soap

Mengobati Kulit Biduran Secara Alami

Senin, Juli 20, 2020

Beberapa waktu lalu nggak tahu apa penyebabnya, saat mau tidur aku ngerasa kaki gatal banget. Rasa ngantuk hilang menjadi bΓͺte, tadinya aku pakai bedak herocyn tapi gatalnya malah menyebar. Nggak salah lagi, ini biduran. 
Obat alami biduran
Source halodoc


Dikutip dari website Halodoc, biduran adalah reaksi kulit yang menimbulkan bilur berwarna merah/putih dengan rasa gatal. Awalnya muncul di satu bagian tubuh namun bisa menyebar ke bagian lain. Dan biduran ini bisa berlangsung sebentar saya atau bahkan sampai berminggu-minggu. 


Hal yang menyebabkan biduran pun beragam, dan aku nggak bisa menebak dengan tepat. Beberapa penyebab biduran adalah


  1. Faktor cuaca (udara panas atau dingin)
  2. Alergi bahan latex atau bulu binatang
  3. Alergi makanan (kacang seafood, coklat, telur dll
  4. Mengkonsumsi zat adiktif (pemanis, pengawet atau penguat rasa)
  5. Digigit serangga 


Aku belum pernah tes alergi sebelumnya, mengingat ibuku punya alergi terhadap beberapa makanan mungkin aku juga ada alergi. Karena masih pandemic dan wilayahku belum aman, aku nggak ke klinik atau rumah sakit dulu.


Jadi ngobatin bidurannya gimana? Aku nurut kata ibuku yakni dengan minum air kelapa. 
Obat biduran dengan air kelapa
Sumber pinterest


Kandungan elektrolit dan ion dalam air kelapa bisa membantu proses detoksfikasi pada tubuh. Jadi racun yang ada di tubuh dikeluarkan secara alami. 


Alasan ibuku menganjurkan mengobati biduran secara alami karena kami mencoba mengurangi konsumsi  obat kimia, takutknya malah kasih efek negative kalau tidak dibarengi konsultasi dokter. 


Aku minum air kelapa 2 kali sehari selama seminggu. Awal minum air kelapa, badanku jadi gatal semua, badan sumeng. Awalnya aku protes


“Kok malah parah begini?”

“racunnya dikeluarin secara alami, dek. Enjoy aja.” (ibuku selow orangnya) 


Selain dengan air kelapa, aku juga ganti sabun dengan Asepso Antiseptic soap.  Pernah baca di forum yang membahas gatal-gatal di kulit badan dan banyak yang rekomen sabun ini. 

Sabun gatal asepso, sabun asepso antiseptik obati kulit gatal
Sabun asepso antiseptik

Sebelumnya aku pernah review Asepso Sulphur untuk mengobati jerawat dan hasilnya lumayan. Akhirnya aku beli di minimarket seharga 7.500. 


Sabun Asepso Antiseptic ini berwarna hijau tua dengan wangi khas antiseptic yang memiliki klaim:
Keterangan sabun asepso

  1. Menghilangkan kotoran dan melindungi kulit dari kuman
  2. Dengan formulasi anti mikroba ganda yang memberikan perlindungan maksimal terhadap kuman.
  3. Aman digunakan setiap hari. 


Does it work? 


Aku nggak tahu ini efek air kelapa atau sabun asepso-nya atau gabungan keduanya, setelah 3 hari rasa gatal-gatal berkurang pelan tapi pasti. Setelah hari ke 7 bintik-bintik pun nggak kelihatan lagi. 


Alhamdulilah, bidurannya sembuh. 


Karena sampai sekarang belum tahu pasti penyebab bidurannya, (dan belum merasa aman untuk ke rumah sakit) aku mengurangi jumlah makanan yang mengandung zat adiktif atau yang memacu alergi sampai mengurangi main sama kucing liar di depan rumah. karena mencegah lebih baik dari mengobati. 


Semoga postingan ini informative dan bermanfaat! Buat yang udah mampir, sehat selalu, ya!



You Might Also Like

26 komentar

  1. Aku sering banget kayak gini! Badan tiba-tiba bentol tanpa sebab, aku kira digigit serangga ternyata biduran ya.. Ada sabunnya juga ya, biasanya aku kasih minyak kayu putih soalnya wkwkw sotoy banget ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di satu tempat aja gatalnya mungkin digigit serangga kak, awalnya aku juga pake minyak kayu putih sama lotion caladin tapi gak mempan huhu

      Hapus
  2. Aku juga pernah nih biduran sampai agak bengkak, obatnya cuma minum air kelapa terus istirahat, jangan digaruk biar nggak lecet. Alhamdulillah sekarang udah nggak pernah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, Alhamdulillah sembuh dengan air kelapa ya (jadi doyan juga euy) paling stres kalo gatal di telapak tangan dan kaki. Ga ngaruh kalau digaruk

      Hapus
  3. Aku beberapa minggu laiu juga biduran sepertinya. Gatel parah ngeri banget liat kulit sendiri. Kalau aku langsung timpa obat aja πŸ˜„ di rumah kebetulan ada CTM siang kena. Besok paginya udah sembuh. Jangan sampe deh kena lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas biduran keadaan belum meyakinkan buat ke klinik jadi yg alami aja hehe. Bener, jangan sampe kena lagi

      Hapus
  4. Saya mengalami gatal dan bentol di seluruh badan, sampai ke wajah. Dan minum air kelapa muda itu beneran terasa khasiatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sembuh ya mba 😊

      Hapus
  5. Tahun lalu anak pertamaku juga biduran. entah biduran atau reaksi alergi. KArena hampir seluruh badan yan bentuknya lebar-lebar. Saat itu mu dikasih asepso masih ragu, karena usia masih 6+.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mba Niken kasih apa buat ngobati bidurannya?

      Hapus
  6. Sabun Asepso ini "legend" yaa, udah dari dulu dan terus bertahan. Btw kalau soal biduran di web luar suka baca sarannya dikompres pakai larutan oatmeal gitu, tapi di sini enggak begitu lazim, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipercaya sejak doeloe yaa. Iya saya sempat baca juga, masalahnya gatalnya nyaris seluruh badan πŸ˜…

      Hapus
  7. Sabun asepso ini sudah terkenal sejak dulu kala ya untuk manfaat antiseptiknya, plus khasiat air kelapa yang alami juga memang bagus untuk tubuh. Jadi, nambah ilmu nih how to handle kalo kena biduran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya mba πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  8. Rekomended nih mbak infonya, pas kebetulan saudaraku juga ada yang kena biduran. Jadi bisa daku infokan kepadanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat dan cepat sembuh untuk saudaranya ya mbaa, aamiin

      Hapus
  9. Air kelapa tuh manfaatnya emang banyak banget ya. Aku baru tau kalo biduran juga bisa hilang dengan air kelapa.. masya Allah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga tahunya karena kena biduran hehe

      Hapus
  10. Masya Allah, suamiku lg serign bgt nih begini, tiba-tiba bentol gt dan gatal, alhamdulillah jd jarang sejak ganti sabunnya kutus-kutus kak yang tanamu tanami :) mungkin nanti coba jg yg asepso ini lebih terjangkau hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin faktor cuaca ya mba? Lagi panas banget soalnya. Aku baru tahu sabun kutus-kutus mba, mau coba cari ah~ siapa tahu cocok juga

      Hapus
  11. para orangtua selalu menganjurkan untuk minum air kelapa, dan sebagian besar ada yang ngefek juga. dan sabun ijo juga ada yang bilang cocok juga
    kalau sabun ijo kayaknya aku nggak sering sering, seperti bikin kulit kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabun ijo? Maksudnya asepso ya ka? Iya, memang bikin kulit jadi kering, harus pake lotion setelahnya

      Hapus
  12. Puji Tuhan aku belum pernah biduran mbak, tp aku sering liat orang2 biduran, duh ga ngebayangin pasti gatel banget ya itu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampe deh mba, ngga enak banget soalnya. Sehat-sehat terus yaa buat kita

      Hapus
  13. Di keluargaku, adik aku yang suka biduran kayak gini. Alhasil cari obat kimia. Biasanya sih kalo udara dingin, mulai deh. Kasian juga. Thanks infonya. Tak suruh minum air kelapa aja. Salam kenal ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga 😊

      Sebenarnya kalau dapat dari dokter dan cocok gapapa pake obat kimia, kamerin belum berani aja periksa. Semoga adiknya cepat sembuh yaa

      Hapus

Jangan pake link ya, terimakasih!