experience

Ke Perpustakaan, yuk!

Sabtu, Oktober 13, 2012

 Kali ini aku mau share tempat favoritku ngerjain tugas kuliah, aku sudah kesini dari pertengahan tahun 2009 mungkin. Aku lebih suka menghabiskan waktu di perpus dan baca buku. Temaptnya yg tenang memang cocok buat aku banting otak ngerjain tugas. Namanya Perpustakaandiknas. Lokasinya asoy banget, sebelah mall Ratu plaza dan dekat mall FX. Biasanya kalau perutku bernyanyi aku langsung gelinding menuju KFC Ratu Plaza, oh iya Perpustakaandiknas ini berlokasi di:
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Gedung A Lantai 1 dan Mezanin
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan – Jakarta
Indonesia, 10270

 Iya, aku foto pakai Hpku dalam kualitas foto yg rendah -_- tapi kelihatan kan? 

 Lihat-lihat yuk fasilitas di perpustakaandiknas ini!
Saya rada takut ngambil foto diam-diam, tapi demi blog, HAYUK!
 Ini di lantai 1, disini isinya majalah-majalah dan koran yg asyik-nya UPDATE! Aku suka baca Jakarta post disini kalau Perpustakaanya belum buka. Perpustakaandiknas ini buka jam 9.00 pagi, tapi jam 8.30 sudah dibuka tapi belum dibolehkan ke atas. 

Sebenarnya tempatnya lebih luas, tapi karena waktu itu ada bapak-bapak jadi kurang leluasa motonya, hahaha
 Ini juga masih di lantai 1, yg ini rak-rak jurnal kalau ga salah, aku ga begitu tahu..soalnya ga pernah [dan enggak tertarik HAHAHA] ke rak-rak itu.  Kalian yg suka baca majalah pasti akan menganggap tempat ini sebagai 'Surga Majalah'. Kenapa? Soalnya majalah di perpus ini update terus, dan banyak pilihanya..interior, mobil, gadget, video games, dll. Sebagai mahasiswi yg hemat dan cermat [halah] aku cinta tempat ini!

Ini ruangan diskusi. Aku pernah tanya-tanya sama pustakawanya, kita bisa pinjam tempat ini kalau mau mengadakan pertemuan untuk seminar dan sebagainya, tapi tentu aja haruus konfirmasi dulu dan tanya-tanya lebih rinci lagi. Soalnya aku belum pernah, hehehe.


 Ini lantai 2, majalah, tabloid, dan koran pun masih ada. Yg aku suka tempatnya nyaman banget buat membaca, ada banyak meja dan kursi bagi yg mau mengerjakan tugas di perpustakaan ini. ACnya juga sukses bikin aku ngantuk kalau udah ga konsen sama tugas [Tugas kuliah seperti bedtime story untuk saya, AHAHAHAHAHA] 


 Yg asyik dari perpustakaan ini menyediakan beberapa unit komputer beserta koneksinya, aku suka pakai internet disini via wifi. Oh iya, kalau kalian mau memakai fasilitas ini kalian harus punya kartu anggota dulu, nanti aku jelasin di akhir-akhir. Dan memang ada waktu limit-nya, hanya bisa 1 jam. Kenapa? Karena banyak yg juga mau pakai. Makanya aku lebih suka pakai wifi, tanya saja passwordnya sama pustakawan/wati-nya.

 Ini adalah ruang koleksi anak! Aku suka baca-baca disini kalau tugas udah kelar, tempatnya nyaman banget. Di hari biasa seperti hari kerja ruangan ini memang sepi, tapi kalau hari Sabtu rame :D anak-anaknya banyak. Aku suka sama kumpulan buku anak-anak di ruangan ini, ada yg bilingual juga. Pokoknya ga rugi! Menurutku anak-anak lebih baik diajak ke perpus ini aja daripada timezone dan sejenisnya, hemat uang dan anak jadi lebih gemar membaca.


 Ini adalah ruang audio-visual perpustakaandiknas. Tentu kalian harus menggunakan headphone saat menonton/mendengarkan film/tanyangan di perpustakaan ini, biar ga ganggu yg lain. Oh, untuk yg mau meminjam DVD/VCD/CD disini harus memiliki kartu anggota dulu. Tapi aku enggak tau kalau yg mau nonton aja, ga usah malu nanya. Orang-orang perpustakaandiknas ini ramah kok xD. 
 Oh iya, koleksi filmnya banyak! Yg hobi nonton pasti suka! Dari film Indonesia sampai film barat yg lawas. Film untuk anak-anak sampai film untuk orang tua juga ada. 

 Aku sangat rekomen perpustakaan ini untuk mahasiswa/i untuk yg mengerjakan tugas ataupun skripsi. Apalagi sastra inggris, buku-buku disini wuaaah banyaak~ sampai bingung cari judulnya -_-. Buku-buku yg dijual di toko buku juga ada disini, rajin mencarinya aja. 
 Aku pernah beli novel di toko buku hargarnya sekitar 30.000an, eh ketemu di perpus ini!! Mau teriak histeris tapi takut diusir, jadi aku cuma menghela napas dan menahan rasa mau banting raknya, asyeem! Mungkin bagi beberapa dari kalian 30.000 itu ga penting, bagiku? My EVERYTHING [Widih..]. Dari situ, sebelum aku mau beli buku, apalagi buku novel aja aku selalu cari dulu di perpus ini. Kalau bener-bener ga ada aku bisa beli di toko buku dengan tenang, gunakan uang sebaik-baiknya!

 Tadi aku udah janji mau tulis tentang kartu anggota Perpustakaandiknas. Ini ada beberapa persyaratan untuk menjadi anggota:
  • Mengisi formulir keanggotaan
  • Melampirkan identitas (KTP/SIM) Jabodetabek
  • Fotokopi kartu pegawai untuk pegawai Kemdiknas
  • Pas foto berwarna ukuran 2×3 cm sebanyak satu lembar
  • Untuk masyarakat umum harus terverifikasi
Apa sih keuntungan jadi anggota?:
  •  Bisa meminjam buku.
  • Bisa meminjam DVD/VCD
  • Bisa ngenet!

Aku lupa lebih rincinya lagi. Lebih baik kalian telfon ke sana lebih dulu. Ini alamat dan info kontak Perpustakaandiknas:

perpustakaandiknas
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Gedung A Lantai 1 dan Mezanin
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan – Jakarta
Indonesia, 10270
Telp. +6221 5707870
Fax.  +6221 5731228
Email: perpustakaan@kemdiknas.go.id
Website Perpustakaandiknas Senayan

Jam Buka Perpustakaan
Senin-Jumat : 09.00 – 17.00 WIB
Sabtu : 09.00 – 14.00 WIB
Minggu dan hari libur : Tutup

 Semoga postingan ini menarik dan bermanfaat! Ayo dong yg mahasiswa, jangan ke mall atau kafe aja nongkrongnya! Ke perpustakaan ga bikin rugi kok!.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Gara gara baca post ini, aku jd penasaran terus main ke Pusdiknas ini :)) tempatnya seru! Tapi tempat buku anak-anak kok digelapin ya pas hari Jumat.. Padahal pgn coba masuk kesana :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Iya, tempatnya emang bagus kok. Hari Jumat? Oh, itu bilang pustakawan/watinya kalau mau masuk, nanti lampu dan ACnya dinyalain kok hehe

      Hapus

You're free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)