book

Review 99 Cara Berpikir Ala Sherlock Holmes by Monica Anggen

Kamis, April 25, 2019



Assalamualaikum gaes, kali ini aku mau review buku yaa. Apa ada yang suka membaca/menonton cerita tentang detektif? Kalau iya pasti sudah nggak asing lagi sama yang namanya Sherlock Holmes, kan? Jujur nih, aku pribadi belum pernah baca bukunya, aku lebih suka Agatha Christie karena masih ada bumbu dramanya eaeaea~ Komik detektif Conan, detektif Kindaichi, Detektif School-Q, Tintin dan Scooby-Doo aku juga suka. Kalau sudah membaca cerita detektif pasti kita akan bertanya, kok bisa tahu sedetil itu ya? Kok bisa kepikiran ke situ?

99 Cara Berpikir Ala Sherlock Holmes- Monica Anggen

Nah, di buku yang mau kubahas akan menjelaskan cara berpikir Sherlock Holmes. Buku karya Monica Anggen terbitan Grasindo dengan judul 99 Cara Berpikir Ala Sherlock Holmes. Buku ini best seller lho, jadi pas nemu langsung kubawa kabur ke kasir!


Dengan sampul oranye yang eye-catching dan tebal 220 halaman, aku beli saat Gramedia sedang diskon. Selain karena topiknya, aku juga penasaran karena walaupun aku sudah beberapa kali bertemu langsung dengan penulis buku ini, ini pertama kalinya aku membaca karya Mba Monica Anggen. 


Bisa dibilang buku ini isinya padat, mirip novel detektif yang ramai akan kata-kata. Untungnya masih ada info grafis dalam buku ini jadi nggak bosan membacanya. 


Agar bisa fokus

Di buku ini banyak membahas teori dan metode untuk berpikir untuk mengasah otak kita. Seperti teori mengupas bawang, teknik melacak, metode loci, teori jarring laba-laba, teknik membaca cepat. walaupun sekilas terlihat ramai akan kata-kata, bahasa pembawanya santai walaupun masih dalam kategori formal untukku. 


Agar bisa berpikir cerdik, detil seperti detektif kita diharuskan untuk memancing pertanyaan atau memiliki pola piker kritis. Kenapa, bagaimana, dimana, kapan, siapa, apa atau 5W+1H memang harus diterapkan untuk mencari suatu solusi. Di bab 12 buku ini ada beberapa pertanyaan yang umumnya muncul dari seorang dengan pemikiran kritis.

Pertanyaan orang yang berpikir kritis

Apa yang terjadi?

Kenapa ini penting?

Apa yang tidak saya lihat?

Bagaimana saya mengetahuinya?

Siapa yang mengatakan hal itu?

Bagaimana jika?


Membiasakan diri untuk membaca sejak dini juga bisa mengembangkan pola pikir kita. Selain menambah wawasan kita juga bisa menghindar dari kemungkinan penyakit pikun di hari tua. Asyiknya dalam buku kini kita juga diajarkan untuk membaca cepat. 


Pernah lihat orang yang membaca selembar kertas dan tahu inti dari selebaran tersebut? Orang itu mungkin terbiasa membaca dan hafal akan bentuk kata-kata, jadi dengan melihatnya sekilas ia bisa memahami maksud dari tulisan tersebut. Hal ini juga bisa dilatih dengan memeperceoat gerakan mata saat membaca. 


Mungkin kita biasa membaca suatu kalimat dengan kata per kata, coba latih dengan tiga atau lima kata sekaligus, contohnya kuambil dari buku ini ya. Bisa di klik untuk zoom-nya. 

Cara membaca cepat

Selain membaca, kita juga bisa rutin menulis untuk menambah daya ingat kita bertambah. Contohnya dengan menulis ulang topic yang kita baca atau dengar. Berjalan kaki dan berolahraga pun bisa meningkatkan kemampuan daya piker kita lho. Oksigen yang kita hirup akan dibawa darah ke otak yang bisa meningkatkan daya fokus. 


Kebiasaan agar otak jadi lebih sehat

Selain hal diatas tentu masih ada banyak hal yang dibahas dalam buku ini. Untuk mengembangkan potensi diri, menambah wawasan tentang gaya hidup yang baik buku ini layak dikoleksi. Kalau kalian mau baca, saya pernah lihat di i-Perpusnas online (aplikasi) monggo download~ baca e-book secara legal euy!


Kalau kamu sudah baca buku ini belum? Punya rekomendasi buku detektif yang bgaus? Kasih tahu di komentar ya!

You Might Also Like

18 komentar

  1. Waaah.. Aku belum baca buku ini :( penasaran dari dulu.. Hehe.. Thanks Afii sharingnya :)

    BalasHapus
  2. Ini bukunya mbak Monica Anggen yg blogger itu juga ya. Kelihatan menarik isi bukunya... :D

    Oiya, itu bukunya baru atau udah cetakan lama ya mbak?
    Biasanya klo cetakan beberapa tahun ke belakang, suka agak susah carinya huhuhuuu

    BalasHapus
  3. Sama saya juga pernah ketemu Mbak Monica dan suami nya tapi baru tahu ini salah satu buku karyanya. Hehehe...
    Mau ikut baca juga ah.

    BalasHapus
  4. klo baca buku yang ala ala sherlock, suka gemas sendiri karena jadi penasaran seperti apa endingnya, enaknya buku ini bisa download gratis

    BalasHapus
  5. makasih reviewnya, belum baca nih

    BalasHapus
  6. 5w+1h modal banget deh untuk mengungkap semua ya. Makasih reviewnya kak.

    BalasHapus
  7. Ini jenis buku How To berarti ya. Karena ada Sherlock Holmes-nya, awalnya kukira novel. Penting banget nih dibaca buat emak-emak kayak aku. Mengasah otak yang udah mulai tumpul. :D

    BalasHapus
  8. Kalau saya sendiri kesulitan menikmati buku detektif, lebih suka nonton filmnya, tapi kalau baca ulasannya ini bukan novel kan mbak, tapi "alasa" kenapa sherlock bisa memecahkan kasus, jadi buku ini mnegajaka pembaca untuk mengetahui dan menerapkan cara berpikir sherlock

    BalasHapus
  9. Idenya keren ya, mengajak pembaca berpikir kaya Sherlock.
    Bikin penasaran nih

    BalasHapus
  10. Kukira tadinya ini novel...liat judulnya. Aku belum pernah baca buku ini. Nanti ta cari2 di toko buku.

    BalasHapus
  11. wah bukunya mbak Monica ya..saya belum baca yang ini. Bacanya yang novel Mencintaimu Bersamamu

    BalasHapus
  12. Wah... untuk buku ini belum pernah baca. Sepertinya keren nih isinya. Belajar bgmn berpikir ala sherlock homesh

    BalasHapus
  13. Dulu waktu jaman sekolah saya suka baca buku yg bertema detektif gini , seru y buat asah otak.

    BalasHapus
  14. Wah menarik ya buku mba Monica, aku se grup sama beliau nih, pengen beli deh

    BalasHapus
  15. metode deduktif ala sherlok holmes memang menirk dipelajari, seru kalo liat di serial aktornya benedict, penarikan kesimpulan dari keadaan umum ke khusus

    BalasHapus
  16. Kalau buku detektif aku jarang baca mba, tapi kalau yg berbau fantasi. Awwww, jangan ditanya sukanya kayak apa hehehe

    BalasHapus
  17. nah yang nyangka buku ini buku detektif, bukan loh, itu untuk tips tips menarik "life hacks" sehari-hari. Bagus banget bukunya mba monica anggen ini.

    BalasHapus
  18. Wah aku belum baca kemarin pas ke gramed juga liat buku ini ada dijajaran best seller jadi penasaran pengen beli deh

    BalasHapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)