lomba blog

Selalu CEK KLIK Sebelum Belanja, yuk!

Kamis, September 19, 2019


Saat makan siang di rumah makan, saya mendengar pembicaraan ibu-ibu tentang suplemen untuk diet. Ibu 1 yang tertarik membacakan testimoni yang ‘wah’ dengan semangat, kemudian ibu 2 menanyakan pertanyaan yang ada di kepala saya.

            “Udah ada di POM belum, tuh?”

Ibu 1 diam sejenak, mungkin sibuk mencari informasi di smartphone-nya. Sambil makan saya mendengar, “Belum, tapi katanya pakai bahan alami. Pasti aman lah!” kemudian ia lanjut membacakan testimoni suplemen bergebu-gebu. 

Dari obrolan ini saya paham kalau ada orang yang sadar akan keamanan suatu produk seperti obat, kosmetik dan makanan ada juga orang yang masa bodo tentang hal tersebut. Bahkan banyak yang tidak memedulikan bahaya dari kandungan yang ada pada produk yang belum punya izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). 

aplikasi Cek BPOM
Mulai dari cemilan, makanan / minuman instan, obat tradisional, suplemen, sampai kosmetika yang ada di pasaran belum terjamin keamanannya. Contohnya cemilan permen di bawah ini, ternyata izin edarnya sudah dicabut pihak POM karena mengandung pewarna tekstil. Pastikan untuk #BelanjaAman untuk kesehatan keluarga.
 
PERMEN KACAMATA
Itu baru cemilan, contoh lain misalnya obat tradisional. Kamu pernah melihat obat tradisional yang asing namanya? Atau kemasannya terlihat kurang meyakinkan (tulisan / gambar buram) apalagi tidak menyamtumkan nomor BPOM di kemasannya, lebih baik urungkan niat membelinya ya.

Saya pernah dengar cerita tetangga yang punya kenalannya mencoba jamu yang membuat rasa sakit di tubuhnya hilang namun ia sering mual. Saat menghentikan konsumsi jamu tersebut mualnya hilang.
Obat tradisional yang mengandung bahan kimia
Yang pemerintah takutkan kalau ada orang yang asal membelikan obat untuknya atau keluarganya karena lebih murah tanpa diketahui keamanannya malah membuat sakit tambah parah. Pada tahun 2017 lalu saya ikut acara Aksi Peduli Kosmetik Aman dan Obat Tradisional Bebas Bahan Kimia yang diadakan BPOM, makanya saya lebih awas sebelum membeli kosmetika dan obat-obatan.

kosmetika yang mengandung bahan kimia berbahaya
Tidak hanya makanan dan obat, membeli dan memakai kosmetika pun harus hati-hati, karena konsumennya dari remaja sampai orang tua. Banyak orang yang menggunakan krim pemutih atau obat jerawat yang tidak memiliki izin edar yang ternyata mengandung merkuri yang sangat berbahaya pada tubuh.

Di tahun 2011 lalu sempat booming kisah konsumen yang wajahnya memerah, gatal, breakout parah sampai ada yang keguguran karena menggunakan krim yang mengandung merkuri. Mungkin mereka tergiur akan hasil yang cepat tanpa tahu apa saja kandungan pada krim tersebut. Hal ini menyadarkan masyarakat untuk menjadi konsumen yang pintar – jangan mudah tergiur harga, rasa dan janji di kemasan.

Beberapa saat lalu saya melihat postingan teman-teman narablog yang hadir di acara seminar yang diadakan BPOM, saat itu BPOM mengajak masyarakat untuk CEK KLIK sebelum membeli suatu produk. Bukan ceklik foto, CEK KLIK adalah singakatan dari “Cek Kemasan, Label, Izin edar, Kedaluarsa”

Di acara 2 tahun silam pun juga dibahas KLIK ini, sekarang BPOM punya aplikasi yang bisa diunduh di smartphone kita yakni Cek BPOM untuk mencari tahu izin edar suatu produk sebelum dibeli atau konsumsi.  #AyoCelKlik 😃

aplikasi CEK BPOM
Kita bisa mencari dengan merek atau nomor BPOM yang tertera. Karena penasaran saya mencoba cek kosmetika lokal yang sedang naik daun – Implora lip cream. Saya copy dan paste nomor POM-nya ada Alhamdulillah ada. Terus saya jadi kepo, bagaimana dengan produk Implora lainnya? 

Ternyata ada beberapa produk Implora seperti bedak, foundation dan eyeshadow ang dicabut atau diatrik pabrik. Yang harus diingat, jangan malas cek nomor POM karena suatu saat izin edar bisa dicabut pihak POM. 

beberapa produk Implora yang izin edarnya dicabut
Saat membeli makanan, obat dan kosmetika kita juga harus cek kemasan, kalau sudah penyok atau ada bagian yang sudah terbuka lebih baik minta tukar sebelum dibeli atau dipakai. Sebagai konsumen kita pun harus rajin cek tanggal kedaluwarsa makanan, obat dan kosmetika. Entah di toko kelontong, mini market, supermarket, apotek dan toko online. 

Kadang penjual menurunkan harga sebuah produk yang tanggal kedaluwarsanya tinggal sebentar lagi, makanya pastikan untuk bertanya sebelum membeli, ya!

            “Kak, expired sampe kapan?” – konsumen ke Mimin online shop.

Yuk kita biasakan untuk #Cek KLIK sebelum belanja dari sekarang dan jadi konsumen yang pintar!

You Might Also Like

19 komentar

  1. Iya juga seh, sebenarnya penting bangat cek klik . Cuma pada kenyataannya untuk sekadar melihat tgl kadaluarsa saja jarang, apalagi melihat BPOM nya.kurang aware dan edukasi kebanyakan konsumen dan memang sebagian besar kurang peduli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanyamas, bisa dimulai mulai dari diri sendiri dan ajak orang terdekat untuk lebih teliti sebelum beli produk :)

      Hapus
  2. Saya sudah lama paham ini secara dulu bekerja jadi analis mikrobiologi tapi sedikit sekali konsumen yang kurang paham jadi banyak kejadian yang seperti dituliskan di artikel ini.

    Padahal sebenarnya kalau kita aware dengan paham adanya cek klik insyallah nggak akan ada banyak kasus yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, Alhamdulillah sekarang ada aplikasinya, jadi lebih mudah untuk ceknya

      Hapus
  3. Masih banyak masyarakat yang bersikap bodo amat ya mba.

    Yuk jadi konsumen bijak dengan Cek Klik , mau download aplikasi BPOM jug akh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedihnya begitu, padahal dampaknya ke mereka sendiri ya. Kuy lah dijadikan kebiasaan untuk Cek KLIK!

      Hapus
  4. Yaps, sy sangat sepakat dengan konten ini. Berapapun harganya, dimana pun belanjanya, apalagi terkait dengan pemakaian pribadi, harus di cek BPOM-nya. Ini harus dilakukan demi kenyamanan dan keamanan kita juga. Thanks buat infonya Kak

    BalasHapus
  5. bisa nyoba minta istri cek ini untuk beberapa produk yang mengkhawatirkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Instalin aplikasi BPOM nya mas, pake WiFi hehe

      Hapus
  6. Baru tau semudah kalau ada cara semudah itu, wajar sih mbak aku jarang belanja hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih teliti pas beli obat / makanan instan mas

      Hapus
  7. Saya kalau beli barang atau makanan selalu cek bahan dan kadarluasanya, dengan aplikasi ini bisa membantu sekali ih untuk cek keamanan barang atau makanan yang udah kita beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lebih nyaman pakai aplikasinya daripada cek website hehe

      Hapus
  8. Enak ya konsumen skrg bisa cek kualitas makanan yang mau dibeli pakai apps dari bpom langsung. Jadi nggak bakalan lagi tuh salah beli makanan yg udah kadaluwarsa lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya biasanya cek BPOM kalau beli kosmetika atau obat, terus langsung tanya ke seller kapan kedaluwarsanya

      Hapus
  9. I never do this after the million Times, suka jajan-jajan kadang sampe lupa cek, yang dicek cuma tanggal kadaluarsanya aja, Sabi nih abis ini download

    BalasHapus
  10. Aku sering banget sih mba cek Klik terutama utk tanggal kadaluarsa dan keutuhan kemasan. Mengingat kesehatan itu penting jadi kudu cermat. Tapi kalau izin edar sih jarang bgt 😅

    BalasHapus
  11. Waduh saya banget nih sering kepincut produk diskonan, padahal bisa jadi itu trik jual barang yg dekat kedaluarsa ya

    BalasHapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)