event

DEWATALKS Mengenal Dunia Digital Marketing

Kamis, Mei 25, 2017

Halo semua, kali ini aku mau merekap event yang diadakan Dewaweb. Sebelumnya aku mau mengucapkan terima kasih banyak untuk Blogger Perempuan yang memberikan kesempatan menghadiri event yang edukatif ini secara cuma-cuma! Dewaweb mengadakan seminar mengenai digital marketing. Jujur aku termasuk yang awam banget soal digital marketing tapi pingin tahu juga soal SEO dan memaksimalkan web/blog.

Dewatalks 2017
Berlokasi di Plataran Patio di daerah Kebayoran Baru, tempatnya asri deh. Sewaktu masuk aku sedikit jiper karena pesertanya kebanyakan laki-laki. Sebelum acara dimulai kami ngobrol-ngobrol dulu mengenai dunia blog. 
                                    
Mengikuti zaman yang serba digital kini marketing pun dilakukan dengan sistem digital. Dulu kita biasa melihat iklan di koran, majalah, Televisi, billboard, radio sampai tiang listrik dan sekarang di zaman digital kita bisa menemukan beragam iklan di sosmed, website berita dan banyak lagi. Kalau tidak ingin kalah berkompetisi maka kita harus mempelajari dan mendalami apa saja konteks yang ada pada digital marketing. Apalagi untuk yang ingin usaha UKM-nya maju, digital marketing is a must nowadays!
Dewatalks 2017
narsis dulu sama Mbah Dewa (??)
tebak aku yang mana? source IG Dewaweb
 Ada empat pembicara yang menghadiri Dewatalks kemarin yakni: Edi Budiman selaku CEO & Founder Dewaweb, Henky Prihatna selaku Country Industry-Head Bussines of Google Indonesia, Nicolay Nedev selaku Sales Manager rankingCoach dan Rhein Mahatma selaku Founder dari Buattokoonline.id dan Co-Founder Startupbisnis.com.

Pertama kali Bpk. Edi Budiman mengajak peserta mengenal lebih dekat dengan Dewaweb. Dewaweb adalah perusahaan web hosting pertama di Indonesia yang berteknologi cloud. Dewatalks yang diadakan Dewaweb diharapkan menjadi wadah bagi komunitas dan individu untuk belajar dan berbagi demi sukses bersama dalam berbisnis online. Tapi nggak hanya itu saja lho!
Edi Budiman - CEO & Founder Dewaweb
Dewaweb memiliki misi yakni membantu konsumen semakin maju agar semua customer  bisa berhasil berbisnis online. Dibantu para ninja support assistant yang mampu mengetik 70 kata/menit tanpa melihat keyboard siap melayani customer selama 24jam nonstop dan mensupport bisnis website klien. Mantap kan, nah untuk kamu yang mau blognya jadi TLD atau mau membuat website untuk  bisnis online bisa tanya-tanya sepuasnya mengenai step-stepnya dengan para Ninja support assistant Dewaweb.

Di Dewaweb, web yang ber-hosting akan dijamin cepat diakses dan aman. Selain itu kalau klien yang lupa meng-update akun wordpress akan dibantu pihak Dewaweb untuk meng-update akun wordpressnya agar tidak di hack pihak yang tidak bertanggung jawab. Keamanan login juga berlapis, jadi website klien tidak mudah disusupi.

Lalu Bpk. Henky Prihatna melanjutkan dengan tema Bagaimana mengembangkan bisnis digital di Indonesia. Masyarakat kini sudah melek dan cenderung dekat dengan internet, perlahan bisnis online pun ikut berkembang di tanah air. Maka pemilik usaha harus beralih ke dunia digital.
Henky Prihatna selaku Country Industry-Head Bussines of Google Indonesia
Zaman sekarang semua harus terhubung ke internet. Ingin cepat dan instan dan bisa diakses secara mobile, intinya mau mencari tahu sesuatu semuanya tinggal akses di Google saja. Ingin membeli produk kecantikan tidak seperti tahun 2003 lalu, hanya dari tabloid, majalah dan iklan di TV lalu beli.

Sekarang konsumen melihat iklan di sosmed (Facebook/Twitter/Youtube/Instagram dsb) dan mereka akan meng-google harga dan review produk tersebut. Maka dari itu seorang pengusaha harus akrab dengan Google trend yang berfungsi melihat kapan waktu terbaik untuk melakukan kampanye/promosi besar-besaran di musim-musim yang sesuai dengan produk yang dijual.Contohnya di bulan Ramadan, keyword yang sering dicari adalah kue kering, mukena, baju koko, sepatu, zakat dan lain-lain.

Sebagai pengusaha harus bisa membaca perilaku konsumen itu.  Berarti pengusaha harus bisa mengoptimalkan bisnisnya dengan memantau Google trend, selain untuk memastikan waktu yang tepat untuk promosi juga bisa memantau apa saja yang dicari para konsumen.

Pembicara selanjutnya berasal dari Jerman, Mr. Nicolay Nedev dibantu dengan seorang interpreter menjelaskan bagaimana meraih kesuksesan dengan digital marketing dan SEO juga memperkenalkan rankingCoach. Agar website bisa berada di halaman pertama dan di posisi atas seseorang harus memahami teknik SEO. Ini adalah hal yang penting apalagi untuk pemilik UKM, lalu apa yang ditawarkan rankingCoach?
Nicolay Nedev- Sales Manager rankingCoach
rankingCoach adalah online tools untuk internet marketing yang mudah digunakan dan membantu proses optimalisasi website. Kamu bisa mengerjakan sendiri tugas-tugas yang ada di tools ini juga mendapatkan data terakhir untuk status dan posisi rangking situs di Google.

Dalam tools ini ada beberapa aplikasi yang berbeda untuk langkah optimalisasi on page dan off page. rankingCoach ini juga memberikan beberapa data penting untuk keywords, link building dan teknik optimalisasi situs. Nantinya website yang menggunakan rankingCoach akan terlihat lebih visibel di halaman hasil mesin pencari.

Terakhir, Rhein Mahatma melanjutkan seminar dengan topik SEO for Startups & Small Bussines dan Strategi efektif untuk social media marketing. Sebelumnya disampaikan jika website kita berada di halaman pertama Google maka kemungkinan akan lebih besar kesempatannya mendapatkan konsumen, kalau untuk blogger untuk mendapatkan pengunjung.
Rhein Mahatma selaku Founder dari Buattokoonline.id dan Co-Founder Startupbisnis.com.
Beliau menjelaskan mengenai Brand Awareness, Lead Generation, Conversion dan Retention. Selain itu beliau memberikan poin-poin agar sukses mendirikan sebuah bisnis online baik itu Startup maupun UKM yakni: Paham akan niche yang dipilih-jadi tahu dan bisa mengikuti perkembangan hal-hal yang ada di niche tersebut, memunculkan direct traffic-langkah pertama bisa promosi di Facebook untuk mendapatkan banyak audiens, paham akan keywords dan strategy keywords, long tail (keyword panjang) sampai backlink. 

Backlink tidak bisa asal-asalan karena kalau backlink dari website dengan konten negatif maka tercemar juga. Contoh backlink yang disukai google misalnya G+, Pinterest, Twitter, Tumblr, wikipedia dan website positif lainnya.

Aku dapat banyak banget ilmu baru, seminar yang benar-benar menarik! Semoga artikel ini informatif untukmu ya!

You Might Also Like

11 komentar

  1. Emang dunia internet itu sgt berpengaruh terutama dalam hal marketing dan bisnis. Mana ada sih zaman sekarang yg gak pake internet. Nice post

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, sampe ada bisnis jual likes dan followers :v

      Hapus
  2. Dunia digital udah menjadi makanan sehari hari. Semoga kita semua bisa memaksimalkan penggunaan internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga kita bisa memaksimalkan spt negara maju menggunakan internet!

      Hapus
  3. wah, poin terakhir bikin saya tertarik mengenai backlink, saya rupanya kurang optimal di blog saya yang lain. Ga pernah saya share d sosmed, yahh kalau di share kan dapat backlink yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku juga baru tahu ada banyak website kesukaan google

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Makasih mbak Annafi...kemaren nggak bisa ikutan karena anakku sakit. Dari rekapan ini sekarang jadi tahu bagaimana seharusnya sebuah UKM berkembang. Makasih sekali ya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mba Rahayu, semoga di lain kesempatan kita bisa ketemu yaa, amiin!

      Hapus
  6. Itu ninja nya keren ya bisa ngetik gak liat keyboard. 70 kata lagi permenit. keceee... bagus nih buat aku yang ada usaha online. nice sharing mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, namanya juga cs-kalo ngetiknya lama nanti diomelin client >< practice makes perfect ya pastinya ;D

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)