event

Kumpul Blogger BPK, bertemu langsung dengan ketua BPK!

Jumat, Maret 16, 2018

Bulan Februari lalu saya sempat bahas tentang BPK yang berperan dalam mengkawal harta negara. Dan tanggal 15 Maret lalu saya berkesempatan menghadiri acara yang diselenggarakan oleh BPK RI yakni Kumpul Blogger BPK. 
 


BPK sadar dalam mengkawal harta negara bukanah hal yang mudah. Berbagai lapisan masyarakat pun bisa membantu perjuangan BPK, agar masyarakat mengenal peranan BPK, BPK mengajak blogger untuk meningkatkan kesadaran muda mudi jaman now pentingnya mengkawal harta negara.

Sedikit flashback, harta negara itu bukan uang saja. Hasil perkebunan, perikanan, tambang, kepulauan sampai budaya (tarian, makanan, seni) juga masuk dalam kategori harta negara. Kita kan nggak mau kalau pulau, makanan khas diklaim negara lain kedepannya. Makanya harta negara wajib dikawal!

Kamis lalu, selain menjadi acara kumpul blogger BPK juga mengumumkan pemenang lomba blog yang diselenggarakan sejak tahun 2017. Yang mengikuti lomba lebih dari 300 blogger lho! Sebelum masuk auditorium, kita narsis dulu yuks!
wefie
Acara dimulai pada jam 11.00, dengan dipukulnya gong beberapa kali, resmilah BPK gandeng blogger untuk mengkawal harta negara!

Dari banyaknya blogger yang mengikuti lomba kepenulisan ini, ada 3 juara utama dan 3 juara favorit. Mereka adalah
Kumpul Blogger BPK

  1. Juara Utama 1: Alexander Arie Sanata Dharma dengan judul penulisan “BPK Kawal Harta Negara Dengan Mendorong Akuntabilitas Keuangan Negara”
  2. Juara Utama 2: Yesi Hendriani Supartoyo dengan judul penulisan “Peran Generasi Milenial Kawal Harta Negara”
  3. Juara Utama 3: Lalu Alfian Rifa’i dengan judul penulisan “Ikut Berpartisipasi Membantu BPK Mengawal Harta Negara Yuk...”
Berikut juara favoritnya...
  1. Juara Favorit 1: Lalu Alfian Rifa’i dengan judul penulisan “Jangan Bilang Ente Nggak Mau Bantu BPK Kawal Negara”
  2. Juara Favorit 2: Bayu Satria Utama dengan judul penulisan “Tantangan Era Disrupsi: SIPADU membangun kolaborasi Masyarakat dan BPK Kawal Harta Negara”
  3. Juara Favorit 3: Saiful Rijal Yunus dengan judul penulisan “Harta, Tahta dan BPK”

Selamat untuk para pemenang! Saya harus banyak belajar lagi, nih ^^;

Penilaian para juri ini nggak asal-asalan, bahkan katanya ada salah satu juri yang sampai mengurung diri semalaman untuk membaca karya para blogger yang mengikuti lomba ini.


Kenapa samapai segitunya? Karena para juri ingin tulisan yang berkualitas dan mudah diserap masyarakat yang memenangkannya. Penyaringan dalam lomba ini dinilai dari data, kreativitas seperti judul dan gaya bahasa. Hmm, saya harus belaja banyak nih kalau mau menang lomba, hihihi

Di acara Kumpul Blogger BPK ini juga dihadiri Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara. Saat memberikan sambutan, beliau mengatakan
Kumpul Blogger BPK

“Tulisan dari para blogger ini bisa menjadi salah satu sumber informasi dan inspirasi bagi seluruh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya tentang peran dan kewenangan BPK,”

Oh iya, kami sempat foto bersama Bapak Moermahadi, saya nggak sempat ajak selfie soalnya antrinya panjang hehehe
wefie!

Acaranya tidak itu saja kok, ada talkshow yang dibawakan blogger senior yang membagikan tips untuk kemajuan blog kami. Mereka adalah Farchan Noor, Dimas Novriandi, dan Aulia Halimatussadiah.

Siang itu mas Farchan mengawali sesi talkshow, tema yang ia bawa adalah "Mengubah gagasan menjadi tulisan" Kadang kita bingung mau menulis apa, awalnya pilih lah niche yang kamu sukai-tulislah postingan dengan tema yang disukai biar nggak membebani.

Kumpul Blogger BPK
Mba Ollie atau nama aslinya Aulia Halimatussadiah membeberkan tips Personal Branding. Untuk permulaan kita harus menunjukan kesukaan dan keahlian lewat tulisan, entah itu review atau tutorial-hingga visitor blog ingat dengan ciri khas kita (membahas sebuah niche misalnya)

Kumpul Blogger BPK
Terakhir, mas Dimas Novriandi membagikan tipsnya untuk mendapatkan pundi-pundi dari ngeblog. Masih nyambung dengan topik personal branding, rate per posting dan endorsement pun tergantung dengan personal branding kita.

Kumpul Blogger BPK
Mas Dimas juga mengajarkan kami proses menulis postingan blog. Ini rada nancep di saya sih.. Mas Dimas biasanya hanya membutuhkan waktu 1-2 jam untuk menulis dan mengedit tulisannya bisa sehari-dua hari.. Saya kadang posting dulu baru edit.. Bwahahahaha... Harus tobat nih..

Terimakasih BPK, acara kumpul Bloggernya sangat bermanfaat! Semoga kalian yang membaca postingan ini juga mendapat informasi baru ya! Selamat ber-weekend ria!

You Might Also Like

4 komentar

  1. kumpul2 dapat ilmu yang banyak ya

    BalasHapus
  2. bener2 berfaedah ya talkshownya kemaren itu buat para blogger :)

    BalasHapus
  3. Akuu suka banget nih ikutan talkshow tentang blogging gini, selain ketemu tmn baru juga dpt banyak ilmu yg berfaedah buat kita ya mbak hihihi

    BalasHapus
  4. Kumpul blogger yang bikin semangat nulis semakin menguat ya, Mbak, dapat ilmu lagi. Di antaranya, yang izinkan saya catat: tulis, edit, baru posting.

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)