event

Dongkrak Takdir Kejayaan Kuliner indonesia

Jumat, Mei 11, 2018

Berbukalah dengan yang baik

Pasti sudah sering dengar kalimat ini menjelang bulan puasa, kan? Banyak dari kita yang suka lupa diri saat berpuasa, berbuka dengan porsi lebay dan kebanyakan yang manis-manis. Nggak salah kok, asal manisnya nggak over yang bisa memberikan dampak buruk pada tubuh.

Buah-buahan seperti apel, jeruk, kismis, blueberry dan kurma bisa menjadi pilihan untuk membuat menu makanan/minuman yang enak dan sehat. Kuliner Indonesia itu beragam, tiap daerah punya bumbu dan cara olah sendiri dan saat puasa banyak orang-orang yang berbuka di rumah makan Padang, Sunda, Aceh, dan masih banyak lagi.

Dalam acara Delightful Ramadhan Culinary, saya dan teman-teman blogger mendapat wawasan baru tentang kuliner Indonesia di mata Internasional. Pak Kafi Kurnia, selaku Managing Director Peka Consult, Inc sebagai  menjalaskan potensi kuliner Indonesia yang besar.

Bloggers dan Pak Kafi
Beliau menceritakan 'Jejak kejayaan' tradisi makan di negara kita. Kalau di luar negeri ada istilah 'Makan kecil' dan 'Makan besar', yang dimana kalau makan kecil itu jamuan yang menyajikan makanan sederhana. Kalau makan besar artinya jamuan dengan menyediakan makanan yang lengkap dalam jumlah banyak tentunya. Sampai lebih 40 jenis makanan yang disajikan, lho!

Saat jaman kolonial Belanda, tradisi makan kecil dan makan besar itu sudah ada, bedanya sejarah 'Makan besar' ini punya julukan yang berbeda yakni 'Makan Enak'. Seorang Antropolog menyatakan kalau istilah 'Makan Enak' sulit diterjemahkan ke bahasa asing lain.
Jejak Kejayaan
'Salah satu daya tarik kuliner Indonesia adalah kayanya rempah-rempah dalam bumbu suatu masakan. Tidak seperti kuliner luar negeri yang homogen dan simpel, kuliner Indonesia lebih kompleks dan rumit untuk dimasak. Mulai dari bumbu sampai proses memasaknya yang bisa membutuhkan lebih dari satu sampai seharian.

Tempe adalah salah satu bukti jejak kejayaan kuliner dari negara kita. Tempe termasuk dalam seni kuliner Indonesia dalam buku 'Serat Centhini' pada abad 16-17 sebagai produk asli Indonesia dan masih diperjuangkan untuk masuk ke dalam Warisan Budaya Unesco pada 2012.

Tapi nggak tempe aja, Indonesia punya kecap manis yang bisa dibanggakan! Kecap pertama dibuat dari negeri tirai bambu, namun dengan kekayaan rempah-rempah kita Indonesia membuat kecap manis yang tidak ada di negara manapun, cuma di Indonesia!

Belum lagi sambal, mie dan kerupuk. Coba jabarkan jenis sambal deh.. Sambal terasi, sambal hijau, sambal matha, sambal dabu-dabu, sambel dari buah-buahan juga ada seperti sambal nanas, sambal mangga sampai sambal tomat. Ini baru sambal lhoo..

Kalau diperhatikan, yang punya kerupuk cuma di Indonesia..dengan ragam bentuk, warna dan rasa tentunya. Uniknya, ada catatan sejarah sambal dan kerupuk di Indonesia yang ditemukan berbarengan dengan sekitar abad 10 dalam berbagai prasasti dan literatur.

Balik lagi ke 'Makan Enak', sebelum agama masuk ke Indonesia ternyata budaya menjamu dan Makan Enak sudah ada. Mulai dari menjamu tamu dan perayaan dan persembahan. Dan sampai sekarang budaya Makan Enak pun masih ada termasuk saat bulan Ramadhan.

Budaya Makan Enak saat berbuka bersama dan makan bersama seusai shalat Eid. Begitu juga yang dilakukan Kedutaan Besar Amerika. Pada tanggal 7 Mei lalu, Mr. Chris Rittgers dari US Agriculture Counselor hadir dan menjelaskan suasana bulan puasa di Amerika.

Mr. Chris Rittgers
Dalam acara Delightful Ramadhan Culinary, Peka Consultan, Inc bekerja sama untuk berinovasi dan berinteraksi untuk memperkenalkan antar budaya dengan berbagai jenis kuliner khas Ramadhan dengan bahan yang berkualitas seperti apel, jeruk, kurma, kismis, daging sapi dari Amerika.

@nursaidr_ on IG
dessert
Buah-buahan tanpa biji dengan rasa yang manis, siapa yang tidak suka? Apel dari Washington, jeruk dari Sunkist dan kurma Natural Delights Medjool ini sudah dikenal kualitasnya. Dan di Amerika sering digunakan sebagai bahan sajian untuk berbuka puasa.

fresh fruit
Aku sudah coba kurmanya, enak banget! Ukurannya yang besar, manis dan empuk.. juara! Manisnya buah blueberry yang dihidangkan sebagai dessert bikin nagih... Manisnya nggak lebay! Kemudian jeruk sunkist yang manis dan tanpa biji benar-benar menyegarkan dahaga! Dijamin cocok buat berbuka puasa.

Natural Delights Medjool
Natural Delights Medjool
menggunakan jeruk Sunkist
Semoga kita bisa mengulang dan mempertahankan 'Jejak Kejayaan' kuliner Indonesia di mata internasional. Bersama Peka Consult, Inc kita bisa menghidangkan kuliner dengan bahan-bahan yang berkualitas!

Semoga artikel ini informatif dan bermanfaat, ya!

You Might Also Like

23 komentar

  1. Kerupuk. Dimanapun, kapanpun, apapun yang terjadi, kerupuk harus ada.
    Sampai-sampai, sekelas hotel JWM atau Ac*r menghidangkan kerupuk sebagai kelengkapannya.
    Tak hanya matangnya. Mentahnya pun kini dijadikan menu unggulan. Seblak.
    Indonesia banget memang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ada kerupuk makan mi rebus juga makin mantap xD

      Hapus
  2. Bicara kuliner Indonesia saya sendiri juga suka, sayangnya kalau makan di mall anak-anak sukanya makan fast food mengingat restoran Indonesia sendiri harganya lumayan wow juga. Jadi lebih sering melipir ke fast food, tapi tetep kalau di rumah ya masak makanan Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena udah masuk mall dan hotel otomatis harga naik ya ^^; tapi banyak kok makanan khas Indonesia yang ramah di kantong, biasanya di foodcourt :)

      Hapus
  3. kalau masalah kuliner, Indonesia memang juaranya, gak salah jika beberapa makanan sudah terkenal di dunia internasional

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti rendang dan bubur ayam jadi favorit turis mancanegara :D

      Hapus
  4. Hahaha... iya ya. Cuma di Indonesia ada yang namanya kerupuk. Jangan-jangan ntar ngikutin si tempe lagi buat disahkan jadi salah satu warisan kebudayaan dunia di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh juga, semoga terlaksana, amin!

      Hapus
  5. Bener kak kecap itu dari kek chiap atau saus ikan kek ..sama orang jawa ditambahin gula ya jadi kecap manis.hehe..mmg slalu menarik menelusuri jejak kulinee nusantara.kita yg berbeda-beda ini bisa bersatu dalam meja makan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, semoga masakan Indonesia bisa makin jaya kedepannya ya :D

      Hapus
  6. Luar biasa yaaaa, begitu banyak sumber makanan asli Indoensia sejak zaman nenek moyang kita dulu :D
    Semoga kuliner Indoensia makin mendunia ya mbak :D
    Btw penasaran sama rasa kurma delightsnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurmanya enak mba, yang ngga ada bijinya manisss banget!
      amin, ya Allah ^^

      Hapus
  7. Beneran kreatif masyarakat Indonesia ini dalam soal makanan hehe.. banyak sekali makanan asli kita ya sejak zaman dulu kala.. skrg malah makin beragam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, apalagi kalau dikombinasikan dengan bahan-bahan yang berkualitas, tambah wow!

      Hapus
  8. Saya jadi tahu ternyata varian buah dari Amerika banyak sekali ya, dan ketika dipadukan dengan masakan khas Indonesia rasanya menjadi semakin luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba, jajanan jaman now juga sering di mix dengan bahan asal Amerika (milo, ovamaltine) dan uenaaak tenan!

      Hapus
  9. kirain ngebahas apa judulnya dongkrak.. hihihi.. Indonesia tuh emang juara banget ya kak.. aneka bahan pangan tersebar luas.. banyak macamnya.. liat foto foto kurma jadi pengen makan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, semoga kuliner Indonesia makin jaya dan diakui mancanegara yaa

      Hapus
  10. Takdir kejayaan itu harus tetap ada ya sampai saat ini. Pun banyak produk import tapi kolaborasi yang ciamik akan menghasikan makanan yang bergizi buat ramadhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, senang kalau ada kolaborasi seperti ini. aku penasaran gimana pendapat orang amerika tentang masakan Indonesia ^^

      Hapus
  11. seru banget nih mba Makan enak, sampai sulit di gambarkan yaa artinya..saya suka makan enak..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. manis ada, gurih ada, pedes ada, cita rasa dalam kuliner Indonesia lengkap!

      Hapus
  12. Bener deh mbak..ngomongin sambal itu jenisnya banyak banget. Bener bener surga ya di indonesia itu

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)