buku

Review Kumcer Madre by Dee Lestari

Rabu, Februari 09, 2022

 Halo, sebulan blog ini nggak di-update. Biar nggak bosan, hari ini aku mau review buku, lebih tepatnya kumcer dari Dee Lestari. siapa yang suka dengan karya beliau? mungkin ada yang pernah baca atau nonton Perahu Kertas atau Rectoverso? aku belum pernah nonton, tapi punya bukunya. 

kali ini aku mau bahas kumcer dari Mba Dee Lestari yang judulnya 'Madre'. cetakan pertamanya diterbitkan tahun 2011. aku seneng banget nemu di oren ada yang jual secondhand-nya dan beneran ori! 

Review Madre by Dee Lestari

Dalam kumcer ini ada 10 cerpen dan 3 prosa. Aku sempat ikut kelas menulis cerpen dan jujur udah lamaa banget nggak baca cerita fiksi. Penulis fiksi Indonesia yang aku suka ya mba Dee ini. Tulisannya indah dibaca dan udah dipahami ini bisa bikin minat nulisku bangkit lagi.

Madre by Dee Lestari

Madre, yang dalam bahasa Spanyol artinya 'ibu' adalah adonan roti. Kisah Madre ini menceritakan tentang seorang laki-laki yang bernama Tansen, yang hidupnya bisa dibilang bebas, mengikuti alur.

Entah bagaimana Tansen dipertemukan oleh keluarga jauh yang sama sekali nggak dia kenal, mereka berharap Tansen bisa meneruskan usaha toko roti yang sekarat karena waktu dengan menggunakan adonan roti bernama Madre. 

Bayangin aja, nggak tahu apa-apa, hidup seadanya tiba-tiba diberikan tanggung jawab dalam bidang yang belum pernah dicoba sama sekali. Belum lagi diberikan kepercayaan dari senior yang menaruh banyak harap, panas dingin. 

Belum lagi ada seseorang yang ingin membeli Madre.. Cerita pendek ini bikin pembacanya juga galau. Bingung dan penasaran dengan langkah apa yang akan diambil Tansen. 

Untuk cerpen Madre,aku kasih 4.5/5! 

Cerpen kedua favoritku dalam kumcer ini adalah 'Menunggu layang-layang'. Nggak ada sangkut pautnya dengan Layangan Putus, ya.  Kisah cinta antara Che dan Starla. Starla adalah wanita yang mirip layangan, naik turun sesukanya dan Che selalu menjadi zona nyaman Starla. 

Karena Starla yang sikapnya seperti layangan, Che ragu akan perasaannya. Maju mundur. Siapa yang mau ambil resiko patah hati dengan teman yang sudah dekat? 

Kisah Menunggu layang-layang ini aku suka karena membahas kisah cinta antara odua orang dewasa. Lebih realistis dan logis, nggak banyak bumbu drama seperti kisah cinta remaja dan young adult. Mungkin karena faktor U juga kali, yaaa~ 

Bahasa yang digunakan Mba Dee ini sederhana namun indah, bisa dibaca sambil selonjoran. Bukunya nggak terlalu tebal, 160 halaman tepatnya. Buat yang suka dengan kisah sehari-hari dengan lika-liku kehidupan, cinta, bisa banget baca buku ini! 

Untuk teman-teman yang ingin membaca kumber dari Dee Lestari, ternyata ada lho di iPusnas. Lumayan gratis dan bisa pinjam dalam 5 hari. 

You Might Also Like

14 komentar

  1. Saya suka banget sama karyanya Dewi Lestari bahkan Madre ini salah satu favoritku juga ka. Makasih udh bikin reviewnya karena memang sebagus itu 👍

    BalasHapus
  2. Ooooh, baru tahu kalau madre itu artinya "Ibu". Aku kira itu nama orang. Karya-karya Dee Lestari memang keren. Nah, aku juga suka pinjam buku di iPusnas. Banyak yang bisa dibaca dan gratis, hehe 🤭👍

    BalasHapus
  3. The power of kepepet atau kejebak yaa tiba2 suruh urus toko roti hehehehe...

    Tapi memang sih kadang hidup tidak selamanya spt yang kita harapkan.

    BalasHapus
  4. Pernah baca Madre, minjem buku di perpus kantor. Tapi udah agak-agak lupa soalnya bertahun-tahun lalu. Saya suka gaya menulisnya Dee.

    BalasHapus
  5. Saya biasa pinjam buku juga di ipusnas.. apalagi buku2 ky Dee Lestari.. tapi kynya emang tetep enak baca bukunya langsung biar mata istirahat lihat layar hehe

    BalasHapus
  6. Setuju... aku pun suka dengan tulisan-tulisan mbak dee ini.

    BalasHapus
  7. Aku mengenal Dewi Lestari Simangunsong ketika beliau masih tergabung dari grup nyanyi Rida Sita Dewi (RSD),suara Dewi bagus.Ternyata wanita cantik ini multi talent ya berkarya sebagai penulis.Aku suka baca karyanya, oh Madre artinya ibu ya?

    BalasHapus
  8. Aku kayaknya juga punya buku ini deh di rumah. Jadi pingin coba preloved juga deh. Dee Lestari emang ga pernah gagal dalam buku2 fiksi nya. Ya novel, kumcer, semua bagus

    BalasHapus
  9. Madre ini yg udah di film in juga kayanya ya..
    Ga diragukan sih Dee Lestari tuh salah satu penulis Indonesia yg bagus menurut ku
    Uniknya klo ngambil judulnya itu out of the box dan karya nya penuh filosofi tapi dengan penyampaian cukup sederhana

    BalasHapus
  10. Lama udah nggak baca cerpen. Keinget dulu kalo istirahat ke perpus buat cari cerpen. Cerita pendek yang menarik dan tidak membosankan

    BalasHapus
  11. Aku suka buku ini, baca 2 kali tetep gak bosan. Cerpennya menarik, prosanya juga mendalam. Tapi masih sulit memahami dalam kehidupan nyata madre diibaratkan seperti apa? Ibu, Ibu yang bagaimana. Masih sulit membayangjan bentuk biang roti si madre ini. Tapi Dee sukses membuat cerita ini menarik dibaca

    BalasHapus
  12. Eh kayanya kakak ipar punya nih kumcer Dee Lestari, dia banyak koleksi penulis ini, tapi kalo Madre, entah ada apa enggak yaa, hehe nanti mau pinjem dan baca juga deh, kayanya seru juga

    BalasHapus
  13. Waahhh...aku juga punya nih novelnya. Aku suka dengan karyanya Dee mulai dr yg hits dulu itu, sayang novelnya ada yg pinjem dan gak balikin ke aku. Hiks sedih deh.

    BalasHapus
  14. Madre ini difilm kan juga mbak sekitar th 2013 an, kebetulan yg main aktor idolaku Vino G. Bastian hihihi jadi aku udah nonton dan udah baca juga bukunya.

    Sejauh ini buku2 Dee Lestari yg aku baca bagus2, apalagi kalau difilmkan aku lebih suka hahaha

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!