tempat menarik

Pemandian Air Panas Way Belerang Destinasi Wisata Kesehatan

Sabtu, September 09, 2017

Selamat bermalam minggu! Karena nggak ada acara, saya mau sharing suatu destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Apa saat Idul Adha kemarin kalian pergi ke tempat yang menarik? Kalau saya nggak jalan kemana-mana, tapi jadi ingat salah satu tempat wisata yang dikunjungi sewaktu liburan Idul Fitri kemarin. Kali ini saya bakal bahas salah satu tempat wisata di Kalianda. Sebelumnya sempat posting tentang 4 Pantai yang harus dikunjungi di Kalianda dan sekarang tempat yang akan dibahas adalah Pemandian Air Panas Way Belerang di Kalianda!
Pemandian Air Panas Way Belerang
Saya jarang pulang kampung ke Lampung dan tahun ini bisa kembali lagi ke sana. Banyak orang yang mendengar kata Lampung otomatis teringat akan pantai-pantainya yang cantik, kan? Oh iya, mungkin kalian berminat liburan bersama keluarga besar ke Lampung bisa membeli tiket dan mem-booking hotel lewat tiket.com untuk mendapatkan tiket kereta, pesawat atau kamar hotel lebih murah!
Salah satu pantai di Kalianda
Karena saya dan kakak saya belum pernah mengunjungi kota Kalianda akhirnya sepakat pergi ke sana untuk beberapa hari. Ternyata Kalianda juga punya banyak pantai yang cantik layaknya pantai di luar negeri. Pasir putih dengan air yang jernih di Kalianda selalu siap menyembuhkan kepenatan siapa saja. Beberapa hari kami sekeluarga mendatangi banyak pantai sampai satu titik di mana kami... bosan dengan pantai. Iseng-iseng saya menanyakan tentang tempat wisata yang unik di Kalianda pada penjual nasi goreng. Ternya ada Pemandian Belerang di sini!!

Kalau dengar kata 'belerang' yang says ingat adalah obat jerawat, atau obat kulit. Belerang memang punya banyak manfaat yang bagus seperti yang dikutip dari website alodokter.com yakni mampu mengatasi jerawat, pembunuh bakteri, jamur dan kudis. Dan akhirnya kami ke Pemandian Air Panas Way Belerang

Di pemandian belerang ini selain kolam belerang ada juga kolam renang biasa tapi saya nggak mampir ke sana karena pengunjungnya lebih ramai dikunjungi anak-anak. Tiket masuknya sangat terjangkau yakni 10.000/orang dan untuk kendaraan roda empat dikenakan tarif yang sama.
Pemandian Air Panas Way Belerang
Banyak pepohonan yang rimbun di area parkir jadi walaupun siang dijamin nggak kepanasan. Ada 1 kolam belerang besar yang dibagi menjadi dua. Yang area lebih kecil untuk anak-anak namun semakin ke bagian tengah lebih dalam. Jangan kuatir karena ada penyewaan pelampung, tapi aku kurang tahu harganya karena nggak sewa hehe.
Pemandian Air Panas Way Belerang
Dan dibagian yang besar diperuntukkan untuk orang dewasa. Dibagian tengahnya terlihat ada banyak buih yang ternyata pusat belerangnya. Oh iya, di kolam orang dewasa suhu air lebih panas. Tapi tenang, nggak sampai mendidih. Bahkan banyak pengunjung yang berenang, sayangnya nggak bawa baju ganti.. Semoga bisa ke sini lagi dan berenang, deh!
Pemandian Air Panas Way Belerang
Waktu mengunjungi Pemandian Air Panas Way Belerang memang masih dalam masa renovasi, air bilas keluar sedikit. Semoga kedepannya sudah diperbaiki dan dipercantik, amiin! Di area Way Belerang ini kamu bakal menemui banyak penjual sabun belerang. Tiap penjual menawarkan harga yang beragam, waktu itu beli 5 sabun batang belerang seharga 25.000 Ada beberapa pengunjung yang langsung menggunakannya sebagai masker lho!

Awalnya kami merendamkan kaki di kolam yang cetek (untuk anak-anak) airnya hangat tanggung. Di kawasan kolam belerang  tidak ada penghijauan jadi terik mataharinya terasa. Tapi jangan khawatir, buat kalian yang suka minum es kelapa muda, di sini murah banget! 1 kelapa muda cuma 5,000 aja! Di Jakarta mana bisa beli es kelapa muda 5,000.. Bisa dilempar batok sama penjualnya.
Pemandian Air Panas Way Belerang
Kalau datang ke pemandian air panas Way Belerang harus siapkan indera penciuman, ada yang nggak betah berlama-lama karena bau belerangnya yang merasuk hidung, jiwa dan raga. 5 menit awal di kolam pemandian memang kurang nyaman tapi lama-lama terbiasa juga dengan bau belerangnya.

Saya suka dengan adanya pemandian belerang ini, jadi nggak perlu buru-buru mengantri ke dokter minta resep obat. Sayang di Jakarta tidak ada pemandian belerang... Semoga nantinya fasilitas kamar bilas dan toiletnya bisa digunakan, soalnya bingung mau cari toilet, akhirnya numpang di mushola pas pulang. Lokasi Pemandian Air Panas Way Belerang:


Kalau ada kesempatan saya pingin ke sini lagi. Kalian pernah ke pemandian belerang belum? Yuk kunjungi Kalianda! Semoga postingan kali ini bermanfaat, ya! Have a great weekend all!

You Might Also Like

39 komentar

  1. Wah, pantai dan tempat pemandiannya cantik :)

    BalasHapus
  2. DUa kali ke Lampung tapi belum pernah ke tempat ini, mba :)

    BalasHapus
  3. Iya sih kalau ke tempat seperti ini pasti aroma belerangnya kuat. Jadi mesit siap2 ya. Btw kolam pemandian air panasnya bersih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, walaupun fasilitasnya masih diperbaiki paling nggak kolamnya bersih :)

      Hapus
  4. dah lama g ke pemandian air panas belerang gni enak hbs mandi bkin kulit jd lembut tp syg yah fasilitasny blm lgkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'eh, kulit lembut dan ngilangin rasa gatel bekes serangga. semoga perbaikanya cepet kelar yes, aminn

      Hapus
  5. Balasan
    1. makasih Bun udah mampir ke postinganku :D iya, Bun. Tempatnya bersih dan sejuk

      Hapus
  6. eiii..ini buset pantainya keren bangeettttt...tiket masuknya murce lagi..
    pengen ih..*gigit jari

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantainya murah muraah, ayok ke Lampung, Dar!

      Hapus
  7. wah, aku punya saudara di Lampung, daerah Kalianda ini, nanti kalau kesana bole lah request main-main kesini, itu es kelapanya menggoda yaa..:)

    BalasHapus
  8. Wow.. Itu kolam berarti airnya anget y mbak..
    Sudah lama pengen ngerasain mandi air hangat alami, tapi sayangnya di Jogja nggak ada.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, nggak perlu pake pemanas lagi hehe

      Hapus
    2. Saia ke Lampung pun cuma sekedar lewat pas naik bis.. hehe

      Hapus
  9. Wah aku beberapa kali ke Lampung malah belum pernah main ke pemandian way belerang. Ternyata jadi semacam wahana bermain air gitu ya. Asyik buat wisata keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku baru sekali ke sini, belum ada perosotannya sih tapi seru juga ya kalau ada :D

      Hapus
  10. wahh aku pernah ke Kalianda, tapi itu dah lama banget, kira-kira tahun 2005.
    Pantai-pantai di sana bersih dan cantik ya Ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama banget ya mba, semoga wabah korona ini segera selesai, biar bisa jelajah lagi ya

      Hapus
  11. Bagus sekali wisatanya ya, Mbak Annafi, termasuk pemandian air panas belerang. Jadi pengin main ke Lampung.
    Dan di sini juga ada, Mbak. Tapi tidak berupa kolam, tadi dalam kamar yang bak mandinya. Jadi tiap ganti pengunjung, air juga diganti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belum pernah ke tempat pemandian air panas indoor 😃

      Hapus
  12. Kukira pemandian belerang cuma ada di Bandung, hehe. Kudet banget ya, ternyata di Lampung ada juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, btw ini postingan lama.. semoga sekarang lebih bagus ya

      Hapus
  13. ya pas ke Lampung ga nyobain ke pemandian air panas ini, belum tahu waktu itu. murah juga ya masuknya dan harga air kelapanya murah kali untuk harga di sebuah tempat wisata. sabun belerangnya hanya bisa dibeli di tempat itu ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu banyak pedagangnya yg nawarin sabun tsb kak, semoga harga tiket masuknya dan air kelapanya ga naik drastis yaa

      Hapus
  14. Ya ampun murah banget tiket masuk cuma 9000 aja. BTW itu kelapa bikin aush dah. 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selain itu murah'banget air kelapanya

      Hapus
  15. wah dapat abnyak keuntungan , bisa berennag dapat terapi belerangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sayangnya saya ga bawa baju ganti huhu

      Hapus
  16. Namanya belerang, pasti ada bau yang mungkin tidak terbiasa bagi kita yang tidak pernah menciumnya, tapi mungkin kalau mau ditahan bisa beradaptasi. Enak ini pasti pemandian air panasnya, kalau ke Kalianda jadi pengen ke sini deh. Es kepala mudanya itu sekarang masih Rp5000 gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bau belerang nya nggak terlalu nyegrak waktu itu jadi masih bisa enjoy, wah untuk harga air kelapanya nggak tahu sekarang harganya hehe

      Hapus
  17. Saya baru tau ada sabun belerang yang berkhasiat untuk kesehatan, Mbak. Di Jawa ada sih pemandian air panas, mengandung belerang juga. Pengunjungnya rame. Tapi gak sampai ada yang jual sabun.

    Saya pikir air panasnya yang bagus, ternyata belerangnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ternyata manfaatnya bagus buat kulit. Sabunnya juga ada yg jual online lho

      Hapus
  18. Waah asyik mandi belerang, katanya bisa juga untuk menyembuhkan gatal-gatal ya?

    BalasHapus
  19. Duh, pengin ke pemandian air hangat. Tapi mungkin nanti setelah keadaan kondusif lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku kangen jalan-jalan nih

      Hapus

Jangan pake link ya, terimakasih!