lomba blog

Tips Mengelola Uang Untuk Pemula

Sabtu, Februari 17, 2018

Beberapa waktu lalu saya membahas mengenai rezeki dan hari ini saya akan membahas tips mengelola rezeki. Rezeki yang dimaksud adalah keuangan. Sebagai perempuan kita sering disebut konsumen karena suka kalap yang menjadikan kita konsumtif. Nah biar tidak besar pasak dari tiang, mau nggak mau ya harus bisa mengelola keuangan, kan?


Sewaktu masih norak dengan uang saya sering kehilangan kendalai kalau melihat benda lucu, beli itu bonus ini dan kadang tertular racun beauty blogger hihi.. Dan bisa ditebak belum sampai minggu ke empat saya udah kebingungan...

"Kemaren ngapain aja ya?"
....
Setelah dapat ceramah dari Ibu, saya bertekad untuk mengelola keuangan. Dan hari ini akan saya bagikan tips mengelola uang untuk pemula (dari Ibu saya)!
  • Kebutuhan > Keinginan
Catat kebutuhan yang nggak bisa diganggu gugat. Bayar listrik, air, kebutuhan dapur, bensin, pulsa, paket internet, dan seterusnya. Sesuai kebutuhan masing-masing. Sisihkan uangmu ke amplop khusus kebutuhan primer. Jangan lirik dan sentuh amplopnya kecuali untuk hal-hal yang sudah dicatat.
  • Makan di rumah
Buat perempuan yang hobi jalan ke mall kadang tergoda untuk hangout di restoran kekinian. Sesekali tidak apa, tapi kalau sering, nasib dompet bagaimana? Pergi setelah makan siang di rumah bisa mengurangi pengeluaran lho. Kalian masih bisa ke restoran dengan memesan minuman. Atau mau lebih hemat lagi? Bawa air minum dari rumah dong!
  • Habiskan yang masih ada
Tren fashion, makeup sampai gadget tidak akan pernah berhenti. Cara mensiasatinya menjadi kreatif. Mix and match warna pakaian dengan kerudung atau scraft yang ada. Tidak harus beli model terkini untuk fashionable kok. Untuk makeup, banyak DIY unik yang bisa ditiru kalau belum punya cream blush atau lip tint. Untuk gadget, misalkan smartphone. Kalian bisa download aplikasi yang bisa meningkatkan mobilitas atau bawa ke tempat servis. Sampai titik darah penghabisan, deh!
  • Manfaatkan Promo
Dijamin pasti banyak dari kita sering pakai cara ini. Saat memesan transportasi online, belanja online kadang kita sering tanya teman atau di grup chat "Ada yang tahu kode promo ini?" Nggak salah kok, itu namanya penghematan!
  • Perhatikan pajak
Kadang kita sering lupa dengan yang namanya pajak. Misalnya harga di brosur sekian, pas mau bayar harga meleset dari ekspektasi. Kita harus teliti dengan kalimat "Dipotong pajak 10%", Belum termasuk pajak, Pajak ditanggung pemenang. Kalau yang dibeli harganya ramah mungkin bisa kita skip, tapi kalau harganya mahal masa dilewati begitu aja?

Agar tidak mumet mencatat pengluaran atau dana untuk jalan-jalan saya ada beberapa tips sederhana di bawah ini.
  • Di saat senggang. Pastikan ada waktu yang membuat pikiran kita bisa fokus pada angka-angka dan proses mengingat sudah bayar atau beli apa saja.
  • Suasana yang tenang. Typo huruf bisa fatal, apalagi salah mencatat angka? Bisa sport jantung di siang bolong hanya karena salah hitung. Menghitunglah di tempat yang tidak ramai hingar bingar musik atau kerumunan orang.
  • Minuman. Mungkin ini saya saja ya? Kalau sudah mumet biasanya konsentrasi buyar. Konsen buyar-> males-> kabur .... Jangan ditiru ya. Siapkan minuman biar konsentrasi terjaga.
Supaya tidak kebingungan ke mana dana bulanan pergi, kita harus rutin mencatat pemasukan dan pengluaran. Tools yang saya pakai adalah Kalkulator Casio.
Casio My Style Colorful Calculator
Pasti banyak yang nggak asing dengan Casio, mulai dari kalkulator sampai jam tangan, produknya yang terkenal awet ini mengeluarkan kalkulator seri baru, namanya Casio My Style Colorful Calculator Unik lho, Colorful calculator dari Casio menyediakan banyak warna. Seperti di bawah ini. Kalian bisa membelinya di website Matahari Mall juga lho!

Casio My Style Colorful Calculator
Casio My Style Colorful Calculator.
Yang unik dari seri ini bukan warnanya aja tapi ada fungsi menghitung pajak (Tax) juga! Uniknya selain dengan baterai, kita bisa mengisi daya ulang dengan cahaya matahari! Kalian bisa membeli kalulator imut dan stylish ini dengan diskon 20% menggunakan kode
CASIOBLOGAZ18W36 ya!

cara hitung pajak dengan Casio My Style Colorful Calculator
Kalian bisa membelinya di Matahari mall dan pilih warna sesuai keinginan biar nggak bosan atau kelihatan stylish di kantor. Mau tahu warna kalkulator apa yang cocok dengan kepribadianmu? Cek website knowyourcolor deh! Kan seru kalau sesuai dengan gaya dan personalitimu #CasioMyStyle
website knowyourcolor
Ada kode promo juga untuk mendapatkan diskon di MatahariMall! Yakni CASIOBLOGAZ18W36 Harga sebelum diskon IDR 90.000 menurutku untuk kalkulator Casio harganya masuk akal banget, kan awet dan bisa dipakai sampai bertahun-tahun kedepan.

Nah, itu lah tips mengelola keuangan untuk pemula, semoga postingan ini bermanfaat ya!

You Might Also Like

21 komentar

  1. walau ada kalkulator digital, lebih enak kalkulator bentuk fisik ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kayak buku aja koh
      lebih murah ebook tapi lebih nyaman buku aslinya hehe

      Hapus
  2. Emang bener kalau harus pintar pintar deh mengatur keuangan :)
    Kalkulatorku warna biru unyu-unyuu :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbaa, kayak warna jeans..cucok banget buat ootd /loh/

      Hapus
  3. Weee asik dan unik ini, kalkulatornya bisa menghitung pajak. Sangat berguna bagi saya yang tidak bisa menghitung pajak. :)

    BalasHapus
  4. jadi inget kalkulator yang buat ngitung jualan sayur di rumah hehehe tapi ini lebih kekinian colorfull

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, yang ini warnanya jaman now dan stylish banget, bikin penampilan makin top sambil ngitung jualan sayur xD

      Hapus
  5. Promo diskonnya sampai kapan, kak? Suka liat banyak warnanya. Apalagi Liat katak yang panik itu, wkkwkkk, lucu

    BalasHapus
  6. Setuju mba, pencatatan keuangan memang bisa membawa efek yang baik bagi kita. Kalau dicatat dengan baik insha Allah mggak akan kebablasan.
    Si biru cakep yaa ��.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, jadi lebih aware sama pengluaran (tinggal istighfar kalo sempet kalap)

      Hapus
  7. Alhamdulillah saya bukan tipe orang yang suka kalap kalau ke mall. Saya kalapnya kalau ke toko stationery, apalagi kalau lihat kalkulator casio yang warnanya lucu-lucu banget. Hahahahaa...

    BalasHapus
  8. muahaha setujuuu!! aku tiap bulan selalu nyatet income sm pengeluaran biar slalu waspada :D sukaa deh sama kalkulatorny casio, emfuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi Kalo dipake sbg pengganti bantal masih kalah emfuknya 😂

      Hapus
  9. Nyatet pengeluaran emang gk bs kalo gak pake kalkulator. Untung ada casio udah designnya kece pilihan warnanya manjain mata pas dikantong tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, mood booster ya kalkulatornya 😊

      Hapus
  10. Aku juga kalo pas lagi senggang, tak usahain ngitung2 pengeluaran mbak, skaligus sma pemasukan keuangan, hehee
    TFs ya mbak
    Waena Casionyaa Biru, kayak punyakku hheheee

    BalasHapus
  11. Kalkulator casionya mengalihkan pandanganku hehe. Suka sama warna yang biru itu. Syantik.

    Makasih buat tipsnya ya. Akan kupraktekan biar nggak panik lagi

    BalasHapus
  12. Kalkulator ini beneran bermanfaat loh buat aku daripada buka2 hape :D
    warnanya juga keren, tapi sayang saya dapet yang orange huhuhu

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)