event

#KitaSama Gerakan Sosial Membangun Mimpi Bersama

Sabtu, Juni 17, 2017

Hai semuanya, masih di bulan Ramadhan nih, semoga puasa lancar terus ya. Ngomong-ngomong apa cita-cita/mimpi kalian? Tantangan meraih cita-cita itu memang nggak mudah tapi, apa kalian pernah membayangkan bagaimana sahabat disabilitas meraih mimpi? Pasti tantangannya lebih sulit dengan berbagai faktor. Maka dari itu kini hadir website indonesiabermimpi.org Ada yang pernah dengar? Belum? Untuk jelasnya, teruskan membaca ya!
Gerakan Sosial #KitaSama
Tanggal 14 Juni lalu aku berkesempatan hadir di acara Gerakan Sosial #KitaSama yang diadakan indonesiabermimpi.org @id_bermimpi. Semua orang pasti punya mimpi termasuk dengan sahabat disabilitas di sekitar kita. Semua orang punya hak untuk bermimpi dan meraihnya namun tantangan yang dihadapi sahabat kita jauh lebih sulit. Tidak hanya dari faktor ruang gerak namun juga karena keadaan sekitar yang kurang mendukung.

Gerakan sosial #KitaSama ini mengajak generasi muda Indonesia untuk bersama-sama membangun ruang sehat untuk sahabat disabilitas agar tercipta keadilan dan kesetaraan sosial di negara kita. Sebagai manusia kamu pasti kesal kalau ada orang yang memandang sebelah mata-begitu juga sahabat kita.

Di acara kemarin, banyak sahabat kita yang menunjukkan kemampuan mereka di atas panggung dengan semangat. Membacakan puisi karya sendiri, menyanyi, memainkan alat musik seperti gitar bass, gitar akustik juga organ sampai bela diri. Sahabat disabilitas yang hadir pun semangat menyaksikan kebolehan sahabat-sahabat yang maju ke depan.
Pak Woro yang membacakan puis
Yang memeriahkan acara kemarin ada banyak, mereka dari Voice of Cheshire, Mitra Netra, Wila Kartia dan lainnya. Dari berbagai usia dengan beragam keahlian menunjukkan bakat yang dimiliki di atas panggiung. Patut diancungi jempol banget! Aku sendiri belum tentu berani di suruh perform di depan banyak orang.
Gerakan Sosial #KitaSama
Gerakan Sosial #KitaSama
Dibantu interpreter yang menggunakan bahasa isyarat agar sahabat kita yang tidak dapat mendengar memahami lirik dan perbincangan selama acara berlangsung.
Armada Band dipeluncuran Gerakan Sosial #KitaSama
Founder Indonesia Bermimpi, Zikri Adyas menjelaskan keinginan untuk membuat ruang untuk kita semua, tidak hanya membuat ruang sehat untuk sahabat disabilitas namun juga untuk yang non disabilitas-karena kita sama. Demi meraih impian, kita harus bisa bergotong royong untuk saling membantu. Indonesia Bermimpi mendapat banyak dukungan dari banyak pihak misalnya instansi pemerintahan, komunitas anak muda, LSM, perusahaan dari industri kreatif; Production House, Event Organizer, Online marketing sampai Media Nasional.
Zikri Adyas
Terus bagaimana cara membantu sahabat kita? Mudah banget. Dengan menjadi anggota Indonesia Bermimpi (Generasi bermimpi)  di indonesiabermimpi.org kamu bisa mengikuti sekaligus mendukung kegiatan sahabat kita. Selain itu kamu juga bisa mebeli karya sahabat disabilitas yang dijamin kualitasnya! Sama seperti membuat akun di sosmed misalnya Twitter-registrasi di website ini nggak akan menyita waktu.

Sesudah menverifikasi akun, kamu bisa membantu sahabat disabilitas dengan beberapa program pendukung yang ada seperti yang di bawah ini:

1. Membeli atau menjual produk di toko online indonesiabermimpi.org Produk di toko ini adalah buatan sahabat disabilitas dengan proses handpmade!
2. Mempelajari Bahasa Insyarat melalui webminar di indonesiabermimpi.org
3. Menikmati atau mengunduh komik inspiratif yang menceritakan kisah inspiratif sahabat disabilitas yang mampu meraih mimpinya.
4. Mengikuti tantangan mingguan yang diberikan dengan hadiah produk hasil sahabat disabilitas. Tantangannya bisa kompetisi cerpen dan bahasa insyarat.
5. Menyebarkan mimpi dari indonesiabermimpi.org lewat akun sosmed masing-masing.

Aku pribadi sangat tertarik dengan program belajar bahasa isyarat. Selain digunakan untuk berkomunikasi dengan sahabat disabilitas (tuna rungu) bahasa isyarakat bisa kita digunakan berkomunikasi dari kejauhan. Seperti orang militer-mereka mempunyai bahasa isyarat sendiri untuk berkomunikasi di medan perang. (Nggak mungkin teriak, kan? Bisa diserang musuh nantinya)

Tidak hanya itu saja, Indonesia Bermimpi memiliki Program Utama yang tidak kalah kerennya dari program di atas. Program Utama indonesiabermimpi.org adalah 
  1. Mengikuti Lari 3 K bersama sahabat disabilitas pada tanggal 3 Desember 2017
  2.  Mengikuti acara nobar bersama sahabat disabilitas pada awal tahun 2018 dengan tema film 'Mimpi Seorang Sahabat Disabilitas'
  3. Mengikuti konser musik Indonesia Bermimpi bersama musisi dan sahabat disabilitas pada pertengahan 2018
Menarik banget kan? Di acara kemarin hadir Eno Lerian, Leony, Ria Enes, Natasha Chairani dari #SaveLaguAnak  juga grup band Armada untuk mendukung gerakan sosial #KitaSama Mereka saja mendukung, kita juga dong!
source IG @Leonyvh

source IG @Id_bermimpi

Gerakan Sosial #KitaSama
 Berikut foto peluncuran Gerakan Sosial #KitaSama diwakili supporters yang hadir kemarin.
source Liputan 6
 Ada Mas Surya Sahetapy yang juga hadir di acara ini untuk memberikan dukungannya!
source: Lipotan6
Di acara Gerakan Sosial #KitaSama aku baru tahu kalau sahabat disabilitas kita juga menikmati film dan musik dengan bantuan subtitle. Sayang tontonan Indonesia sendiri tidak menyediakan subtitle jadi banyak dari sahabat kita menonton tontonan dari luar.

Penasaran dengan Indoensiabermimpi.org ? Kamu bisa cek sosmednya untuk mengetahui kegiatan mereka! Akun-akunnya ada di bawah ini:

Fcaebook/YouTube: Indonesia Bermimpi
Instagram/Twitter: @id_bermimpi

Yuk saling tolong menolong, dapat pahala, teman baru dan pastinya ilmu baru! Semoga postingan ini informatif ya :D

You Might Also Like

12 komentar

  1. amazing banget ini...
    ternyata meskipun ada kekurangan dalam diri kita ternyata ada banyak kelebihan, misalnya para disabilitas tadi yang mampu bernyanyi dan memainkan alat musik.

    anafi, website indonesia bermimpi kok gak bisa kebuka ya..

    nice post.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, coba klik link di paragraf pertama ya~

      iya, daripada fokus dengan kekurangan dalam diri lebih baik membantu sekitar dengan apa yang kita bisa :D

      Hapus
  2. Saatnya berbuat sesuatu untuk mereka. Karena #KitaSama untuk meraih mimpi. Thanks for sharing Annafi :)

    BalasHapus
  3. Ini nih, acara yang seperti ini sangatlah baik. selain bisa nambah pengetahuan baru bisa menamba semangat untuk membangun mimpi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mas ikutan juga :D tinggal buat akun udah bisa mengikuti salah satu program sekaligus mendukung sahabat kita :D

      Hapus
  4. Programnya keren. Di Lombok juga banyak komunitas sosial yang gerakannya seperti ini. Dan yang paling keren adalah, kita bisa berpartisipasi sebagai relawan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah seneng deh kalau banyak komunitas sosial seperti Indonesia Bermimpi di luar kota, semoga visi misinya berjalan lancar dan bisa membantu sahabat-sahabat kita ya :D

      Hapus
  5. Terima kasih sharingnya mba :) Aku mau kepoin webnya indonesia bermimpi ah. By the way, aku juga dari dulu kepengin belajar bahasa isyarat :) Salam kenal mba Annafi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk register juga, biar nggak ketinggalan programnya yg seru! salam kenal juga :D

      Hapus
  6. Saatnya saling dukung yaa, kita bisa..

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!