travel

Hotel Simpang Lima, Penginapan Murah di Semarang

Sabtu, Juli 06, 2019

Hotel Murah di Simpang Lima, memangnya ada? Simpang Lima di Semarang bisa dibilang pusatnya kota dimana ada mall Citraland, plaza Simpang Lima dan jajanan kekinian di lapangan Pancasila yang selalu ramai di malam hari. Hotel Simpang Lima, namanya yang mainstream bikin aku mikir kalau hotel ini bakal mahal, ternyata hotel ini juga membuka kamar AR dengan harga yang terjangkau, kemungkinan harga kamar lainnya nggak beda jauh kan? Dan akhirnya kami menginaap di Hotel Simpang Lima.
Hotel Simpang Lima
Mudik kemarin kami lebih sering berkelana dengan taksi online, nggak tahu kenapa susah banget cari hotel ini di aplikasinya, akhirnya pilih tempat lain (Bank Kesejahteraan) yang terletak persis di sebelah gedungnya. Yang bikin bingung, beberapa driver taksi online asli Semarang nggak ngeh kalau gedung itu hotel. 


 “Saya baru tahu ada hotel di sini”


Lokasinya cukup strategis tapi karena bangunannya tertutup pohon besar jadi tulisan hotelnya ketutup, kah? Nggak bisa dipungkiri juga karena sebelum jadi hotel gedung ini adalah GKPRI (Gabungan Koperasi Republik Indonesia), jadi dari luar terlihat seperti kantor. Memasuki lobby, kesan jadul 2000-an menyapa, kesan wah jaman dulu gitu.

hotel murah, semarang
lobby Hotel Simpang Lima
Di meja resepsionis sudah terpampang detil harga dan jenis kamar di Hotel Simpang Lima. Menurutku harganya murah untuk hotel bintang 2 di tengah kota.

daftar harga kamar

Sebelum yakin dengan pilihan kamar kita diajak untuk memilih jenis kamar. Koridornya bersih namun tidak ber-AC, buatku nggak masalah karena aku nggak nongkrong di koridor ala anak sekolahan. Karena nggak ada AC area koridor dan luar kamar pengunjung jadi smoking area. Bau asap rokoknya bikin aku berasa di terminal chuy… bomat lah, wong tidur di kamar.

koridor

.
Hal yang disayangkan, beberapa kamar tidak punya pencahayaan yang baik jadi bikin kamar itu bau pengap dengan udara lembab atau sumuk. Masih ada jendela, tapi cahayanya tidak masuk pas ke kamar. Inget harganya yang murah aja yak, jangan minta banyak. Intinya kami menyewa kamar deluxe. 


Check in jam 2 siang dan check out maksimal jam 1 siang. Enaknya, kita boleh titip bawaan sambil menunggu jam check in. ngacir dulu untuk mnaksi ke Gelael, jalan kaki sedikit udah ada mall-bahagianya… (etapi kalau keseringan boros yak)


Saat masuk kamar, hidung kami disambut dengan pewangi ruangan yang kebanyakan, bikin hidung gatal sangking semerbaknya. Kamar mandi di dalam dengan penerangan remang-remang (nilai bagusnya, nggak lama-lama di kamar mandi) kloset duduk, shower dan air panas yang masih bekerja. Yang disayangkan.. kenapa kamar mandinya nggak disemprot juga? Karena bau pengap (???) huhuhu, akhirnya semprot pakai parfum sendiri~ peralatan mandi seperti handuk, sikat gigi, sabun dan odol juga sudah disediakan.

.

Furnitur kayunya memang kokoh, untuk per kasurnya cukup berisik. Menurutku spreinya tidak diganti karena aku mencium bau rokok di sarung bantalnya. Kalau aku tinggal timpa baju/kerudung yang bersih aja, karena memang udah capek poll untuk minta ganti sprei sama room service. 


Saat AC-nya dinyalakan juga tidak langsung dingin, mungkin sekitar 5-7 menit suhu kamar jadi dingin. Aku lupa foto, kamar ini juga ada TV-nya dan channelnya bisa dihitung jari. Yang bikin gedeg adalah.. karena letak kamarku dibagian belakang, sinyal internetnya hilang timbul, dua provider K.O.. harus keluar kamar demi nyari tiket kereta =_=) ternyata ada wifi tapi saying hanya bisa digunakan di lobby.


Di hotel ini ada pelayanan laundry tapi karena aku Cuma nginap semalam jadi nggak tanyain harga dan paketnya. Selain itu tidak ada sarapan tapi ada kantinnya yang menjual makanan sejagat raya Indonesia aseperti mie instan. Tapi kalau aku pribadi mending cari makan di luar~


Karena check-out paling lambat jam 1 siang, kita bisa shalat dzuhur dulu. Berlokasi di tempat strategis dan harga yang budget friendly, dengan kekurangan yang ada di atas (kurang bersih, sinyal nggak stabil, bau rokok di luar kamar, susah dicari di aplikasi taksi online) menurutku masih nyaman kalau kamu tipe yang suka berkelana (nggak stay in the room all day) mungkin hotel ini bisa jadi pilihan untuk bermalam di Semarang. Kalau bisa pesan yang di AR deh, karena sudah pasti ada wifi-nya di dalam kamar dan lebih resik. 


Semoga postingan ini bermanfaat ya, selamat berakhir pekan!

You Might Also Like

21 komentar

  1. Cocok nih buat saya yg hanya numpang tidur, mandi dkk saja. Hahahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, cocok buat para backpacker juga

      Hapus
  2. wah kalau spreinya gak dibersihkan agak parno juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, apalagi kalau bawa anak-anak, was-was ya mba

      Hapus
  3. jangan harap hotel bintang 2 bisa menikmati fasilitas super lengkap kayak dihotel bintang 4. tapi cocok buat solo traveler karena hemat dikantong dan numpang nginep doang. yang penting kamarnya menurut saya sudah nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dar, kalo kepepet dan cuma sebentar (1-2 malam) ke Semarang tempat ini masih enak buat nginep

      Hapus
  4. view dindingnya unik, warna warni....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mungkin biar ada kesan kekinian yak 😁

      Hapus
  5. wah mantap juga hotel ini, murah dan fasilitas nyaman juga sepertinya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas, cuma kurang bersih aja. Kalo cuek kayak aku gapapa hehehe

      Hapus
  6. Menurut saya juga kalau buat numpang tidur tak begitu masalah ya sebanding dengan harga hehehe. Soal kurang bersih, saya malah suka nyapu dan buangin sampahnya di depan para pegawai lho... Hahaha
    Istilah di Sunda "nyungkun" kalau merasa mereka akan malu sendiri gitu

    BalasHapus
  7. Kayaknya harga sesuailah ama ama fasilitas yah. Tapi kalo lagi hoki dapat aja yang bagus dan murah. Lagi diskon banget. Makanya pilah pilih banget kalo aku.

    BalasHapus
  8. Hotelnya unik, penuh warna-warni gitu. Kalau di simpang 5 Semarang ini bisa dibilang strategis bgt, kemana2 jadi ga begitu sulit apalagi kulineran

    BalasHapus
  9. Dengan harga segitu, ya lumayanlah ya. Yang penting bisa tidur hehe..Cuma ya kalo sprei bekas orang lain gak diganti dari phak hotel ya agak gimana juga gitu ya.. :)

    BalasHapus
  10. jadi inget jalan jalan ke semarang tahun lalu belum pada ditulis padahal banyak wisata kuliner, tempat wisata yang bisa direview

    BalasHapus
  11. Wah, lumayan nyaman ya kamarnya. Dan persis seperti kamar rumahan. Betah kayak di rumah ya nginep di sini.

    BalasHapus
  12. Feels like home nih jadi bakalan betah nginep selama liburan nih.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Jadi teringat tahun 2009 dinas ke semarang aku nginap di hotel simpang lima itu. Asli aku suka kenyamanannya. Dan kualitas pelayanannya. Tapi lupa aku nama hotelnya.

    BalasHapus
  15. Kayanya emang lebih cocok buat numpang rebahan sebentar sama mandi ya

    BalasHapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)