event

Soft Pastels Art Starter Kit dari faber Castell, Mewarnai dengan Teknik yang Unik!

Selasa, November 12, 2019


Siapa yang punya hobi menggambar atau mewarnai? Dulu saya hobi menggambar tapi karena kesibukan lebih milih membaca. Sampai saya melihat karya teman semasa SMP di instagramnya yakni gambar pemandangan bikin saya berdecak kagum. Kemudian saya DM

            “Wah, sekarang gambar pemandangan?”
            “Iya, ngilangin stress, nih!”

Tahu kan, dengan menggambar dan mewarnai bisa mengurangi tekanan pada pikiran? Kita bisa melakukannya dengan pensil warna, spidol, cat air, cat minyak dan soft pastels. Mungkin banyak dari kita yang belum akrab dengan soft pastels, Alhamdulillah Sabtu kemarin saya dan teman-teman narablog berkesempatan hadir di workshop Soft Pastels bersama Faber Castells di faber Castells Botique yang berlokasi di Plaza Senayan.

Soft Pastels Art Workshop
Saya pribadi pernah lihat karrya soft pastels di sosmed seperti Pinterest. Awalnya saya piker soft pastels semacam krayon pada umumnya. Saat saya melihat Soft pastels secara langsung, yang muncul dipikiran saya adalah..

Faber Castell Soft Pastels
            “Warnanya sedikit ya? Gimana bikin gradasi warnanya nanti?”
            Maklum namanya juga orang awam, hehehe

Workshop dibuka dengan mba Hani yang memperkenalkan sekilas sejarah Faber castell. Faber Castell usinyanya nggak nanggung-nanggung, 250 tahun lebih. Makanya kalau soal pensil warna dari saya SD nggak bisa pindah ke merk lain, kualitas pensilnya yang nggak gampang patah, warnanya keluar. 

Faber Castell yang akrab di masyarakat adalah pensil 2B (untuk ujian) dan pensil warnanya. Tapi tahu nggak kalau ada 3 grade dari produk brand ini? Merah untuk anak-anak, biru dan hijau untuk orang dewasa. Apa yang bikin beda? Ketahanan dan pigmentasi warna. Ketahanan warna pada produk yang berwarna biru bisa bertahan sampai puluhan tahun, sedangkan untuk produknya yang didominasi warna hijau bisa tahan sampai seratus tahun. 


Soft pastels yang digunakan pada workshop ini terdiri dari 24 warna yang punya pigmentasi yang mentereng. Dalam paket Soft pastels Art Starter Kit Faber Castell ini kita mendapatkan perlengkapan menggambarnya seperti:
Soft Pastels Art Starter Kit
Soft Pastels 24 warna
Pastel art paper
Eraser pencil with brush
Eraser
Kneadable eraser
Stencil 

Saat itu ada mba Yuni yang menunjukan cara menggunakan soft pastel dan mencampur/blend warnanya. Nggak cuma saya, ada yang takut salah hehe. Tapi kami diingatkan untuk tidak takut membuat kesalahan dalam mewarnai. Apalagi yang ingin menghilangkan stress, jangan terlalu dipikirin, ka nada penghapusnya hihi

Di luar negeri seperti Jepang, Korea, Singapura menggemari membuat karya dengan soft pastels. Keunggulan dari Soft Pastels Faber Castells adalah

  1. Pastel ini kering dan lembut teksturnya. Berbeda dengan krayon yang punya lapisan lilin.
  2. Warnanya cemerlang
  3. Cocok untuk pemula
  4. Ideal untuk menggambar dengan spontan
  5. Bisa dihapus dengan jari, kain, paper wiper atau sikat pastel 

Cara menggunakan Soft Pastels bisa lihat video dibawah ini
 
Mewarnai langsung dengan jari, menurut saya ini unik. Kita bisa menentukan muda atau tuanya warna dengan tekanan jari sendiri, tidak perlu gonta ganti pastel. Awalnya warna gambar saya terlalu soft, akhirnya tambah warna yang lebih tua biar kelihatan dari jauh hahaha. 

hasil punyaku
Menggunakan penghapusnya pun belum biasa, tapi kami senenang banget bisa buat domba, bulan dan bintang dari penghapusnya. 

Walaupun soft pastels ini punya grade creative studio bukan berarti anak-anak nggak bisa menggunakannya. Boleh banget! Asal dipantau agar warnanya tidak berantakan. 

hasil karya menggunakan soft pastels Faber Castell
Kalian bisa membeli Soft Pastels Faber Castells ini diFaber Castell Store atau akun Faber Castell di e-commerce. Kedepannya semoga kita bisa menemukan oft Pastels kit ini di seluruh Gramedia, ya!

Semoga postingan ini informative dan bermanfaat ya!

You Might Also Like

10 komentar

  1. iiih pengeeen duuh mahal ini pastinyaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitasnya terjamin bun~ ga gampang patah 👍

      Hapus
  2. wah merek ini memang sudah etrkenal walau harganya itu mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diimbangi sama kualitas warna dan ga gampang patah, untuk jangka panjang worth it banged~

      Hapus
  3. Asyik ya kalau pakai soft pastel ini bisa dihapus dengan mudah. Biasanya anak-anak kalau mewarnai suka kasar. Mau hapus susah, akhirnya ganti kertas baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi ga was-was kalau salah warna yaa

      Hapus
  4. Cantik banget gambarnyaaaa... Ohya anakku juga pake nih buat kelas menggambarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu banyak dibantu mentornya 😆 terima kasih mbaa! Wah, mba udah pakai belum?

      Hapus
  5. Hasil warnanya cakep banget, kalau untuk anak2ku pasti cocok banget nih,apalagi mereka selalu mewarnai diluar jalur jadi mudah dihapus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sering keluar garis kalau mewarnai hihi

      Hapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)