lomba blog

Peran penting website dalam bisnis online

Jumat, September 27, 2019

Beberapa saat lalu saya membaca sebuah thread di Twitter yang enceritakan usaha toko bangunan keluarganya yang sepi. Padahal harga yang ditawarkan 11-12 dengan toko lainnya, netizen pun memberikan banyak masukan dan hampir semuanya menanyakan hal ini pada penulis thread,

            “Udah coba online belum, kak?” dan jawabannya “Belum”

Hal ini membuat saya sadar kalau sekarang bisnis apapun harus diikuti dengan eksistensinya di internet. Mulai dari yang sederhana seperti email, WhatsApp, sosmed dan website. Seperti apotek dekat rumah saya yang juga menerima pembelian via WhatsApp yang nantinya diantar ke rumah si pembeli.  


source: depression-signs.top

Sekarang jamannya online, mencari pom bensin, restoran, toko bangunan, jasa reparasi semua lewat internet. Dari anak-anak sampai orang tua sering mencari informasi di halaman pencarian Google termasuk informasi produk dan jasa via internet ketimbang bertanya pada teman, saudara atau tetangga. Seharusnya pelaku usaha sadar akan kesempatan ini, namun hanya sedikit dari pelaku usaha yang memiliki website. 

Banyaknya netizen yang menyarankan penulis thread tersebut untuk mengembangkan usahanya secara online. Beberapa dari mereka sering mengatakana “Sekarang ritel online mulai dilirik banyak calon pembeli, kak” ada yang menyarankan untuk gabung di e-commerce, memiliki website dan akun di sosmed untuk meningkatkan awareness dan mendapatkan calon pelanggan dari Sabang sampai Merauke, bahkan luar negeri! lalu peran website pada bisnis online apa?



source; medium


Dengan Website, usaha kita mudah ditemukan

Bagaimana bisa pengrajin batik punya pelanggan dari luar Jawa bahkan luar negeri? Mereka menemukan website sang pengrajin yang terdapat di halaman pencarian. Dengan memiliki sebuah website kita bisa menjangkau pasar lebih luas dan lebih mudah memperkenalkan catalog produk beserta harganya juga kontak untuk dihubungi atau alamat yang bisa dikunjungi. 

Bayangkan kalau ke toko offline, kita harus menyusuri pasar swalayan atau pasar tradisional mencari toko yang menjual produk yang harganya sesuai dompet. Belum bertanya pada pegawai toko, kadang menunggu mereka dari jam istirahat. Untuk mencari produk keinginan harus menunggu pegawai mencari di gudang, lebih apes lagi ternyata stok habis. Tenaga dan waktu terbuang sia-sia deh.. 

Dengan website, pemilik usaha terlihat lebih profesional

Sebuah usaha yang punya website sendiri terlihat lebih profesional dan ‘niat’ untuk memasarkan produk atau jasanya. Dengan mengikuti majunya jaman yang serba digital bisa memudahkan calon pelanggan untuk mencari informasi tentang produk dan jasa sekaligus menumbuhkan rasa percaya mereka untuk bertransaksi denganmu. 

Usaha akan berjalan Non-Stop via website


financialexpress

Berbeda dengan toko offline yang memiliki batas jam operasional, calon pembeli masih bisa datang dan mencari produk saat tengah malam, dini hari atau hari libur. Karena website bisa diakses kapanpun, cek stok dan order pun bisa dilakukan saat itu juga tanpa keluar uang bensin dan melewati kemacetan.  

Dengan website, biaya operasional lebih minim

Perubahan kebiasaan belanja di masyarakat terlihat jelas mulai dari mall atau supermarket yang tidak seramai 10 tahun yang lalu. Sekarang banyak kios tutup, ruko sepi pengunjung sampai supermarket yang tutup menjadi bukti bahwa bisnis online melibas pasar offline. 


source; tirto.id

Dengan bisnis online kita tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat, tagihan keamanan / kebersihan, gaji pegawai sampai biaya promosi seperti brosur dan spanduk. 

Lalu kenapa masih banyak pemilik usaha belum punya website untuk sahanya sendiri? Saya sempat ngobrol dengan pemilik jasa jahit baju dekat tempat saya tinggal. Beliau cerita sering promo lewat grup whatsapp. Bukan dapat jawaban, saya malah dikasih pertanyaan..

            “Mba tempatnya belum ada di google nih, nggak pingin bikin IG atau website?”
            “Lho, whatsapp kan nyambung di internet mba?”

Hmm, iya juga yaa... Tapi ada kalanya beberapa medsos tidak bisa diakses atau sering disebut down seperti yang kerap terjadi di facebook, instagram, whatsapp. Saat medsos down, calon pelanggan masih bisa mengakses website, mencari info tentang produk dan mencari alternatif kontak pemilik usaha. 

Banyak dari pemilik usaha yang masih awam dengan website, beberapa dari mereka takut kena tipu saat transaksi, takut tidak dapat bimbingan saat membuat website (beli tapi tidak bisa menggunakannya) sampai takut tidak bisa handle gangguan teknis seperti server down, website lambat dan lainnya.

Tapi kalau takut  terus kapan majunya, kan? sebelum saya menekuni menjadi narablog, banyak teman-teman narablog yang menyarankan beli domain dan hosting Indonesia yang terpercaya. Yang terpercaya tuh yang seperti apa? 

Yang memiliki pelayanan live chat, telepon juga whatsapp yang bisa dihubungi setiap saat, jadi kalau ada apa-apa atau bingung soal teknis kita bisa kontak lewat fitur live chat. Kedua yakni menyediakan jaminan uang kembali jika terjadi apa-apa, terus terang dengan jaminan seperti ini kita lebih percaya dengan kinerja sebuah usaha kan? Seperti di Qwords.

Produknya beragam mulai dari domain, hosting sampai SSL. Untuk pemula bisa memulai dengan memiliki domain. Domain adalah alamat website, agar website kita lebih mudah ditemukan di halaman pencarian internet, gunakan kata kunci yang sesuai dengan usahanya. Contihnya seperti produk-nama brand-lokasi. 

Agar data website lebih aman, pemilik usaha juga disarankan untuk punya hosting pada web-nya. Perumpamaannya domain adalah alamat rumah, hosting adalah perabotannya. Atau bisa dibilang data dalam website tersebut seperti gambar, audio, video, dokumen (brosur). 

Di Qwords kita bisa cek jenis produk yang sesuai dengan budget, jika ingin konsultasi lewat live chat kita hanya perlu menggunakan email saja kok. 

Memulai memang paling susah, tapi lebih baik susah di awal daripada menyesal di akhir. Yuk kembangkan bisnis kita selaras dengan revolusi industri 4.0 Indonesia!

You Might Also Like

15 komentar

  1. Setuju mb... dengan website, usaha kita menjangkau dunia

    BalasHapus
  2. ngak ada lagi yang gratis hosting dari qwords ya mbak, saya terlambat lho, salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sering ada promo mas, pantengin sosmednya aja 😃 salam kenal juga🙏

      Hapus
  3. Bener deh, sekarang ini bisnis apa aja semakin banyak yang online. Karena bisa menjangkau lebih banyak customer, mudah dikenal di dunia maya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lebih kelihatan serius dengan bisnisnya juga yaa

      Hapus
  4. Secara pribadi, sy sudah merasakan mudahnya berbisnis melalui website. Apalagi revolusi industri 4.0 yang kian marak memenuhi jagad bisnis di Indonesia. Sy rasa, apa yang ditawarkan Qwords cukup menarik untuk dicoba. Apalagi bergaransi,,,

    Makasih infonya kak,salam kenal ^^

    BalasHapus
  5. Gak heran jaman digital banyak toko pada tutup. Karena beralih ke bisnis online. Berbisnis melalui website setidaknya lebih terpercaya dibanding hanya sosial biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lebih menghemat waktu juga dengan maraknya bisnis online

      Hapus
  6. Zaman sekarang, emang ini website penting banget. Aku pengen coba sih, tp msh takut hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, rata-rata pemula jualan lewat sosmed ketimbang website

      Hapus
  7. Setuju banget, Mbak. Saya termasuk orang yang lebih suka belanja online ketimbang belanja langsung. Rasanya lebih praktis dan efisien. Nggak perlu repot keluar masuk toko untuk membandingkan harga.

    BalasHapus
  8. Saya banget ini, lebih suka belanja online karena lebih ringkes dan praktis.. terus kalau lagi membandingkan harga juga enak sih gak capek jalan nya hehehe

    BalasHapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)