tips

Tips Merawat Gamis Kesayanganmu

Senin, Mei 21, 2018

Hai, semua! Gimana puasanya? Semoga lancar terus ya. Pada bulan Ramadan ini pasti banyak hal yang dipersiapkan mulai dari menu sahur dan buka, persiapan mudik, kue kering, sampai baju untuk hari lebaran. Sebagai perempuan pasti excited banget untuk poin yang terakhir karena banyak yang menggelar diskon. Ngaku deh!
sumber: tribunnews
Semangat berbpuasa, hunting pahala dan bersilahturahmi adalah hal yang lekat dengan bulan Ramadan. Di penghujung bulan puasa biasanya semua orang disibukkan dengan keperluan Hari Raya. Mulai dari menyiapkan masakan seperti opor ayam, rendang dan ketupat sayur, para Ibu/istri juga sibuk membuat atau membeli kue kering yang enak untuk menjamu tetangga dan keluarga. Kalau para Ayah biasanya disibukkan dengan mencari tiket atau mengecek kendaraan untuk mudik. Menyibukkan tapi menyenangkan ya.

Tradisi di keluarga saya adalah shalat Ied bersama-sama keluarga, bersilahturahmi dengan tetangga, makan hidangan khas Idul fitri bersama keluarga kemudian berangkat nyekar ke makam Ayah yang sudah mendahului. Terakhir berangkat ke rumah bude saya yang tidak terlalu jauh dari rumah. 
kaykakayka.wordpress.com
Malam sebelumnya Ibu saya tak lelah mengingatkan saya dan kakak saya menyiapkan peralatan shalat dan beberapa pakaian untuk dikenakan untuk lebaran. Mukena, sajadah, dan dua pakaian untuk dikenakan keesokan harinya harus sudah siap sebelum pergi tidur. 

Pakaian yang sering saya kenakan saat Idul Fitri adalah gamis katun. Kenapa gamis katun? Bahannya yang adem, seratnya yang halus nyaman dipakai, apalagi untuk shalat dan nyekar. Mengingat bulan Ramadhan adlam jatuh pada musim panas, mengenakan pakaian bahan kantun memang menjadi pilihan yang tepat.
Ayana Moon
Semenjak tahun 2016 tren gamis naik daun sampai sekarang, dengan warna pastel dan motif yang manis. Dulu kalau mendengar kata gamis pasti yang teringat di benak adalah ibu-ibu pengajian, kan? Sekarang nggak lagi! Kalau kita mengunjungi mall ataupun sosmed pasti sering melihat gamis yang dipajang dengan beragam model dan harga.

Untuk gamis katun memang harganya lebih sedikit dibanding dengan bahan lainnya, tapi gamis katun masih jadi kesukaan saya karena adem dan warnanya yang awet walaupun sudah dicuci. Biar gamis katun yang sudah dibeli awet, saya akan berbagi tips merawat gamis katun!
·   
tampilcantik.com
  •    Mencuci Gamis Katun
Kita bisa mencuci pakaian dengan bahan katun {termasuk gamis} dengan deterjen biasa yang kita pakai sehari-hari.  Jangan menggabungkan gamis dengan pakaian yang kotor seperti terkena makanan, tanah, lumpur dan lain-lain. agar kotorannya tidak tercampur dalam air cucian, kalau sampai tercampur biasanya gamis kita kena getahnya.  

Mencuci gamis katun bisa menggunakan mesin cuci atau mencuci dengan tangan. Tapi harus diingat, kalau mencuci dengan tangan kita tidak boleh menggunakan sikat agar serat katunnya tidak rusak.
  • Menjemur Gamis Katun
Saya pernah kena tegur Ibu saya karena melipat gamis saat mau menjemur. Baliklah gamis sebelum digantung (bagian dalam ada diluar). Gunakan gantungan baju yang kuat agar bentuk gamis tidak berubah dan mencegah gamis tidak jatuh (kan PR lagi kalau kotor).

Jemur gamis kesayanganmu di tempat yang tidak kena matahari secara langsung. Karena panas dari matahari bisa memudarkan warna gamis.
IG Ayana Moon
  • Cara Menyimpan Gamis Katun
Hindari melipat gamis saat kamu ingin menyimpannya di lemari. Gantung gamis dan simpan di lemari gantung, Untuk gamis dengan warna yang muda atau putih kalian bisa menggunakan plastik baju untuk melindungi gamis dari perubahan warna akibat jarang dikenakan.

Semoga tips dan tricks ini bermanfaat ya, semoga ibadah kita di bulan Ramadan ini lancar terus, dan puasanya lancar jaya. Amin!

You Might Also Like

27 komentar

  1. Menjemur nggak terkena langsung sinar matahari bikin warna awet dan kain menjadi lebih awet,tapi menjemur diatas api yang menyala, bikin kebakar hehe

    BalasHapus
  2. saya kalau jemur langsung dibawah matahari huhuhu, ternyata itu ga bagus ya untuk warna gamis, pantes gamis saya cepet pudar deh warnnaya

    BalasHapus
  3. Saya kadang melipat gamis. Memang hasilnya jadi nggak bagus sih karena ada banyak bekas lipatan. Heu..heu..

    BalasHapus
  4. Nah urusan gantung mengantung udah paham. Nggak punya banyak gamis tapi tips merawat itu harus tahu banyak lho. Nice info kak

    BalasHapus
  5. Jadi inget ibuku yang buru-buru ke atas tempat jemuran pas tahu gamis kesayangannya belum dijemur terbalik hahha
    makasi tips-tipsnya yaa

    BalasHapus
  6. Wahhh makasih kak tipsnya ,,pantes aja yes warna baju cepet pudar soale jemur dibawah sinar matahari langsung sih huhu.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. siaap kakak. kan kubawa pulang ini catatan tips and tricks merawat gamis, tuk ku infokan ke istri dan adik2 prempuanku.

    BalasHapus
  9. tipsnya berguna banget mba.. makasih yaaa.. kadang suka asal kalau sama gamis, dan akhirnya rusak terus nyesel dehhh

    BalasHapus
  10. Bahan gamis memang sangat mempengaruhi sehingga butuh perhatian ekstra saat mencucinya. Sebelum membeli saya suka memastikan dulu bagaimana cara perawatannya. Kalau ribet saya gak jadi beli, hehehe

    BalasHapus
  11. Untuk acara resmi saya suka pakai gamis bahan satin. Seperti ke undangan wedding atau lebaran. Iya, lebaran bagi saya acara resmi soalnya hahaa. Jadi mau nyoba pakai gamis katun.

    BalasHapus
  12. Kalau gamis selalu aku gantung sih mbak. Kalau aku milihnya biasanya yg polosan supaya gampang aja perawatannya. Lagian skrng dah jarang pakai gamis, lbh suka pakai tunik :D
    TFS tipsnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunik juga enak dipakenya xD sama2 ^^

      Hapus
  13. kalau jemur gamis di tempat yang gak terlalu kena matahari takutnya jadi bau. Tapi enggak ya Mbak ? soalnya saya biasa jemur langsung kena matahari biar cepet kering wkwk, ternyata salah ya :(

    BalasHapus
  14. Saya nggak punya banyak gamis di rumah karena memang nggak suka makainya. Biasanya juga saya lipat lipat biasa. memang sih jadinya kusut dan harus disetrika lagi sebelum dipakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka gamis tapi mager nyetrikanya hahaha

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)