Chera Halal Wisata

Jalan-jalan Nyaman Dengan Cheria Halal Wisata

Rabu, Januari 04, 2017

Selamat datang 2017! Aku harap tahun ini kita semua makin sukses dan sehat selalu ya, amin! Postingan awal tahun ini aku akan membicarakan hal yang berbeda dari biasanya, nggak jauh-jauh dari resolusi. Aku yakin kalian semua punya target yang sudah dibuat tahun lalu, kan? Pasti banyak dari kalian yang punya resolusi buat traveling, kalo iya berati kita sama!
Source
Salah satu resolusiku untuk tahun ini adalah traveling ke luar negeri, karena aku belum pernah huhu. Dari dulu punya mimpi jalan-jalan ke luar negri dan negara impian buat dikunjungi adalah Jepang! Kalau mendengar kata Jepang apa yang terlintas di pikiranmu? JKT8? Anime? Bunga Sakura? Sushi? Gunung Fuji? Ninja? Cosplay? Wah banyak ya.. Jepang memang negara yang menarik dan unik. Tapi yang buat aku suka banget dengan negeri asal Doraemon adalah budaya dan animenya! Bukan berarti aku nggak tertarik dengan indahnya Hanami dan salju di sana, penasaran juga dong!

Apalagi orang Jepang dikenal memiliki toleransi dengan perbedaan agama yang tinggi. Dari orang-orang yang pernah ke sana dan mengenakan kerudung mengatakan kalau masyarakatnya nggak masalah dengan turis berkerudung, kebanyakan masyarakatnya bingung dan tanya-tanya seperti "Apa nggak kepanasan?" sampai "Kamu punya rambut nggak?" Hihihi
Source
Tapi banyak muslim traveler yang kadang bimbang untuk pergi ke sana. Sulitnya hunting makanan dan minuman yang halal dan mencari tempat umum yang menyediakan mushola untuk shalat menjadi alasan utamanya. Di Jepang, sudah menjadi kewajiban untuk sebuah restoran menyediakan alkohol dan makanan yang menggunakan ham atau pork dan kaldu babi. Makanya banyak orang yang was-was, kan sayang juga kalau hanya mencoba roti-rotian seperti dorayaki, taiyaki atau anpan kalau sudah di sana.

Kita masih bisa mencicipi kuliner khas negeri Matahari yang menggunakan daging ikan, ayam dan sapi untuk cari aman. Kalau bosan masih ada makanan yang aman buat dicoba untuk muslim traveler seperti soba, udon, sashimi atau tempura. Sayangnya kita nggak dianjurkan untuk mencoba saus makanan tersebut karena menggunakan sake atau araknya Jepang. Biar nggak hambar lebih baik bawa sambal dalam bentuk sachet dari Indonesia, kalau bisa sekalian promosiin sambel Indonesia dengan orang lokal, keren!

Dan nggak banyak pasar swalayan di sana yang memberikan ruangan untuk shalat. Temanku yang muslim harus mengatur waktu jalan-jalannya selama di sana biar nggak bentrok dengan waktu shalat apalagi maghrib. Dia menyarankan untuk membawa mukena dan sejadah sendiri karena tidak semua penginapan menyediakan perlengkapan ini. Kalau malas membawa sejadah karena tebal dan makan tempat kamu bisa bawa sarung untuk penggantinya.

Saran tambahan darinya adalah gunakan aplikasi kompas dan aplikasi waktu sholat yang bisa di download. Jadi nggak perlu bingung nanya ke mana arah kiblat atau jam shalat dengan petugas penginapan. Kewajiban nggak boleh dilupakan ya!

Terus kita harus bersyukur sebagai orang Indonesia karena mempelajari bahasa Jepang lebih mudah ketimbang bahasa Inggris. Hafalkan kalimat penting untuk traveling yang ada di aplikasi android atau video di YouTube, dijamin bisa! Harus diketahui banyak orang Jepang yang nggak lancar berbahasa Inggris makanya paling nggak kita mempelajari bahasanya, siapa tahu bisa dapat teman baru atau jodoh orang sana (eh)

Rasa toleransi yang tinggi orang Jepang dibuktikan dengan adanya Masjid di beberapa kota. Di Jepang ada masjid? Ada dong! Salah satunya Camii Mosque yang ada di Tokyo yang disebut sbagai masjid terbesar di sana. Jangan cuma mengunjungi pusat perbelanjaan, taman bermain dan kuil, kapan lagi bisa melihat keindahan masjid dengan gaya arsitektur Turki di negeri sakura?

source
Untungnya di Jepang sadar akan banyaknya turis muslim dan menyediakan penginapan, restoran sampai pusat belanja yang muslim friendly lho! Jadi mereka menyediakan kuliner, buah tangan dan tempat untuk sholat (mushola atau prayer room) buat muslim traveler.

Mencari restoran dan penginapan di Jepang bisa dibilang susah-susah gampang, gampang kalau kamu punya kenalan yang tahu tempat yang muslim friendly. Kalau nggak gimana? Jagan buang keinginanmu karena ada Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia.

Pilihan paket tour yang disediakan nggak hanya ke Tokyo. Kalian bisa mengunjungi Hokkaido, Osaka dan Kyoto dan nggak perlu khawatr karena dijamin tempat yang kalian kunjungi aman untuk muslim traveler! Tempat yang dikunjungi ada macam-macam mulai dari taman bermain sampai tempat bersejarah, kamu bisa lihat Paket Tour Wisata Halal Jepang untuk lebih rincinya. Kalau mau tanya-tanya kalian bisa menghubungi lewat akun sosial media Cheria Halal Wisata

Facebook Page Cheria Halal Wisata
Twitter Cheria Halal Wisata
Google+ Cheria Halal Wisata
Instagram Cheria Halal Wisata
 
Semoga resolusi kita bisa dilaksanakan pada tahun ini ya, amin! Semoga artikel ini bermanfaat, have a nice day all!

You Might Also Like

6 komentar

  1. Hebat ya Jepang...menjunjung tinggi toleransi. Sama kayak disini juga, bule-bulenya juga sangat respek sama keragaman agama dan ras.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalo bule luar masih parno ya :(

      Hapus
  2. Wah Jepang terbuka banget buat wisatawan muslim ya, menarik juga buat di kunjungin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ga ragu lagi nyari makanan juga :D

      Hapus
  3. di jepang juga sudah terdapat mesjid ya bahkan di kota besar seperti tokyo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, mereka ngerti banget banyak muslim yg kagum sama negaranya :D

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)