event

Bayar Zakat Lewat Aplikasi Rumah Zakat, Yuk!

Rabu, April 18, 2018

Sebentar lagi umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan. Berbondong-bondong mengumpulkan pahala dari berpuasa, beribadah juga berbagi untuk sesama. Menyumbang pun bebas di mana dan ke siapa saja, bisa di masjid dekat rumah atau gerai zakat seperti Rumah Zakat.
Desa Berdaya-Rumah Zakat
Tanggal 17 April lalu saya dan teman-teman blogger hadir di peluncuran SharingHappiness.org 3.0 dari Rumah Zakat. Kenapa 3.0? Ternyata program ini sudah dimulai sejak tahun 2016. Tiap tahun umah Zakat akan meningkatkan kualitas program mengikuti perkembangan.

Siang itu hadir dua narasumber yakni CEO Rumah Zakat, Pak Nur Efendi dan fasilitator desa berdaya, Bu Hikmah Fitriah. Acara dimulai dengan Pak Nur Efendi yang menjelaskan target Rumah Zakat kedepannya.
Narasumber: tengah: Pak Nur Effendi. Kanan: Bu Hikmah Fitria
"Dari desa Kita bisa membangun negeri. Rumah Zakat mengembangkan program Desa Berdaya untuk meningkatkan kualitas hidup warga. Berdasarkan pemetaan potensi lokal di bidang ekonomi, kesehatan, lingkungan dan pendidikan."

Pada tahun 2017, program Desa Berdaya telah membina 1056 desa dari 172 kota/kabupaten di 21 provinsi. Kemajuan yang dibawa program Desa Berdaya adalah jumlah warga yang lepas dari kemiskinan meningkat. Berikut adalah pemberdayaan yang diselnggarakan Rumah Zakat.
Desa Berdaya-Rumah Zakat
Bu Hikmah, selaku fasilitator yang berasal dari desa di Purworejo, Kendal menceritakan bagaimana program Desa Berdaya memberikan kemajuan bagi warganya.Awalnya banyak penduduk banyak yang memilih menjaadi migran atau tenaka kerja ke luar negeri. Bahkan ada ibu yang meninggalkan anaknya yang masih TK bekerja di luar negeri. 

Dengan pemberdayaan dari Rumah Zakat, banyak warga yang kini bisa menghasilkan produk dari hasil desanya. Mulai dari makanan, cemilan, kopi, tas, dompet, batik sampai pernak-pernik. Rumah Zakat juga membangun sekolah untuk pendidikan anak-anak di desa yang ada di Aceh dan Papua. Tenaga pengajar adalah para relawan yang telah diseleksi.

Rumah Zakat memberdayakan para orangtua untuk memproduksi kerajinan, makanan, minuman dan pemuda desa akan menjualnya. Jadi semuanya warga desa produktif. Banyak donatur yang berpartisipasi untuk mendukung program pemberdayaan dari Rumah Zakat, sekitar 217,000 donatur telah membantu saudara di bebagai penjuru daerah.
Desa Berdaya-Rumah Zakat
Dengan kemajuan teknologi, melakukan transaksi pembayaran bisa dilakukan dengan internet banking. Banyak donatur yang membantu saudara kita di sharinghappiness.org dan 15% donasi menggunakan sistem cahsless.

Hal ini menggerakan Rumah Zakat untuk mempermudah kita untuk berbagi dengan merisil aplikasi SharingHappiness yang bisa diunduh di Googleplay store. Isi konten website SharingHappiness.org dan aplikasi sharinghappiness.org tidak ada bedanya. Tapi dengan aplikasi kita nggak perlu lama-lama nunggu page loading, hehe
Narasumber: tengah: Pak Nur Effendi. Kanan: Bu Hikmah Fitria
Aplikasi Rumah Zakat
Ada rekening donasi, konfirmasi donasi, kalkulator zakat, kantor layanan dan mitra korporat. Dalam konfirmasi donasi kita harus memasukkan jumlah donasi, nomor telepon dan email agar tim Rumah Zakat bisa menverifikasi secara real-time.
tampilan aplikasi Rumah Zakat
Kalkulator zakat ini unik dan berguna banget. Kadang kita suka bingung berapa banyak zakat yang harus diberikan untuk saudara kita, kan? Tapi aplikasi Rumah Zakat ini juga menyediakan kalkulator untuk Zakat perdagangan, zakat emas dan zakat tabungan.
Kalkulator Zakat Rumah Zakat
Kita bisa menjadi anggota di Rumah Zakat atau sebagai tamu di website shariinghappiness.org Kalau menjadi anggota kita tracking donasi dan kegiatannya. Transparan, kok!

Untuk Ramadhan ini ada berbagai program pemberdayaan yang dilaksanakan di desa berdaya seperti:
  • Berbagi Berbuka Puasa
  • Bingkisan Lebaran keluarga
  • Kado Lebaran Yatim
  • Ramadhan Bebas Hutang
  • Janda Berdaya
  • Syiar Quran

Kita bisa memilih program apa yang ingin dibantu. Menurut saya, program donasi yang unik adalah Ramadhan bebas hutang dan Janda berdaya. Pak Nur menjelaskan Ramadhan Bebas Hutang adalah program untuk membantu warga lepas dari belitan hutang.Sedangkan program Janda Berdaya adalah memberikan donasi sebagai pembinaan/modal untuk para single mother berwirausaha untuk keluarga.

Bagaimana, sudah siap-siap berbagi kebahagian bersama Rumah Zakat?

Semoga postingan ini informatif dan bermanfaat ya!

You Might Also Like

17 komentar

  1. kagum dengan semangat Rumah Zakat sehingga ummat semakin maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, senang banget rumah zakat mengikuti perkembangan teknologi di Indonesia, jadi lebih mudah 😄

      Hapus
  2. Di zaman digital ini memang serba mudah ya, Teh..
    Nggak cuma belanja online aja, bayar zakat juga bisa lewat aplikasi..
    Sukses selalu untuk rumah zakat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, makasih udah mampir ya mas 😄

      Hapus
    2. Sama-sama, Teh. Saya kalau ada waktu pasti usahakan maen, selain pengen BW, kan dapet ilmu juga..he

      Hapus
  3. Program2ny Rumah Zakat bagus-bagus y mbak. Semoga semua bisa berjalan maksimal untuk membantu sesama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, keren-keren banget, semoga makin maju dan berkembang ke pelosok negeri yaa

      Hapus
  4. Wah aku neh suka banget sama RZ apalagi ada aplikasi ini nggak ada alasan 'ga ada waktu transfer' dan memudahkan banget. Smg amanah ya RZ ini *lgsgdonlot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, menurutku kalkulator zakat nya keren lho, jadi bisa sempetin berbagi sebelum memenuhi kebutuhan sehari-hari 😁

      Hapus
  5. Semoga rumah zakat semakin dikenal banyak orang jadi banyak orang yang juga akan terbantu. Aku kagum banget nih.. ada aplikasinya segala. Wih, canggih. Semoga semakin banyak orang berzakat.. Amin ya rabbal alamin.

    BalasHapus
  6. Pesat bgt perkembangan rumah zakat dlm memenuhi kemudahan bagi kita semua

    BalasHapus
  7. Hai, Mbak. Salam kenal ya. Kemarin kita nggak ngobrol2 banyak nih pas event. Btw, aku udah download aplikasinya. Enak sekarang ya, mau donasi atau zakat pun nggak perlu ke mana-mana. Pake hp aja udah bisa ikutan berpahala. :))

    BalasHapus
  8. semakin mudah untuk berzakat ya, mba sudah ada aplikasinya ngga ada kata lagi untuk tidak berzakat apalagi rumah zakat ini transparan disalurkannya tepat dan terarah

    BalasHapus
  9. Dengan adanya aplikasi ini, berzakat bisa kapan aja di mana aja ya, cocok lah dengan gaya hidup sekarang yang serba mobile

    BalasHapus
  10. suer aku baru tahua da aplikasi or websitenya, sekarang jadi keren ya jadi bisa tahu juga aliran dana kita kemana

    BalasHapus
  11. Wah teknologi bisa di manfaatkan untuk beribadah ya mab, inovasi yang bermanfaat nih..inshaAllah berkah

    BalasHapus
  12. langsung donlot aplikasinya :)
    semoga dengan banyaknya orang yang menggunakan aplikasi ini, semakin banyak juga saudara-saudara kita yang terbantu yaa, amiin

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)