digimart

Situs Freelancer Indonesia Untuk Semua!

Selasa, Februari 25, 2020

Apa ada diantara kalian yang gemar baca komik online dari Webtoon? Selain bisa menghemat kocek, rak buku pun nggak menyempit. Salah satu komik Webtoon favorit saya adalah Pak Guru Inyong, cerita dan ilustrasi yang kental akan kehidupan di Indonesia dan cukup terkenal karena gambar yang lucu dan cerita yang menyentuh hati juga membuat ketawa pembaca. 
webtoon Pak Guru Inyong
Tokoh utamanya tentu saja Pak Inyong, ia bekerja seb guru honorer di SMP di desanya. Ia punya impian untuk lulus CPNS karena gagal beberapa kali. Perjalanan sebagai guru, menghadapi murid yang beragam watak, teman guru juga lingkungan rumah yang mejikuhibiniu. 
pak Inyong dan impiannya

murid-muridnya
Kendalanya adalah pendapatan sebagai guru honorer pak Inyong kurang memadai. Kadang ada kebutuhan tak terduga, ada yang ‘minjem’ dan lain-lain. Untuk mendukung kejidupannya, kadang Pak Inyong menyambi bekerja jadi desain grafis. Seperti membuat poster atau iklan di lingkungannya. 

Tapi hidup tidak semulus lantai keramik, kadang pekerjaan pak Inyong dimintai potongan ‘harga teman’ yang bikin pembaca mengelus dada. Yang punya usaha atau bekerja sebagai freelancer pasti pernah mengalami hal ini. (senyum kecut)

Saat ini makin banyak orang yang menyambi menjadi freelancer di waktu luang. Mulai dari pegawai yang mencari pendapatan tambahan, mahasiswa dan pelajar pun banyak yang menjadi freelancer untuk mendapatkan pengalaman dan uang jajan tambahan. Nggak mereka aja, bahkan ibu rumah tangga pun ada yang bekerja menjadi freelancer. Kan lumayan buat beli skincare, hehehe

Kenapa jadi freelancer?

Bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun

Tidak perlu terpaku dengan jam dan pakaian kantor. Kita bisa menyesuaikan dengan aktifitas, makanya banyak freelancer banyak yang mengerjakan tugas di café, food court, perpustakaan sampai halaman belakang. 

Bekerja sesuai skill

Lulusan sastra bekerja di bank, lulusan pertanian bekerja di tempat kursus. Salahkah? Tentu tidak. Namun kadang perlu beberapa waktu untuk belajar dari 0 tentang jobdesk dan belum tentu langsung bisa menyesuaikan diri. Keuntungan pekerja lepas adalah memilih pekerjaan yang dikuasai dan diminati. 

Kerja mobile 

Kemudahan dari teknologi yakni lapop atau tablet yang ringkas plus internet bahkan modal smartphone ber-kuota pun para pekerja lepas bisa bekerja dimana saja. Ada rekan narablog yang saya kenal, ia bisa membuat postingan di smartphonenya saat terjebak kemacetan di busway, atau saat perjalanan dalam KRL bahkan saat antre di puskesmas. 

Melatih disiplin 

Kalau bekerja di kantor, kita terpaksa untuk menyelesaikan tugas. Kadang jadi tertekan karena lingkungan yang tidak mendukung mood, bukannya lancar malah tugas berantakan. Kalau freelancer harus punya sifat disiplin karena kita sendiri bos-nya.

Cari kerjaan di internet

Selain mencari informasi, kenalan sampai jualan, internet adalah tempat yang serba ada. Begitu juga pekerjaan untuk job hunter termasuk freelancer. 

Tapi mencari job untuk freelancer tidak semudah mengedipkan mata. Kalau cari-cari di situs lowongan kerja umumnya harnya menemukan sedikit hasil untuk freelancer. Untungnya sekarang sudah ada situs freelancer Indonesia yakni Digimart.co.id 
 
digimart.co.id
Jadi website ini adalah marketplace produk dan jasa digital mulai dari desain grafis, digital marketing, script dan pemrograman, kepenulisan, terjemahan dan lainnya yang bisa dikerjakan secara digital, bukan fotografer atau model ya. 

Di situs freelancer Indonesia seperti digimart kita bisa menjadi pencari dan penyedia jasa. Cara membuat akunnya juga sangat mudah, register dengan email dan verifikasi, done! Kita bisa memilih menjadi penjual jasa atau pencari jasa.

Mungkin ada yang nanya, “Aman nggak?”

Semua jasa dan produk yang ada di website ini sudah melewati tahap seleksi dari tim Digimart. Untuk lebih aman, seperti kalian belanja di marketplace, pilihlah penjual jasa atau produk yang memiliki rating yang bagus. Selain itu jangan lupa membaca deskripsi sebelum membeli, untuk menghindari miskomunikasi.

Sebagai freelancer juga bisa menjual jasanya seperti desain logo, animasi, artikel dan lainnya. Dengan menuliskan deskripsi jasa dengan jelas. Digimart berkomitmen jika transaksi dan pemesanan sudah selesai pembayaran akan diteruskan ke penjual. 

Oh iya, kita bisa transaksi dengan gopay, transfer bank, kartu kredit sampai paypal. 

Daripada kinerja kita dinego dengan dalih “harga teman” dan merugi di akhir bulan, freelancer Indonesia bisa cari yang pasti di Digimart!

You Might Also Like

29 komentar

  1. Layak dicoba nih, bisa jadi salah satu pintu rejeki kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, saya juga pingin coba.. mayan buat pulsa 😁

      Hapus
  2. Boleh juga nih..ada wadah tuk para freelancer mencari peluang pekerjaan. Makasih infonya, ya.

    BalasHapus
  3. sebagai pengabdi rebahan, menjadi freelancer adalah pilihan terbaik. Thanks sharingnya kak, info ini bermanfaat banget pokoknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku yg di kota kecil juga terbantu dengan adanya loker untuk freelancer 😊

      Hapus
  4. Iya tuuuuh... "Harga teman" memang sering bikin pengen nabok. Apanya yang teman kalp sukanya nodong gitu. ABtw, aku langsung cek ke digimart nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kalau lagi pms terus denger orang ngomong gitu rasanya mau sleding dagunya 😑

      Hapus
  5. Saya sudah hampir 15 tahun jadi freelance, Mbak. Waktu memang fleksibel dna bisa kerja di mana saja. Tapi ahrus giat mencari peluang. Dan keren nih, ada situsnya. Jadi para freelance bisa mencari peluang juga di sana ya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren mas! Enaknya freelance bisa mantau keluarga lebih mudah ya. Semoga bermanfaat infonya

      Hapus
  6. Artikel yang informatif nih Mbak Annafi... senang ya ada opsi pekerjaan menjadi freelancer. Profesi masa depan nih kayaknya, waktu luang bs lebih banyak ya daripada jadi ASN seperti saya huhuu.. tapi teteup bersyukur sih hihi... Nice info Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua ada enak dan nggak enaknya mba 😄 yg penting bersyukur ☺️

      Hapus
  7. Boleh juga nih dicoba untuk join ke digimart. Jadi freelancer harus rajin-rajin ikutan berbagai platform yang menyediakan kesempatan untuk unjuk karya sebagai freelancer sesuai kemampuan ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi lebih mudah cari loker ketimbang ubekin situs loker umumnya

      Hapus
  8. Wah makasih udah ngasih info situs freelancer.. jadi freelancer itu memang menyenangkan karena fleksibel ya, tapi ya gitu deh bahaya kalo gak konsisten, gak punya penghasilan tetap seperti kantoran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, harus konsisten karena body-nya freelancer ya mereka sendiri

      Hapus
  9. wah informatif banget nih ka, aku aja baru tahu nih berkat blog kk.
    bentar aku kulik2 websitenya ah

    BalasHapus
  10. Bagus ini pengen nyoba ah

    BalasHapus
  11. Jadi pengen langsung coba, udah pernah denger soal digimart, tapi nggak ngeh itu apaan he..he...😁

    BalasHapus
  12. Wah informasi di akhir artikelnya sangat membantu, saya pikir sampai akhir tulisan akan bercerita mengenai Webtoon series :)
    Penasaran dan kepingin gabung di situs freelancer ini deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba biar ga boring, sekaligus ajak temen-temen dukung komik Indonesia!

      Hapus
  13. Tengkyu kak untuk infonya, karena aku juga selalu menunggu kesempatan untuk bekerja itu menjadi ASN aja hihi, pengalaman 5 tahun menjadi karyawan swasta d manufacture udah cukup sih buatku wkwk. Layak dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak, sukses selalu buat kita!

      Hapus
  14. Catet duluu :D. Pertengahan THN ini aku resign soalnya, jd mungkin mau cari kerjaan lepas dr sini.. niat sih mau fokus Ama anak2, tp ga ada salahnya sesekali ngerjain sesuatu supaya akunya sendiri ga bosen :D. Ntr aku mau liat2 juga jenis kerjaan yg mungkin cocok di aku mba

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!