event

HelpNona #BertuturBerani: Cinta Harus Menggunakan Logika

Minggu, Maret 26, 2017

Pada tanggal 12 Maret lalu aku menjadi salah satu anggota workshop yang diadakan HelpNona. Dari namanya aja kamu pasti membayangkan para perempuan kan? HelpNona adalah inisiatif sosial yang digerakan dari, untuk dan oleh perempuan muda khusus untuk membangun kesadaran para Nona agar menjadi sosok perempuan yang berani bertutur tentang self respect juga hubungan pacaran sehat yang bebas dari kekerasan. Diadakan dari jam 10.00-13.00, walaupun siang itu hujan besar tapi kami bisa tertawa lebar!
HelpNona Workshop
Self respect, perempuan dikenal sebagai sosok yang nggak pede dengan penampilannya. Karena bentuk dan ukuran tubuhnya tidak sesuai standar kecantikan masyarakat; tinggi, kurus, putih, mata besar. Belum lagi tuntutan dari masyarakat tentang kaum hawa misalnya; jago urusan rumah tangga, bisa multitasking dan lainnya. Tahu nggak kita diciptakan berbeda-beda karena kita unik? HelpNona dan PerutPuan mengajak kita untuk nyaman dan bangga dengan apa yang kita miliki. Rambut keriting, so what? Body chubby, apa urusan sama mereka? Kan bukan mereka yang beli pakaianmu!
HelpNona Workshop
HelpNona Workshop
Memang menerima diri apa adanya susaaah banget. Tapi pasti ada saat di mana kamu capek. Capek untuk menuruti pandangan orang-orang yang nggak dekat.. Capek untuk mengikuti tren yang selalu berubah. Kalau capek sudahi saja. Karena kebahagiaan itu asalnya dari kamu sendiri. Kalau berharap mereka akan memberikan kebahagiaan-wah.. Bisa susah.  Yuk,perlahan kita belajar mencintai diri sendiri; menerima dan merawat yang kita miliki.
HelpNona Workshop

Kalau bukan kamu sendiri, siapa lagi yang mau mencintaimu apa adanya? Mulai dengan perawatan dan gaya hidup sehat, your body and soul will thank you later!

Topik selanjutnya 'Kekerasan Dalam Pacaran'. Banyak kejadian kekerasan yang dialami perempuan saat mereka pacaran. Kekerasan dalam bentuk fisik dan psikis sering dialami perempuan namun bukan berarti laki-laki nggak pernah mengalaminya. Dan dalam acara talk show ini aku baru tahu apa yang menyebabkan kekerasan bisa hadir dalam hubungan, begini ternyata..

Ketergantungan adalah awal kekerasan.

Terlalu cinta, terlalu manja, nggak bisa hidup tanpanya. Si pacar memperlakukanmu bagaikan princess mungkin saja punya niat jelek. Misalnya memaksamu melakukan hal-hal di luar etika dan norma karena dia sudah mau menjadi supir pribadi yang memberikan banyak hadiah. Kalau kamu merasa pasanganmu sering memaksa dengan cara membantak/menggunakan fisik, Sudahi saja.

Kalau masih pacaran udah kasar, bagimana di jenjang selanjutnya? Lebih baik menangis diawal karena diputusin daripada menangis ditinggal sendirian di rumahnya dengan luka batin yang besar.  

Acara sharing dan games yang diadakan seusai talkshow juga menyenangkan dan membuat kami lebih beryukur dengan apa yang kami miliki, mengenal diri sendiri, refleksi juga tahu pendapat teman-teman lain akan dua main topik hari itu.
 
HelpNona Workshop
HelpNona Workshop
HelpNona Workshop
Yuk bergabung dengan HelpNona! Kamu bisa tanya-tanya dan konsultasi tanpa malu-malu. Berikut socmed HelpNona yang bisa kamu follow!

Twitter HelpNona
Instagram HelpNona

Ladies, remember you're not alone!

You Might Also Like

13 komentar

  1. Hallo .. Baru tahu bahwa ada komunitas ini :)
    Setuju kalau cinta memang harus pakai logika

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga baru-baru ini tahunya mba ^^ betul, tapi kadang sulit dipraktekkan ><

      Hapus
  2. setujuuu, aku kalo udh nemu cowo kasar, apalagi ringan tangan, maap aja... bye bye itu pasti :D... kalo udh nikahpun, dan si cowo baru kliatan kasar, aku jg lbh milih cerai walopun ada anak... buatku wanita harus berani lah.. jgn mikirnya, malu ama tetangga kalo cerai, malu ama yg lain, ngebiarin aja kalo suami ato pasangan kasar ke kita... sabar memang perlu, tapi tau batasannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cowo emang gitu... makanya gue gak suka ama cowo 😂😂

      Hapus
    2. Iya cowo emang gitu... makanya gue gak suka ama cowo 😂😂

      Hapus
    3. bener tuh mba Fanny, perempuan di sini masih takut sama pandangan masyarakat ><

      Hapus
  3. setuju banget sama artikel yang ditulissss.. love banget! Btw aku mau gabung di komunitas ini dehhh. :)

    Elisabethgultom.blogspot.co.id

    BalasHapus
  4. Agree! Btw seneng banget liat ada komunitas semacam ini. Keep empowering women, ya <3

    thejackieofalltrades.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, aku juga baru-baru ini thau lho ^^ yup, will do!

      Hapus
  5. Meskipun saya seorang Laki-Laki, namun Jika ada yang suka main kasar sama wanita harus di tindak tegas oleh semuanya ...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya senag baca komentar si mas ^^

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)