event

Perkembangan Pembangunan MRT Jakarta (Desember 2017)

Sabtu, Desember 23, 2017

Halo semua, nuansa liburan nih! Apa sudah mempersiapkan planning dan resolusi untuk 2018? Semoga kita dimudahkan dan dilancarkan melaksanakan target-target kita, ya. Amin! Nah, kemarin tanggal 20 Desember aku dan beberapa teman blogger dari Blogger Cihuy hadir dalam kesempatan Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta. Pasti kalian yang tinggal di Jakarta sudah akrab dengan obrolan mengenai MRT. Nah saya mau sharing nih perkembangan pembangunan MRT Jakarta, simak ya!
Forum Jurnalis dan Blogger MRT Jakarta

Siang itu ada tiga narasumber yang hadir, mereka adalah Direktur Utama PT MRT Jakarta, Pak William Sabandar, Pak Agung Wicaksono, Direktur Operasi dan Pemeliharaan dan Pak Tuhiyat, Direktur Keuangan dan Administrasi. Siang itu Bu Silvia Halim selaku Direktur konstruksi tidak bisa hadir karena masih berada di Jepang, ia bertugas mengetes dan mengawasi kelangsungan tes kereta MRT.

Kemacetan di Jakarta memang menjadi masalah yang dihadapi masyarakat Ibu kota. Adanya transjakarta, angkot, bus kota masih belum maksimal mengunrangi kemacetan. Maka dari itu KRL memiliki banyak peminatnya. Dan PT MRT Jakarta memiliki visi menyediakan jasa transportasi umum untuk mendorong peningkatan ekonomi dengan peningkatan mobilitas.

Pak William menjelaskan, "Progres pembangunan konstruksi MRT fase I rute Lebak Bulus - Bundaran HI, mencapai 90,14% pada akhir 2017. Terdiri dari jalur bawah tanah sebesar 95,13% danjalur layang 85,2%."
Progres MRT Jakarta Desember 2017
Kalian bisa memantau perkembangan pembangunan MRT di websitenya lho jakartamrt.co.id
Progres MRT Jakarta Desember 2017
Saya yakin banyak dari kalian penasaran dengan persiapan dan perkembangan MRT Jakarta. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemilihan material, daerah pembangunan dipikirkan sangat matang. Tidak hanya itu saja, bahkan masinis untuk MRT diseleksi dengan cermat sesuai kriteria dan standar.


Progres MRT Jakarta Desember 2017
Dari 400 peserta disaring menjadi 120 peserta kemudian diseleksi dengan dan direkrut lah 80 peserta yang melewati berbagai kompentensi dengan baik. PT MRT Jakarta bekerja sama dengan luar negeri untuk melatih peserta tersebut, kenapa? Karena ini pertama kalinya Indonesia akan memiliki MRT, jadi lebih baik belajar dari negeri yang sudah berpengalaman dengan sistem MRT.
Progres MRT Jakarta Desember 2017
Progres MRT Jakarta Desember 2017
PT MRT juga mempersiapkan mitra layanan telekomunikasi dan konektivitas seluler dan Wifi untuk meningkatkan mobilitas masyarakat. Karena pasti banyak yang membutuhkan sinyal saat berada dalam stasiun bawah tanah. Penyeleksiannya dari April sampai Oktober 2017. Dari 19 peserta yang mendaftar terkumpul 8 peserta yang memenuhi kriteria.
Progres MRT Jakarta Desember 2017
Kemudian Seleksi Layanan Periklanan dan Layanan retail tenant. Seperti di stasiun besar di Jakarta, akan banyak bilboard nantinya di stasiun MRT. Yang kami takjub, nantinya akan ada pertokoan dalam stasiun MRT. Namun seleksi untuk retail tenant lebih ketat, terlebih lagi untuk yang berminat menjual makanan. Konsepnya adalah grab and go, tidak menuntut pengguna MRT mengantri lama dan cara tertentu; tidak memasak dengan gas. Karena akan membahayakan lingkungan sekitar apalagi dalam stasiun bawah tanah.
Progres MRT Jakarta Desember 2017
Progres MRT Jakarta Desember 2017
Di tahun ini banyak pencapaian yang diraih PT. MRT Jakarta, berikut pencapaian-pecapaian MRT Jakarta di tahun 2017.

"Kita prediksi sampai 25 Desember 2017 progres konstruksi bisa sampai di 90,14%. Sekarang terus kita kebut dikerjakan," kata Pak William siang itu.

Demi kelancaran pengerjaan, site visit tidak akan diadakan lagi. Sayang sekali saya belum pernah site visit (mengunjungi) stasiun MRT bawah tanah, tapi tak apa lah. Beliau melanjutkan "Karena pembangunan MRT dikebut, site visit sudah dihentikan. Karena terlalu riskan dan berbahaya jika masih ada kegiatan itu, sementara kita sedang finishing, mulai dari pemasangan track, sistem listrik dan lainnya,".

Semoga pembangunan MRT Jakarta dilancarkan, saya nggak sabar ingin mencobanya :D Semoga postingan ini informatif dan bermanfaat ya, selamat berlibur panjang!

You Might Also Like

12 komentar

  1. Kalo mrt sdh jadi, pasti pengguna kendaraan pribadi beralih ke mrt..yakin deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, bisa tepat waktu dengan transportasi yg nyaman itu impian banget~

      Hapus
  2. MRT oh MRT :)
    berapa kali ke Jakarta selalu melihat 'kemangkrakan' nya yang terlihat seperti luka sayatan di tengah padatnya kota.

    Yah, saya mah lihat luarnya saja. Saya percaya para penanggung jawab dan pelaksana ini akan segera menghadirkan salah satu solusi kemacetan Jakarta dengan segera, semoga! ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, semoga dilancarkan dan dimudahkan. biar deh lalin macet saat pembangunan MRT, demi perubahan yang baik ^^

      Hapus
  3. Nggak sabar nungguin MRT selesai. Kebetulan relnya lewatin daerah deket rumah. PAsti jakarta bakal kece banget dan inshaaAllah nggak macet lagi yaaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga dilancarkan ya, saya juga pingin banget ngerasainnya :D

      Hapus
  4. Informasi yang bermanfaat nih, Teh..
    Andai bisa mendapatkn info seperti ini dengan hadir secara langsung. Tentu akan lebih senang..

    Harapannya semoga kemacetan di Jakarta segera berkurang ya, Teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng kalau tulisanku bermanfaat, makasih ya! Amin ya allah, warga jakarta juga nggak kuat sama kemacetannya hihi

      Hapus
  5. Wahhhh, kira2a mulai operasionalnya kapan? di kelapa gading macet parah gara2 ada pembangunan MRT ini, kebetulan ada stasiunnya di dekat kos ku, hihihi jadi ga sabar MRTnya beroprasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya 2019, pencarian mitra kerja spt seleksinya harus dipikirkan matang2 soalnya :D

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)