lomba blog

7 Tips Jitu Traveling Hemat

Jumat, Oktober 14, 2016

Halo semuanya! Apa kalian suka traveling? Aku suka tapi jarang XD Kalau ditanya yang suka traveling malah ibuku lho. Secara aku anak rumahan tapi setiap orang butuh refreshing dari penatnya kerjaan atau sekolah, so I think everyone loves traveling!
Pantai Selaki di Lampung
Tapi yang sering menghambat orang jarang liburan selain kurangnya waktu, batasnya dana untuk liburan jadi hambatan hati. Pengen ke sana deh, tapi penginapanya gimana? Pasti mahal, makanan di tempat wisata nggak ada yang murah! Dan banyak lagi pikiran yang bikin niat liburanmu buyar. Cuma bisa nahan rasa kepengen pas lihat postingan temen atau keluarga di instagram atau Facebook. Nah, kali ini aku mau sharing tips travel murah spesial dari nyokapku!!
  • Destinasi Murah
source
Kamu harus tahu kemana tujuanmu! Jangan on the spot baru nyari lokasi, yang ada malah ngabisin waktu sia-sia dengan browsing di penginapan -_- Kalau udah memutuskan mau liburan, buat list dari lokasi yang mau dikunjungi, kalau bisa lokasi tempat wisata berdekatan satu sama lain biar hemat biaya transpot. Cari tiket, cari penginapan. Berterima kasih sama mbah google karena sekarang makin mudah nyari info :) Mau liburan hemat? Wisata alam biasanya murah-murah lho!
  • Cari tiket kereta/pesawat dari jauh hari
Kalau pengen banget liburan, paling nggak kamu harus cari tiket pesawat atau kereta dari beberapa minggu bahkan beberapa bulan sebelumnya. Kalau kamu beruntung kadang suka ada promo yang memberikan harga murah :D  Biar lebih murah kamu cari waktu senggang di hari kerja (Senin-Jumat) karena harga tiket biasanya lebih murah ketimbang waktu libur nasional/libur panjang.
  • Pilih Penginapan Sesuai Budget
Kalau niatmu memang untuk travelling alam, kenapa harus pilih penginapan yang mahal? Kan mau jalan-jalan melihat kota, alam dan kulineran di luar. Asal tempat bersih, aman, rapi dan dekat lokasi wisata tujuanmu penginapan murah pun nggak masalah! Dari hasil menelusuri google aku rekomendasiin untuk kalian yang mau cari penginapan murah coba cek Zen Rooms! Range harganya bermacam-macam bisa disesuaikan dengan budget dan komplit dengan alamat dan foto penginapannya!
Contoh penginapan dan kamar di Zen Rooms
 Pas aku kasih tunjuk ibuku soal Zen Rooms, beliau langsung sibuk mikirin kemana tahun baru nanti XD

  • Pilih Tempat Wisata Yang Ramah Sama Dompet
                              
Indonesia punya keindahan alam yang patut dikagumi, banyak tempat wisata alam yang murah. Selain wisata alam, kunjungi juga museum, kota tua, candi dan monumen sampai taman kota di daerah yang kamu tuju. Aku yakin kalau jalan-jalan ke tempat yang aku sebutin tadi nggak bakal bikin dompetmu kempes! Kamu bisa cari di internet tentang berbagai tempat wisata yang murah dan kece untuk dikunjungi.
  • Street Food
Makanan street food atau warung kaki lima di pinggir jalan juga nggak kalah enak dari restoran di daerah wisata. Pilih dengan jeli, jangan yang menggunakan air cuci yang kotor (dipakai berkali-kali). Kalau perlu kamu baca-baca rekomendasi food blogger tentang makanan di kota tujuanmu! Karena setiap daerah punya jajanan khas masing-masing, icip-icip aja mumpung murah dan kamu lagi di sana.
  • Oleh-oleh
source
Kalau travelling rasanya nggak pol kalau belum beli buah tangan untuk yang di rumah atau yang disayang, ya? (ehem) Biar lebih hemat, kalau oleh-oleh incaranmu adalah makanan lebih baik kamu beli di pasar tradisiional. Belanja di toko oleh-oleh biasanya harganya lebih tinggi daripada di pasar tradisional. Hunting kerajinan dan pakaian khas daerah bareng teman atau saudara yang tinggal di sana untuk bantu nawar harga, kalo logat kita terdengar asing biasanya para penjual akan menawarkan dengan harga 'turis'.
  • Jalan kaki
source
Kalu tempatmu menginap memang dekat dengan tempat wisata, jalan kaki aja! Gosong sedikit ngga apa-apa, nikmatin liburanmu semaksimal mungkin! Selain sehat kamu bisa lebih menikmati atmosfir di daerah yang kamu kunjungi, seru kan? Dengan jalan kaki kamu bisa foto pemandangan tanpa minta supir untuk melaju pelan bahkan berenti.

Oke, menurutmu tipsnya lengkap nggak? Kalo ada yang kurang boleh sharing tips kok di kotak komentar di bawah :) Semoga tips ini bermanfaat ya, have a nice day!

You Might Also Like

8 komentar

  1. Tipsnya gokil (anyway, kalau travelling dan tempatnya mudah dijangkau, misal 3-6 jam jalan aku malah pakai motor lho Na! ^^)

    Kalau jarak segitu mah kita bawa uang 500k juga udah cukup banget! ^^


    christinauntari.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. eheheh XD whoa, itu biasanya ke mana? hati-hati lho ><

      iya, buat penginepan sama kulineran kaki lima udah cukup banget!

      Hapus
  2. ehem.. jadi inget bentar lagi akhir tahun... waaahhhh harus siap-siap persiapan nih XD tips jitu traveling hematnya sangat membantu ^_^ nice post kak !

    deprut.blogspot.com

    BalasHapus
  3. mantap nih tips traveling hematnya patut di coba..

    BalasHapus
  4. lihat artikel ini langsung ingat, waaahh ! aku lagi liburan semester sekarang :) apalah daya belum mampu k luar kota :)

    asmirani-latang.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari info staycation di kotamu aja :D

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)