Pengalaman Kirim Paket dengan Alfatrex

Sabtu, Juni 22, 2019

Assalamualaikum, wah nggak kerasa ya liburan sekolah udah di depan mata. Apa ada yang mau pulang kampung? Kalau aku kayaknya pingin jalan-jalan di kota aja. Oh iya, apa kalian ikutan promo e-commerce sebelum mudik kemarin? Atau sempat kesulitan kirim barang/parcell karena jasa pengiriman barang sudah kelewat penuh? Tahu nggak kalau kita juga bisa kirim barang dengan Alfatrex.

Udah ada yang kenal sama Alfatrex belum? Alfatrex adalah jasa pengiriman barang lewat jaringan ritel terbesar dan tersebar di seluruh Indonesia yakni Alfamart, Alfamidi juga Dan-Dan. Kerennya lagi total ritel Alfamart mencapai 13.500 (2018). Selain mudah ditemui, ada beragam layanan yang ditawarkan seperti RGS (Regular Service), NDS (Next Day Service) dan SDS (Same Day Service). Kita juga bisa memilih bagaimana kita akan mengambil paket, ke rumah atau di Alfamart/Alfamidi atau Dan-Dan.

Nah kebetulan aku baru coba Alfatrex, ternyata nggak ribet kok. Selain bisa diakses via website, kamu bisa mendownload aplikasi Alfatrex di App store dan Google play. Aku saranin download aja biar lebih mudah untuk melacak paket kita.
tampilan website dan aplikasi Alfatrex
Untuk mengirim lewat Alfatrex kita harus punya kode booking karena hal itu yang pertama ditanyakan pegawai Alfa-nya. "Alfatrex? Sudah punya kode bookingnya?" Untuk mendapatkan kode tersebut kita harus punya akun di Alfatrex, caranya mudah kok, dengan alamat email lalu verifikasi layaknya membuat akun sosmed.

Di aplikasinya kita bisa cek tarif, jenis produk dan servis. Baca aja dulu terus tentuin mau pakai servis yang sesuai keinginan danbudget. Kita bisa kirim barang dari toko ke rumah dan kalau kamu nggak mau ketahuan rang rumah atau paketnya dititipin ke tetangga bisa pilih kirim dari toko ke toko. Nanti pasti dapat info dari toko kalau paketnya sudah sampai dan bisa diambil. 

Untuk saat ini belum semua Alfa bisa mengirim dan menerima paket, cek di Drop Store untuk menncari Alfatrex disekitarmu (jangan lupa nyalakan GPS-nya yaa) Kemarin aku pilih servis Store to door (toko ke rumah) dan NDS (Next Day Servie).

Sudah menentuukan jenis servis? Lanjut ke Kirim Sekarang dan pilih servis. Langkah kedua isi datamu dan data penerima dengan lengkap. Kalau salah atau nggak lengkap nanti berabe..
Kirim Sekarang dengan Alfatrex!
Jangan lupa isi keterangan data paket, kemarin aku lupa isi dan gaga klikl lanjut. Data paket yang harus diisi adalah berat dan ukuran paket (panjang, lebar dan tinggi paketnya) kemudian pilih produk, baru deh kamu bisa klik Lanjut!

isi data dengan lengkap

isi dengan lengkap
Check-recheck lagi datamu, data penerima dan tarifnya. Kalau sudah 100% yakin, Lanjut! Kamu akan dapat kode bookingnya! Kode bookingnya juga akan diberikan lewat email yang digunakan saat registrasi. Biar nggak panik bisa di screenshoot, atau cetak label yang nanti akan muncul label pengiriman yang bisa disimpan dan ditunjukkan ke petugas toko.

kode bookingnya ku-blur yak
Pas di Alfamart kemarin paketku sudah diukur di rumah. Beberapa Alfamart/Mii kita bisa minta dipackaging lho (biasanya dengan kardus) 

kertas struknya
Untuk melacak keberadaan paket, selain menggunakan nomor AWB, kita juga bisa cek di kolom pengiriman. Klik lihat Detail kemudian Status Pengiriman Terakhir. Dan aku kaget, NDS beneran sampai esok harinya! 

Sekarang lebih mudah kalau mau kirim paket seperti sembako, hadiah, parcel dan lainnya karena ada Alfatrex yang siap mengirim kebaikan untuk semua! Kalau ada yang mau ditanyain,monggo tulis di kolom komentar ya.

Semoga postingan ini bermanfaat, Happy weekend!

You Might Also Like

17 komentar

  1. kira - kira kalau di pakai kirim barang ke Papua mahal nggak ongkosnya?
    ane kok belum pernah coba Sob ...
    langganan ane biasanya JNE, Pos atau Tiki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa cek di web/app Alfatrex dimana drop store terdekat kok, kalau biayanya kayaknya ga beda jauh gan

      Hapus
  2. Daku kemarin paket lewat alfatrex nggak menyangka loh cepet sampainya besok, dan packingnya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditempatku belum bisa minta dipacking, mungkin kalo yg Alfamidi bisa ya?

      Hapus
  3. Wah aku baru dengar nih alfatrex, ntar cari info ah, semga ada yang dekat sama rumah, alternaif lain buat kirim paket

    BalasHapus
  4. pengirimannya gampang dan mudah banget ya kak. jadibisa sampai tepat waktu barangnya dan pesanan bisa diterima dengan baik. semoga ada di Pontianak akh, biar gampang kirim barangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada Alfamidi biasanya bisa kak 😄

      Hapus
  5. Wah, semakin dimudahkan belanja di Alfamart ya, ada paket kirimnya juga. Tinggal duduk manis di rumah :)

    BalasHapus
  6. Waaah, pengalaman baru nih. Boleh juga dicobain ya Mba. Secara jauh loket ekspedisi. Ini sangat membantu sekali

    BalasHapus
  7. Aku kemarin liat stiker/tempelan tentang ini di alfa, tp blm tanya2 lebih lanjut, penasaran sih pgn coba juga, biar ga usah jauh2 ke JNE hehhe

    BalasHapus
  8. Hah, jadi barangnya bisa dikirim titipkan ke toko dekat alamat tujuan penerimaan barang? Wah, berarti pemilik toko Alfamart kudu punya gudang tersendiri di tokonya untuk jadi tempat penitipan barang dong?

    BalasHapus
  9. Wah mantab nih skrg kirim palet makin deket dong. Secara alfamart depan rumah. Harus donlot dulu aplikasinya ya?

    BalasHapus
  10. Eh keren ini, aku jd bisa kirim kirim kebutuhan ortuku 😍 BTW kdg jaringan alfa suka off yah huhu tp semoga dg peningkatan pelayanan jasa pengiriman begini jadi lbh sering online ya hehe

    BalasHapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)