event

Mengingat Peran Gus Dur dalam Ekonomi Indonesia di Haul-9 Gus Dur

Kamis, Desember 20, 2018

Semenjak Indonesia kehilangan sosok yang berjasa, almarhum Gus Dur pada tanggal 30 Desember 2009 silam masyarakat Indonesia  rutin menggelar Haul untuk mengenang jasa beliau untuk Indonesia. Tahun ini, Alhamdulillah saya berkesempatan hadir pada Haul Gus Dur ke-9 yang diadakan di Balai Sarbini pada Senin lalu.
Haul Gus Dur ke 9

Sebelum acara dimulai, kami menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa agar acara berlangsung dengan lancar. Dr. K. H. Abdurrahman Wahid (nama lengkap Pak Gus Dur) adalah presiden Indonesia ke-4  dan dikenal sebagai Bapak Nasional karena beliau menjunjung tinggi toleransi dan pluralisme. Selain dikenal di dunia politik, beliau juga berpengaruh pada perekonomian di Indonesia yang menginspirasi pemerintahan sampai saat ini. 


Haul Gu Dur ke 9

Di era pemerintahan Gus Dur, ekspor Indonesia meningkat 60 persen, selain itu harga beras stabil jadi masyarakat menengah kebawah mampu membelinya. Kesejahteraan para petani di pedesaan juga terjaga karena Badan Urusan Logistik (Bulog) membeli gabah, bukan beras. 


Pak Gus Dur juga sadar akan potensi laut negara kita, 2/3 luas Indonesia adalah lautan yang kaya akan sumber dayanya. Maka dari itu beliau mendirikan Departemen Eksplorasi Laut, yang sekarang dikenal dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. 


Haul Gus Dur ke 9 Senin lalu dihadiri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri; Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. 


Sambutan dibuka dengan kedatangan Prsiden Jokowi ke panggng, beliau mengajak para hadirin untuk menjaga kdamaian dengan toleransi dan jangan mudah terbawa arus dengan maraknya fake news yang berseliweran di dunia maya. 

Haul Gu Dur ke 9

"Nilai-nilai dalam kemanusiaan, nilai-nilai dalam keagamaan, dalam ketauhidan, banyak sekali yang bisa kita teladani dari Pak Gus Dur. Jangan sampai budaya bangsa yang santun, yang bertata karma hilang hanya karena perbedaan pilihan.”


Acara dilanjutkan dengan pembukaan dari Pak Eko Sandjojo yang memberikan pembukaan juga mengenang sosok Gus Dur yang sangat menginspirasi PDTT.


"Gus Dur bapak bangsa. Gus Dur adalah orang yang peduli dengan pluralisme, anti diskriminasi, mengangkat sisi kemanusiaan, karena kunci dari keberhasilan Indonesia untuk menjadi negara maju adalah menjaga kesatuan dan persatuan.",


Pak Eko Sandjojo menambahkan, "Kalau kita tidak perhatian desa, maka akan terjadi kesenjangan. Ini akan menimbulkan konflik sosial. Maka prediksi pengamat yang mengatakan Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi nomor 4 dunia tidak akan tercapai," ujarnya.


Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) dibangun atas visi dan semangat Gus Dur untuk mensejahterakan rakyat terlebih lagi rakyat kelas bawah. Saat Gus Dur menjadi ketua PBNU, beliau bekerja sama dengan Summa Group untuk pemilik usaha kecil dengan memberikan kredit lunak.

Jokowi-JK mendirikan PDTT dengan beragam program untuk meningkatkan infrastuktur dan potensi rakyat yang tinggal di pedesaan dengan adanya Dana Desa. Program unggulan PDTT adalah PRUKADES, BUMDES, Embung Desa dan Raga Desa


PRUKADES (Produk Unggulan Kawasan Perdesaan) didirikan untuk memfokuskan rakyat untuk mengembangkan produk unggulan daerah. Pemerintah akan memberikan insentif dengan memberikan  bibit, traktor, jembatan, dan apapun yang dibutuhkan secara gratis. Produk unggulan tiap desa berbeda seperti kopi, karet, kelapa, sagu dan lainnya.
Pencapaian PRUKADES 

BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) adalah program yang diharapkan bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Unit usaha BUMDes terdiri dari banyak jenis, seperti pengelola Desa Wisata, minimarket, penyewaan tenda dan kursi, pengelola daur ulang sampah, dan lainnya. 


Embung Desa, Embung atau cekungan penampung air aliran hujan dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian. Masifnya pembangunan embung diharapkan dapat membuat masa panen meningkat 2 hingga 3 kali dalam setahun, selain untuk pertanian, Embung Desa juga berpotensi menjadi pariwisata. 
Embung desa
Raga Desa (Sarana Olahraga Desa) didirikan untuk generasi muda di pedesaan. Mencegah anak-anak muda  terjerumus dalam tindak kriminal seperti tawuran, narkotika dan radikalisme. Beberapa kegiatan yang dapat ada dalam Raga Desa yakni Liga Desa (sepakbola), Festival Desa, Layar Desa, dan lainnya. 
Raga Desa 

Dan baru-baru ini PDTT juga meluncurkan program Akademi Desa 4.0 upaya mencapai Indonesia 4.0. Program bertujuan untuk memfasilitasi kompetensi dalam pembangunan desa. 


Semoga cita-cita Gus Dur untuk mensejahterakan rakyat Indonesia bisa diraih dengan program-program inovatif dari PDTT.

You Might Also Like

10 komentar

  1. Aamiin.. bangga pernah punya presiden Gus Dur, sosok yang memiliki toleransi yang tinggi.. sejak beliau sudah berprestasi dalam gagasan hingga ajal menjemput terus berprestasi untuk bangsa dan negara

    BalasHapus
  2. Semoga ke depan negara kita menjadi nwgara yg maju dan sejahtera, masyarakat punya daya beli yg baik, harga2 tdkbterus naik hehe..

    BalasHapus
  3. Bumdes yang fenomenal, dan usaha lainnya yang telah dibuat oleh alm.Gusdur untuk kemajuan negeri ini pastinya nggak akan lekang oleh ingatan bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  4. Banyak pemikiran2 beliau yang jadi kenyataan di era saat ini ya . Allah karuniakan pemikiran yang tajam pada beliau buat kemaslahatan umat banyak nih

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah seneng banget kalau baca informasi kayak gini. Emang beberapa program yang Gus dur berikan mampu membawa kebaikan untuk masyarakat. Dan alhamdulillahnya lagi program tersebut mulai di jalankan di era ini.

    BalasHapus
  6. Desa memang harus memiliki skala prioritas yang sama dengan kota dalam pembangunannya, karena Indonesia sendiri memiliki wilayah pedesaan yang masih banyak dibanding perkotaan.
    Program pemerintah membangun desa harus selalu ditingkatkan, pastikan dana desa terserap ke segmen yang tepat.

    BalasHapus
  7. Salut sama Alm. Gus Dur banyak sekali menghadirkan program yang keren saat memimpin negeri ini, dan ini penting supaya masyarakat bisa hidup lebih baik, tinggal kitanya harus meneruskan program2 tersebut untuk kemajuan bangsa.

    BalasHapus
  8. Semoga Indonesia jauh lebih baik, siapapun pemimpinnya sekarang dan masa mendatang ya mbak. Program pemerintahnya semoga semakin baik lagi, aamiin.

    BalasHapus
  9. Peran Gus Dur banyak banget buat negara kita. Terutama dalam hal keberagaman budaya dan toleransi di negara kita. Alfatihah buat Gus Dur.

    BalasHapus
  10. super banget, meski telah lebih dahulu berpulang tapi jasa beliau masih terasa dan bermanfaat bener

    BalasHapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)