event

Apartemen Bersubsidi di Bekasi: Teras Alun-alun By Vida Bekasi

Kamis, Oktober 05, 2017

Kalau mendengar kata Bekasi apa yang muncul di pikiran kalian? Di pikiranku adalah kota yang memiliki banyak tempat kekinian. Dari tempat makan sampai tempat hangout yang saya lihat di medsos banyak yang berlokasi di Bekasi. Saya sangat jarang main ke Bekasi, dan pada tanggal 30 September lalu saya dan beberapa teman blogger berkesempatan hadir di cara VidaFest 2017!
VidaFest 2007
VidaFest 2017
Vidafest 2017 Vida Bekasi
Ternyata pagelaran pesta rakyat ini sudah yang ke 3 kalinya dilaksanakan pihak Vida Bekasi. Vida Fest sudah dua kali mengakat tema berunsur alam, seperti di VidaFest 2017 ini mengangkat tema air. Pada VidaFest 2016 yang diadakan tanggal 22 Oktober mengangkat tema angin dan pada VidaFest 2015 yang jatuh pas di hari kemerdekaan Indonesia mengangkat tema Independence Day Celebration.
source Vidafest-Vida Bekasi
Saya datang di lokasi sekitar jam 10 lewat disambut matahari yang terak tapi semangat tidak surut untuk melihat talkshow yang membahas arsitektur tentang hunian kolektif dan humanis. Hari itu juga menjadi peluncuran apartemen bersubsidi: Teras Alun-alun. Para pengembang, perencana dan arsitek berkolaborasi untuk mewujudkan kawasan hunian terbaru di Bekasi yang berkualitas.

Teras Alun-alun adalah apartemen bersubsidi di kawasan seluas 130 hektar di kawasan Narogong, Bekasi. Dengan ini Vida Bekasi ikut berkontrobusi memberikan solusi mengurangi masalah di perkotaan dengan menyediakan hunian yang berkualitas dengan harga yang bersahabat.
source Vidafest-Vida Bekasi
Acara Vidafest 2017 dibuka dengan pertunjukan tari dari adik-adik sekolah dasar. Dengan gerakan yang kompak dan pakaian daerah yang cantik benar-benar menghibur pengunjung yang hadir di Vidafest siang itu. Selain talkshow tentu ada banyak acara yang ada di Vidafest seperti Live Graffiti dari Artheraphy Movement, Urban Guerrilla Workshop, Workshop untuk anak-anak bersama Kedubes Bekasi, Kompetisi Game of S.K.A.T.E, Mini GP Wali Kota Cup, 10K Eco Fun Run Wali Kota Cup, Bazaar, hiburan dari band terkemuka Alvin & I, Ikubaru, The Trees & The Wild, Nick dan kelompok musik Keroncong Terian dari Vida Bekasi.
pembukaan acara Vidafest 2017
source Vidafest-Vida Bekasi
source Vidafest-Vida Bekasi
source Vidafest-Vida Bekasi
Acara Vidafest ini sah dibuka setelah Pak Teten Masduki memoting pita di depan pintu Hangar. Para pengunjung memasuki area dengan antusias, melihat pameran foto proyek Vida Bekasi. Namun karena makin ramai saya dan teman-teman blogger langsung mencari tempat duduk di bagian tengah agar bisa menyaksikan talkshow yang menarik ini.
VidaFest 2017 Vida Bekasi
VidaTalk
Acara Vidatalk dibuka oleh kepala Staf Presiden, Teten Masduki. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan vertikal adalah salah satu cara menangani permasalahan di perkotaan. Banyaknya penduduk tidak memungkinkan pembangunan rumah tapak dalam jumlah banyak, maka dari itu solusi yang ada yakni membangun rumah susun atau apartemen.


Pak Teten Masduki
Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pak Edward Kusuma, selaku Direktur Vida Bekasi menjelaskan lebih rinci mengenai Vida Bekasi dan apartemen subsidi, Teras Alun-alun.Vida Bekasi adalah kawasan hunian baru di kawasan Bekasi dengan konsep tropical urbanism. Tropical urbanism adalah kehidupan yang responsif dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Dengan desain kontemporer yang lengkap dengan fasilitas untuk menunjang kebutuhan penghuni Vida Bekasi. Vida Bekasi resmi diluncurkan pada Oktober 2013 dan sampai saat ini sudah dihuni lebih dari 9000 penghuni!
Pak Edward Kusuma
Pak Edward berharap dengan adanya apartemen subsidi Teras Alun-alun, Vida Bekasi bisa turut serta berkontribusi pada permasalahan kekurangan pasokan hunian (backlog) Badan Pusat Statistik 2015 mencapai 11,38 juta, juga mendukung Program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah 2015 lalu. Beliau juga mengatakan kalau Teras Alun-alun dibangun dan didesain bagus agar tidak terlihat kumuh juga terletak di depan kompleks perumahan.

Dalam membangun dan mendesain Teras Alun-alun, Vida Bekasi berekja sama dengan SHAU (Suryawinata-Heinzelmann Architecture & Urbanism). SHAU adalah studio arsitektur dan urbanism yang didirikan oleh pasangan arsitek dari Indonesia dan Jerman, Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann. SHAU memiliki pengalaman dalam dunia arsitektur dan memborong penghargaan arsitektur kelas dunia.
Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann SHAU
Bu Daliana mengatakan, "Hunian dengan harga terjangkau dengan desain yang baik memang masih sangat sedikit di Indonesia. Pentingnya penghawaan dan pencahayaan alami sangat penting untuk kualitas hidup penghuninya. Desain yang menarik bisa memberikan dampak psikologis untuk penghuni lebih bahagia dan nyaman rumah."

Ardzuna Sinaga, dari Urban+, narasumber yang hadir juga  mengatakan bahwa kunci dari keberhasilan master plan dan desain arsitektur kawasan hunian ditentukan oleh komunitas penghuni.
Ardzuna Sinaga
”Para arsitek dan perencana bisa merancang, pihak pengembang bisa membangun, tetapi penghuni lah yang berperan besar untuk menghidupkan kawasan yang sudah dirancang terintegrasi didukung dengan berbagai fasilitas publik. Talkshow seperti ini sangat penting supaya kita semua bisa mengerti lebih dalam bagaimana tinggal di hunian kolektif secara utuh danb membuat lingkungan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan,” jelas pak Ardzuna.

Pak Hirwandi Gafar, dari Bank Tabungan Negara (BTN) dan Pak Edward menjelaskan bahwa Unit Apartemen Teras Alun-Alun sudah mulai dijual, dengan DP mulai dari Rp. 3 juta-an dan cicilanmulai dari Rp. 2 juta-an. Apartemen Teras Alun-alun  dipasarkan Rp8,4 juta per meter persegi atau Rp302 juta per unit,” jelas pak Edward.
Pak Hirwandi Gafar,
Dr. Imam B. Prasodjo dan Pak Edward
Vidatalk ini berjalan seru karena dimoderasi oleh Dr. Imam B. Prasodjo, sosiolog dan tokoh masyarakat. Pembawaannya yang spontan dan nyablak sering membuat kami tertawa ditengah-tengah acara.

Jika berminat memiliki hunian yang kolektif yang humanis di kawasan Bekasi, Vida Bekasi bisa jadi pilihannya! Untuk yang tertarik bisa mengunjungi website dan sosmednya di bawah ini:

www.vidabekasi.com
IG & FB @VIDABEKASI

Lokasi Vida Bekasi


Semoga artikel ini bermanfaat ya, have a wonderful day everyone!

You Might Also Like

8 komentar

  1. Wah sampai mengandeng ansitekd ari Jerman ya mba. Kualitasnya ga main main nih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. suami istri yg sama2 arsitek :D

      Hapus
  2. Bekasi skr udh kayak kota dalam kota :D. Komplit bangetttt.. Udh mirip tangerang lah, semua serba ada. Keren bekasi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, semoga ke depannya makin keren ^^

      Hapus
  3. Seru yaaa acaranya. Aku ngiler pengen punya 1 unit. Tapi budgetnya blm ada. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, sama kita xD semoga suatu hari bisa punya satu unit di sana yaa

      Hapus
  4. Kalau mindset pertama dari kota bekasi pasti kota ramai bukan hanya mall melainkan kota industri juga. Permasalahannya memang banyaknya penduduk yang belum punya hunian. Apartemen teras alun-alun ini kayaknya akan menjadi solusi buat yang ingin hunian murah, Harganya kayaknya terjangkau banget cuma 302 juta. Bisa di kredit lagi,. Mantap dah. Tapi subsidi yang dipakai itu uang APBN kah mbak ?

    BalasHapus
  5. Bekasi jadi kota yang makin maju.

    Lho kirain baru juga Vida Bekasinya ternyata sudah ada sejak 2013. Hihi. Aku baru tahu. Penghuninya juga udah banyak ya mba.

    Unik, arsiteknya pasangan Indonesia dan Jerman.

    Teras alun-alun dp sama cicilannya lumayan tuh.

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)