Kenali BPK RI Lebih Dekat Yuk!

Sabtu, Februari 03, 2018

Semakin dewasa semakin luas topik perbincangan kita, karena kita harus mengenal peristiwa di sekiatr kita biar tidak ketinggalan tren atau tidak nyambung saat ngobrol. Politik pun pasti pernah jadi topik yang disinggung saat ngobrol santai dengan keluarga atau teman. Kalau dengar politik pasti tidak jauh dengan korupsi, KPK juga BPK. Nah, hari ini kita ngobrol santai soal BPK RI, yuk!


Peran BPK RI Kawal Harta Negara
Setiap membaca atau mendengarkan berita perihal korupsi pasti ada lembaga KPK dan BPK yang disebut pembaca berita. KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi dan BPK Badan Pemeriksa Keuangan, keduanya sangat berperan dalam keuangan Indonesia. Kenapa? Karena BPK kawal harta negara dengan memeriksa pengelolaan keuangan negara.

BPK juga punya visi dan misi demi kesejahteraan bangsa. Visi dan Misi BPK ada di bawah ini:
Peran BPK RI Kawal Harta Negara
Visi:
Menjadi pendorong pengelolaan keuangan negara untuk mencapai tujuan negara lewat pemeriksaan berkualitas dan bermanfaat.

Misi:
  1.  Memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri; dan
  2.  Melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan profesional.
Layaknya lembaga-lembaga yang ada di Indonesia, BPK yang bertugas memeriksa pengelolaan keuangan negara punya 3 landasan yang WAJIB dijadikan pedoman. Landasan atau nilai dasar BPK adalah; independensi, intergritas, dan profesionalisme.
  1. Independensi; BPK menjunjung tinggi independesi dari kelembagaan, organisasi dan individu. Dalam berbagai hal berhubungan dengan pemeriksaan, BPK bebas dalam sikap mental dan penampilan dari gangguan pribadi, ekstern, dan/ atau organisasi lain yang dapat mempengaruhi independensi.
  2. Integritas; bersikap jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan.
  3. Profesionalime; melakukan pekerjaan dengan kehati-hatian, ketelitian, dan kecermatan dan memegang prinsip/ standar yang berlaku.
Mungkin kalian bingung dengan poin Independensi. Sederhananya, BPK setara dengan posisi lembaga negara lain seperti  Mahkamah Konstitusi, Mahkamah Agung, DPR RI, DPD
RI, MPRI dan Presiden. BPK setara dengan Presiden, kok bisa?
Peran BPK RI Kawal Harta Negara
Tugas memeriksa pengelolaan keuangan negara tidak bisa diganggu lembaga negara lain demi menghindari praktek korupsi. Agar kinerja BPK maksimal dan bebas memeriksa keuangan negara tanpa diganggu lembaga lain bahkan Presiden sekali pun. Makanya anggota BPK RI pun HARUS  jujur, objektif, dan tegas dalam menerapkan prinsip, nilai, dan keputusan.

Dari tadi saya menyebutkan Keuangan negara, ternyata bentuknya bukan sejumlah uang saja. Keuangan negara adalah hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, juga segala bentuk baik berupa uang dan berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Kepulauan, hasil tambang, perikanan dan perkebunan termasuk dalam keuangan negara lho.

Selain itu, tugas BPK juga meriksa semua asal-usul dan besarnya penerimaan negara, dari manapun sumbernya. BPK harus tahu tempat uang negara disimpan dan untuk apa uang negara itu digunakan. Mirip seperti seorang Ibu dalam keluarga ya?
"Dapat dari mana? Buat apa? Di simpan di mana?"
Terkesan kepo? Memang. Tapi semua itu demi menghindari praktek korupsi di negara ini.

Tidak hanya itu, mengikuti kemajuan teknologi BPK juga memiliki aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk mengolah data pemantauan secara real time antara BPK dengan entitas yang diperiksa. Nama aplikasinya adalah  Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL).

Fungsi Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) :
BPK RI dan aplikasi SIPTL (c) youtube
  1. 1. Proses monitoring secara real time untuk meningkatkan kinerja pemantauan Tindak Lanjut (TL).
  2. 2. Meningkatkan partisipasi entitas secara lebih aktif dalam proses pemantauan TL.
  3. 3. Early warning diberikan secara otomatis dan berkala lewat aplikasi untuk mengurangi risiko pidana karena kelalaian menggunakan TL.
  4. 4. Kelengkapan dokumentasi dan validitas data terjaga serta kemudahan pencarian dokumen TL;
  5. 5. Imbal balik dengan program E-audit.
Layaknya aplikasi yang ada di jaman sekarang, SIPTL memudahkan BPK dalam menindak lanjuti pemantauan keuangan negara. Tidak perlu bertatap muka dengan entitas yang diperiksa karena bisa mengakses lewat web.

Sekarang sudah tahu kan siapa dan apa tugas BPK RI? Semoga dengan adanya aplikasi SIPTL, BPK bisa meningkatkan kinerja untuk memeriksa Keuangan Negara demi menumpas Korupsi di Indonesia.

Semoga postingan ini informatif dan bermanfaat ya!

You Might Also Like

26 komentar

  1. peran BPK memang sangat penting. ibaratnya kalo masalah keuangan di perusahaan dan gak ada bagian keuangannya pasti repot hahaha. apalagi tugas mengelola negara dan harta negara, tanggung jawab yang besar. masalah korupsi yang masih bermunculan. semoga aja BPK bisa terus meningkatkan kinerjanya dalam bekerja demi negara dan mengelola harta negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, semoga BPK dan KPK bisa menjaga kepercayaan rakyat dan menanggulangi korupsi di negara ini ya >.<

      Hapus
  2. Semakin mudah ya kita dengan adanya Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut, semoga semakin lebih bagus lagi kinerja dari BPK di tahun ini dan mendatang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas. seneng liat makin banyak lembaga yang mengikuti perkembangan teknologi

      Hapus
  3. Omku pensiunan bpk. Mumet katanya. Heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebayang sibuknya kayak apa.. xD

      Hapus
  4. jadi ingat dulu pernah ikut tes BPK 2 kali dan gagal keduanya. heu

    BalasHapus
  5. Wah... kerja di BPK harus musti teliti ya, semoga dengan peranan BPK ini tidak ada lagi uang-uang siluman yang beredar di kalangan pejabat.. hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, selain pejabat, orang kelurahan dan rt rw juga...semoga korupsi bisa hilang dari negeri ini ya

      Hapus
  6. ya benar! teknologi kita semakin canggih dan berkembang. Semoga dengan adanya aplikasi SIPTL akan menimbulkan hal positif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin :D maju terus, Indonesia!

      Hapus
  7. Mudah2an BPK bisa memaksimalkan SIPTL, agar kinerja BPK juga semakin ringan, semakin terkendali pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin. demi Indonesia yang sejahtera :)

      Hapus
  8. bisa mantau secara realtime juga ya

    BalasHapus
  9. Asik nih kalau gini, banyak lembaga yang mengikuti perkembangan, terlebih di zaman yang serba teknologi saat ini, jadi mudah ya, Teh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, jadi nggak perlu janjian meeting, bisa pake aplikasi ^^b

      Hapus
  10. semoga para pejabat pemerintah gak korupsi2 lagi dan memberi contoh yang baik. Semangat indonesiakuu. mari kita kawal sama2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, demi kesejahteraan rakyat, semoga pejabat dan pemerintah hatinya terketuk biar nggak korupsi ya

      Hapus
  11. SITL, duh teknologi yang digunakan oleh BPK mengingatkan sama sistem informasi yang pernah saya kembangkan untuk lembaga juga, btw SITL bisa digunakan untuk hal apapun terkait bpk, dll lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bikin aplikasi ya mas? keren!

      semoga SITL bisa menunjang kinerja anggota BPK ya, amin

      Hapus
  12. Saat ini bisa dibilang masih sedikit lembaga negara yang MAU merangkul masyarakat untuk berpartisipasi pada pembangunan negeri secara online dalam.

    Salah satunya adalah BPK.

    Dan agaknya cara BPK ini cukup efektif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. efektif dan inovatif ya, semoga banyak lembaga dari pemerintah yang ikut membuat dan menggunakan aplikasi untuk menghemat waktu dan mempercepat proses kerja, amin

      Hapus
  13. Oh ini ya cara praktis kenali BPK LBH dekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, semoga yang mampir dan baca postingan ini bisa lebih paham peran BPK untuk negeri kita :D

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)