event

#RelaunchIndonesiaGOID Halaman Depan indonesia

Kamis, Desember 13, 2018



A: “Tahu nggak, kabarnya si X begini lho!”
B: “Oh ya? Emang ya tu si X, ngga bisa dipercaya!”
C: “Ngomong-ngomong dapat kabarnya dari mana?”
A: “Grup WA Icikiwir!”
Kemudian C mendadak pening.

Pernah melihat atau menglami kejadian seperti di atas? Maraknya fake news yang tersebar di beragam medsos akhir-akhir ini menjadi salah satu ancaman untuk masyarakat dalam hal perdamaian antar sesama. 

Saat membuka medsos public seperti instagram dan twitter, saya selalu menghindar membuka kolom komentar jika konten yang diposting mengacu untuk debat online. Karena kata-kata kasar dan caci maki pasti ditemukan-otomatis bikin mood amburadul. 

Lebih mumet lagi kalau ada yang debat di status facebook, otomatis saya sembunyikan postingannya dari newsfeed demi ketenangan batin. Karena sudah banyak kejadian persahabatan kandas karena adu opini akan politik dan agama, kalau bertemu enggan bertegur sapa sampai saling adu domba. Mirisnya, kalau suatu berita yang disebarluaskan terbukti hoax.. Kata-kata tidak bisa ditarik, persahabatan/persaudaraan kandas.

Maka dari itu pemerintah berusaha untuk meminimalisir konten hoax di internet dengan beragam cara. Salah satunya mengajak generasi muda untuk membuat konten positif seperti video, animasi yang menonjolkan sisi positif di Indonesia. Selain itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan kembali portal pemerintah yang menjadi halaman depan Indonesia, Indonesia.go.id Senin 10 Desember lalu.


#RelaunchIndonesiaGOID

Portal? Ya, Indonesia juga punya portal yang memiliki informasi yang lengkap dan tentunya selalu up to date. Dalam portal ini kita bisa mencari tahu profil Indonesia, layanan di Indonsia juga narasi yang menyajikan informasi pariwisata, seni, komoditas, keankaragaman hayati dan budaya di Indonesia. Semua yang ada dalam www.indonesia.go.id ini terjamin faktanya karena dikelola oleh pemerintah.


berita terpercaya yang ada di Indonesia.go.id

Semua orang mulai dari pelajar, mahasiswa, guru dosen, jurnalis sampai kedutaan-kedutaan Negara sahabat. Ya, website ini menyediakan dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. 

Siang itu acara #RelaunchIndonesiaGoId dihadiri beberapa narasumbe yakni Menteri Kominfo -  Rudiantara, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) - Moeldoko, Piyantono Rudito - Tenaga Ahli Menteri Pariwisata, Rhenaldi Kasali – Guru Besar Universitas Indonesia/Founder Rumah Perubahaan dan Johan Budi SP – Staff Khusus Kepresidenan.


para narasumber

Sebelum acara relaunch dimulai, ada pengunguman pemenang kompetisi video yang diadakan beberapa waktu lalu. Kami menonton vido yang memenangi kompetisi ini dengan hati yang bergetar. Mereka mengangkat sisi positif yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. Kalau saja medsos isinya positif seperti konten yang mereka buat, tentram hati ini.


Para pemenang Kompetisi video

Setelah pemberian hadiah dan foto bersama, acara utama pun berlangsung yang dimulai dengan pembukaan dari Pak Rudiantara. Beliau sangat antusian dan berharap besar dengan adanya portal ini masyarakat domestic dan mancanegara bisa mendapatkan informasi terpercaya tentang Indonesia.

"Ini adalah beranda Indonesia. Isinya mengenai semua tentang Indonesia. Di sini konten tentang Indonesia yang terpercaya. Hal ini untuk menjadi gambaran utuh Indonesia sebagai upaya Nation Branding.”

Maksud dari Nation Branding adalah membangun kebanggaan, loyalitas dan meningkatkan daya saing. Maka dari itu kita sebagai masyarakat harus sebarluaskan keindahan pesona Indonesia. Jangn sebar hoax, nggak ada untungnya…

Pesona Indonsia sangat beragam, mulai dari sumber daya alam, budaya, adat istiadat, bahasa tradisional, suku dan agama. Hal tersebut adalah potensi keunggulan yang bisa memajukan Indonesia di mata dunia. 

Yuk cari informasi Indonesia di Indonesia.go.id karena terpercaya kebenarannya dan sellau update! Jadilah netizen yang pintar dan tidak mudah termakan hoax!

You Might Also Like

13 komentar

  1. Jadi pengwn mampir nih...beneran terpercaya ya mba..? Kebanyakan sekarang tuh suka jd corong pemiliknya utk kampanye..wkwkwk...*trauma...semoga aja ini engga ..cuss ah

    BalasHapus
  2. Semoga makin banyak orang yg tergerak hatinya membuat konten konten positif dalam bermedsos. Semoga Indonesia.go.id menjadi media yg bisa dicontoh oleh media lain dlm menyebar informasi.

    BalasHapus
  3. Bersyukur banged dengan kemajuan teknologi saat ini, dan semakin banyak portal2 yang memberikan informasi terupdate dan beritanya dapat dipercaya alias bukan hoax.

    Harapannya portal pemerintah yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas ya Mbaa.

    BalasHapus
  4. Semoga portal ini jadi pusat informasi rujukan fan menjauhkan kuta dari hoax. Makin cepat juga ingormasi baik dari pemerintah

    BalasHapus
  5. Bener mbak, aku paling sebel kalau ada akun yang ngasih info tapi gak jelas kebenarannya. Trus kalau lihat komemtar isinya debat yang gak selesai2. Pakai2 kata2 kasar lagi. Sebel dan KZL rasanya :(

    BalasHapus
  6. Wah, nambah lagi nih sumber berita buat nambah wawasan. Penting banget ya di zaman sekarang mah pilih2 sumber berita. Dan Indonesia.go.id bisa jadi pilihan yang tepat.

    BalasHapus
  7. Langkah pemerintah sudah bagus ya membangun portal positif ini, tujuannya untuk mencegah penyebaran berita hoax dan konten negatif..

    BalasHapus
  8. Wah situs ini bisa jd rujukan kalau mau cari bahan2 info ttg peristiwa teraktual yg terjadi di negeri ini ya mbak. Terpercaya krn dikelola pemerintah.

    BalasHapus
  9. Biar gak dapat notifikasi..berita gak benar..jangan tinggalkan jejak disana.. kalo kepo liat sebentar..lalu pergi he2

    BalasHapus
  10. Berita hoax sekarang emang betebaran dimana2 ya mbak, kita hrs selektif bgt kalau baca berita. Kalau yg ngelola pemerintah gini pasti infonya terpercaya & akurat

    BalasHapus
  11. Wah suka banget sama terobosannya. Jadi enggak perlu khawatir lagi ya kak kalau dapat berita hoax. Melalui indonesia.go.id, kita pun bisa memastikan kebenarannya. Keren!

    BalasHapus
  12. Saya saking skeptisnya sama media yang benerbener nyediain hoax, terutama lagi yang kayak bener-bener clickbait buat dapet duit dari ads atau apapun itu. Semoga IndonesiaGoId ini tidak begitu ya. Saya butuh kanal berita yang baik-baik saja :D

    BalasHapus
  13. Keren nih informasi tentang Indonesia ada didalamnya ya.
    Ada juga nih pemberitaan berita hoax ya mba

    BalasHapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)