocok dan jaga pola makanmu. Kurangi junk/instant food, minuman soda bahkan minuman kemasan.
Makanan sehat, enak untuk menjaga kesehatan misalnya: jeruk, biskuit oatmeal, kismis, dark chocolate (jangan kebanyakan ya), kacang-kacangan tapi jangan yang asin, yoghurt (bisa campur buah kesukaanmu!)

  • Hindari Makanan/Minuman Berpengawet
Yang ini memang susah dihindari karena junk/instant food pasti pakai pengawet. Minuman kemasan juga ada pengawetnya, bisa dilihat kadar natrium (garam) yang ada di kotak komposisi. Garam susah diuraikan dan bikin darah mengental, kalau udah mengental bisa menyebabkan darah tinggi (Hipertensi). Hipertensi bisa memicu denyut nadi dan nggak tidak beraturan, bikin gampang marah, kena serangan jantung, gangguan ginjal bahkan Stroke.

  • Olahraga
art by me!
Walaupun jantungku nggak bisa diajak akur buat lari, basket atau yang lainya tapi olahraga masih wajib dilakukan. Aku suka berenang dan itu bagus untuk melatih pernapasan. Jantung pun butuh excercise, kalau malas bergerak malah bikin jantung lebih loyo. Olahraga nggak cuma untuk menurunkan berat badan tapi mengurangi stres! Lihat aja orang yang rajin olahraga lebih segar dan lebih semangat daripada yang jarang olahraga, bener kan? Kalau ada masalah yang bikin mumet, marah luapkan ke olahraga, tenis, volley, lari.. Apa aja yang kamu suka! Badan dan pikiran segar, siapa yang nggak mau?

  • Hindari Alkohol Dan Rokok

Kalau belum pernah ngerokok/alkohol lebih baik nggak usah coba-coba. Perokok aktif punya kesempatan 2 kali Lebih Besar mengidap penyakit jantung.  Mungkin yang masih 20an bakal bilang "Mau ngerokok atau nggak semuanya juga bakal mati" Hati-hati di umur 40 jantung mulai rewel lho. Rokok dan alkohol bisa menambah resiko hipertensi, merubah irama detak jantung (lebih cepat), mengganggu saraf otak dan kinerjanya. Investasi kesehatan lebih penting daripada label ' Gaul'!

Demikian beberapa tips dariku, tiap 2 tahun sekali aku cek keadaan jantung ke dokter. Mencegah lebih baik dari mengobati dan lebih hemat tentunya :) Kalau ada yang mau nanya juga boleh banget! Sharing is caring, right? Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah ilmu, have a wonderful  day :D

You Might Also Like

14 komentar

  1. betul pola makan sehat dan olahraga teratur

    BalasHapus
  2. jadi ke inget alm. Bapak :')
    beliau meninggal gara-gara sakit jantung. tapi memang bener sih menjaga pola makan terus olahraga teratur penting banget, soalnya mencegah lebih baik drpd mengobati. kayak investasi kesehatan gitu sejak dini :)

    deprut.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, kalo Bapakku karena diabetes. Mungkin nanti aku buat ttg diabetes deh ^^

      bener tuh, lebih hemat jadinya hehe

      Hapus
  3. Artikel yang bagus terimakasih infonya anna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :D makasih juga udah mampir ya!

      Hapus
  4. Kalau mahasiswa mah, pola tidur sama olahraganya timpang terus... uh T.T


    christinauntari.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. ember, pas masih kuliah tidurku ngaco banget -__-

      Hapus
  5. Aku bisa jaga makan, tapi kalo buat olahraga ... waktunya yang gak ada *nangis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yg kurang waktu ya >< jalan kaki aja kalo kalo gitu Wind :)

      Hapus
  6. semuanya bener banget mbak, tapi pas prakteknya selalu ada yang miss.. makan udah sehat, olehraga udah, ehh pola tidur keganggu gara-gara kerjaan banyak deadline.. huks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo uda kerja ngga bisa nyari waktu kosong ya >A<

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)