Review

Review Titi Watercolor, Cat Air Untuk Pemula

Selasa, Juli 07, 2020

Cat air Titi ini jadi pilihanku sedari banyaknya merk cat air yang lain. Semenjak WFH aku dilanda kebosanan maksimal, sampai aku nonton video tentang watercolor pencils tutorial, karena yang kupunya Faber castell watercolor pencils (dari jaman SD lagi wkwk) 

Cat air titi, titi watercolor
Review Titi Watercolor

Titi watercolor yang ini punya 12 warna. Sebenarnya Titi watercolor ini punya 2 jenis yakni yang tube dan pan. Alasan kenapa milih yang tube karena beberapa art youtuber yang kutonton bilang kalau pigmentasi cat air tube biasanya lebih baik ketimbang yang pan. 
Watercolor pan Titi

titi cat air, titi watercolor
Tit watercolor 12 tube

Kekurangan cat air tube adalah nggak travel friendly. Nah karena cuma di rumah aja dan aku benar-benar masih pemula,  akhirnya sudah bulat tekadku beli ini. 


Harga cat air Titi 12 warna ini sekitar 23 ribuan, aku beli di toko online oren. Fyi untuk Titi watercolor pan harganya sekitar 30k. Titi watercolor tube ini ada yang 12 warna, 18 warna dan 24 warna. Brand Titi ini adeknya Joyko, bisa dibilang Titi ini student / hobbyist grade, apalagi non-toxic (Sertifikasi tidak beracun:CE (Europe) & AP (America), Bahan Baku: Arabia Gum,Gliserin, Pigmen warna.  Jadi  amandipakai buat anak-anak.


.

1 tube isinya 6 ml, cocok buatku yang mau belajar nge-mix warna. Awalnya aku mau beli yang warnanya 18 warna tapi mengingat cat air itu bisa di mix untuk mendapatkan warna lainnya.  


Aku nyontek nge-mix warna cat air dari ini. walaupun beda merek, tapi sama aja~
Sumber pinterest

Titi watercolor 12 colors swatches 


Warna-warna Titi watercolor

Hasil aku campur warna, maaf masih newbie gan… 

Amburadul

Cat airnya bertekstur creamy dan enak digunakannya. Jangan lupa ditutup rapat biar cat airnya nggak kering. Oh iya cat air ini walaupun kering di pan dibiarkan dalam suhu ruang masih bisa dipakai kalau ditetesin air. Menurutku bakal lama bisa abisinnya. 


Apa ada kekurangannya? ada. Hasil setelah cat airnya kering, warnanya tidak segonjreng saat masih basah, jadi aku akalin untuk me-retouch sampai warnanya sesuai yang kumau. 


Selain itu, cat air ini hasil akhirnya kadang chalky kadang tidak. Biasanya kalau warnanya terlalu tebal jadinya chalky. Tapi mengingat harganya aku nggak ambil pusing. 

Hasil pakai cat air Titi

Dan dalam paket penjualan yang tube ini tidak termasuk kuas. Kalau merk lain dengan harga yang mirip sudah ada kuasnya. Untung aku udah ada kuas di rumah hehe~ 


Semoga postingan ini bermanfaat, apa kalian pernah berkreasi dengan cat air sebelumnya? Atau punya hobi baru saat pandemic ini? cerita ya!

You Might Also Like

92 komentar

  1. Mau tanya itu kertas yang di gunakan buat tes jenis apa? warnanya gonjreng juga. Boleh di coba nih merek Titi.


    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kertas khusus watercolor mas, ada teksturnya. Monggo dicoba mas

      Hapus
  2. Jadi keinget waktu SD, pakai merk Titi aja udah ngerasa wow hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi yang warnanya banyak ya mba 😁

      Hapus
  3. wah ternyata titi punya cat air juga ya, aku kira cm ada spidol dan krayonnya mbak. xixixi
    boleh lah dicoba cat air merek titi, bagus juga ya

    BalasHapus
  4. aku pakai juga dirumah kalo lagimain cat warna sama anak kak, buat aktifitas di rumah biar gak bosen ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekalian melatih kesabaran hehew

      Hapus
  5. aku sampe sekarang masih suka gambar buat ngilangin penat hehe
    seru jg sih apalagi kayak titi ini buat pemula ok bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, selain pemandangan aku suka gambar makanan juga biar ga penat

      Hapus
  6. Hasil sebagus itu masa dibilang newbie hehe. Pengen banget deh bisa mix-mix warna gitu, trus kalao ngewarnain hasilnya bagus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg gagalnya kan ga saya foto, bejibun~ coba kuy main cat air!

      Hapus
  7. Wah. Terima kasih review nya, Mbak.
    Kayaknya cocok nih aku belikan ini untuk balitaku. Dengan harga segitu, Mamah jadi gak ambil pusing kalau watercolor-nya hancur dalam waktu singkat. Hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha bener juga tuh Mba, aku mikirnya kalo minat main cat airnya ilang ya ga rugi banget karena murah 😁

      Hapus
  8. Hasilnya bagus banget itu. Lebih rapuh juga kayanya kalau buat anak-anak pake yang model pen gitu. Di banding yang pake kuas. Di rumah juga ada yang pake kuas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pan tetep pakai kuas mba πŸ˜„

      Hapus
  9. Waah jadi inget punya watercolor cake di rumah. Tapi selama pandemi belum aku sentuh nih mbak. Aku punyanya Simbalion, setipe kok sama Titi. Harganya juga terjangkau buat pemula. Btw hasilnya cakep mbak. Kalau aku paling suka bikin galaxy atau milky way.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sempat galau antara titi, giotto, v+tro, faber Castell dan simbalion. Pingin murah dan pigmented~ aku malah gatot lho bikin galaxy

      Hapus
  10. oh ada yaa macam ini, hehehe bagguuus warna-warnanya :)

    BalasHapus
  11. wah aku sebenarnay juga pingin belajar melukis tapi aku orangnay gak bs belajar online hrs ada org yang ngajarinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini efek sangking bosannya di rumah mba πŸ˜…

      Hapus
  12. Belum pernah nyoba cat airnya Titi, nanti kalau udah bebas melipir ah cari ke toko atk. Anakku udah sering minta beliin cat air juga, tfs mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya Titi gampang dicari lho πŸ˜„ sama-sama mbaa

      Hapus
  13. Katanya yang pan itu rekomendasi untuk anak-anak usia dibawah 5 tahun ya Mba. Aku vari yang tipe begitu tapi susah dicari deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk umurnya aku kurang tahu, mungkin biar ga beleber kemana-mana ya catnya. Iya ya, banyak yang jual versi tube kalau di atk

      Hapus
  14. Wow, terima kasih Mbak. Saya blom coba cat air Titi, yang pernah merek lain. Kalau pakai crayon anak-anakku selalu pilih Titi, warnanya banyak, recomended dan hasil gambarnya jadi bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa crayonnya juga bagus dan enak dipakainya πŸ˜€

      Hapus
  15. kalau aman gini bisa juga beli buat anak ku ni kak, dia suka banget coret2 sapa tau dengan ini makin terarah

    BalasHapus
  16. Jadinya bagus mba gambarnya, ih pinter gambar mba kamu keren hehehe aku ga bisa gambar. Ini direkomin untuk pulas cat air ke keponakan oke banget nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbaa, yg gagalnya ga kufoto dan bejibun~ buat hadiah juga oke~

      Hapus
  17. Waah boleh nih kakak, anakku suka mewarnai. Nah dirumah sudah Ada tuh cat air yg tube Abu Abu kecil itu tapi cepet kering yah, dan warnanya gak aktual klo Kaya Saya mah.harga juga terjangkau yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg gitar bukan mba? Aku dulu pernah coba dan memang warnanya ga sama dengan dalam tube πŸ˜…

      Hapus
  18. ampe skrg anakku juga paka merek Titi ini.tp crayon biasa, yang ini belum nyoba.warnanya keren2 ya

    BalasHapus
  19. Aku pernah beli ini juga buat anakku. Pake kertas yg khusus cat air gitu, yg ada teksturnya di permukaan kertas .Karena warnanya kalau kering itu jadi lenih turun gak sepakat waktu basah ,jadinya sama anakku ditebelin sampai beneran tebel dan kertasnya jadi berat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyaa, kadang kalau kebanyakan jadi berat kertasnya πŸ˜‚ tapi memang pas pertama kering warnanya tipis, jadi pingin di layer terus

      Hapus
  20. anakku pakai Titi Watercolor juga nih saat ujian sbdp kemarin, hasilnya emang mulus dan bagus

    BalasHapus
  21. Whuaaa jd keinget jaman masih sekolah dasar dulu, rasanya gaul bgt kalo pake pewarna Titi πŸ˜† dulu pewarna ini paling hits krn hasilnya selalu bagus buat mewarnai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyq dulu pas punya crayon Titi yg 36 rasanya keren gitu πŸ˜…

      Hapus
  22. Jago ngelukis ya mba, emg lebih praktis dan gampang pake yg pan apalagi buat anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak mba masih masa coba-coba πŸ˜„ kalo mau lukis di luar emang enakan yg pan juga

      Hapus
  23. Pas baca judulnya, wah ini mah pasti bagus nih merek Titi, soalnya crayonnya aja bagus banget (gara-gara Ponakan pakai, haha jadi tahu), apalagi cat warnanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata pada kenal Titi dari crayon yaa πŸ˜„

      Hapus
    2. Iyak, soalnya memang bagus. Apalagi ini kan cat airnya, jadi lebih terjamin kan kualitasnya

      Hapus
  24. Aku pernah nih beliin anak-anak cat air Titi ini... Tapii belum pernah dipakai *tutup muka*. Mereka kayak masih lebih nyaman pakai alat warna lainnya gitu. Boleh juga nih ya dicobain lagi, biar makin banyak eksplorasi alat-alat yang bervariasi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa mba, aku juga ada soft pastel yg belum kupake karena belum biasa, kalo minat pasti dipakee~

      Hapus
  25. Wah, ternyata bukan cuma aku yang hunting peralatan menggambar selama WFHπŸ˜‚. Beneran deh, menggambar dan mewarnai (melukis juga) bisa jadi healing time dan bisa jadi pengisi waktu luang kalo lagi bosen di rumah. Apalagi pas WFH kan cuma mantengin film/drama/yutup/podcast, pasti suntuk banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah samaan kita πŸ˜„ aku juga lagi demen dengerin podcast selama wfh hehe

      Hapus
  26. cakepnya. aku punya cat air udah lama ga aku pake. karena aku ternyata ga bisa ngegambar wakakakaka....
    oh titi nih adenya joyko ya. joyko cukup kenal sih aku. besok besok coba kenalan sama titi ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ga bisa gambar mba, ini hasil berkali-kali nyoba wkwk. Wes monggo dicoba~

      Hapus
  27. jadi ingat, pernah beberapa waktu lalu pernah beli cat air tapi belum kepake juga nih. rencananya mau main ama anak tapi lupa mulu :D
    itu color mix nya kece deh yaaa, besok mau coba juga ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kadang saya juga nggak main cat air sama sekali wkwk makasih mba, monggo dicoba

      Hapus
  28. Cakep ya hasilnya, beda sama cat air biasa hehe. Btw bisa buat anak juga kan ya? Soalnya anakku lagi suka painting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba, klaimnya nggak beracun kok

      Hapus
  29. Saya abru ngeh ada cat air Titi, Mbak. Mungkin juga karena di toko langganan saya belum ada hehehe. Soalnya krucil saya pakai pensil warna dan krayonnya. saya suka warna-warnanya yang cerah dan memang pas untuk anak-anak.
    Boleh nih, dicoba buat krucil saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin jarang yg cari cat air juga mas. Monggo dicoba mas

      Hapus
  30. Oh ya kak, Titi Watercolor nya aman untuk anak usia berapa ya. Kebetulan aku punya ponakan usia 23 bulan nih.

    Tapi ngomong ngomong, ordernya bisa beli dimana nih ? Soalnya aku juga belum familiar sama cat merk ini, tapi hasil mewarnai nya bagus deh warna nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk 23 bulan mungkin coba crayon dulu Mba, sekaligus melatih motorik anak.

      Aku di syopi mbaa

      Hapus
  31. Warnanya bagus deh Mba. Ga ngejreng gitu malah terbilang kalem ya warnanya. Soft gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau sudah kering warnanya jadi soft 😊

      Hapus
  32. Bisa melukis gambar dengan indah dan menarik dengan cat air titi. Selain itu pula bisa menghasilkan uang dari menjual hasil karya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah harus banyak latihan kayaknya kalo mau jualan 😊 aamiin

      Hapus
  33. ATK dari TITI khususnya crayon udah pernah aku coba semasa di bangku sekolah, tapi untuk water colour belum nih. Tapi emang kualitasnya bagus yaa Titi watercolour cat air ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo dicoba kaa.. aku main cat air baru sekarang hihi

      Hapus
  34. Ponakan saya Azzam juga suka dengan pinsil warna dan krayon dari TITI, kebetulan kemarin habis beli juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah banyak yang pakai Titi ya ternyata 😁

      Hapus
  35. Kalau dengar brand Titi ini aku teringat sama produk krayon nya yg legend itu. Baru tau punya cat air juga. Warnanya oke bgt. Apalagi hasil lukisannya😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi makasih banyak mba 😍 buat beginner ini cukup bagus kok

      Hapus
  36. Eh ada ya Titi cat air, selama ini nemunya cuma krayonnya, bagus juga nih untuk dicoba, makasih reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cat akrilik nya juga ada kayaknya 😁 sama-sama mba

      Hapus
  37. Anakku udah lama nih gak pegang cat air... menarik juga ya buat nambah2 kegiatan selama di rumah aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, daripada streaming film terus hehe

      Hapus
  38. Waah Titi ada cat warna juga ya. Udah bertahan lama lho ini merk Titi. Sejak anak sulungku dulu menggunakan crayonnya. Nah untuk anak keduaku misal butuh cat air juga selain krayon, bisa kupilihin Titi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, buat anak-anak kualitasnya bagus dan harganya juga cucok di kantong~

      Hapus
  39. Rasanya sudah cukup lama gak gambar dengan cat air...ada empat tahunan...mungkin next kalau anak sudah agak gede dikit baru pakai cat air...sekarang karena gambar bareng anak jadi pakai spidol dan crayon dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah lama juga ya mba, yowes main sama spidol dan krayon dulu 😊

      Hapus
  40. Au dulu pengguna cat air bentuk tube seperti ini. Untuk kegiatan bareng anak-anak, tapi sekarang beralih ke yang lain

    BalasHapus
  41. Anakku pakai juga nih kak merk Titi ini. Cocok harganya dan kualitas nya sih. Walaupun gambarnya hasilnya masih ga jelas . Yang penting anak happy hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, biar anak-anak ga fokus sama gadget juga

      Hapus
  42. Cat air itu susah menyatu antar 2 warna, saya pas bantu anak awalnya pede, eh pas melukis ternyata hasilnya tidak sesuai keinginan. Jadi malu udah sesumbar kalau bisa melukis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya aku nyontek kak, awalnya warna campurannya butek dan gagal berkali-kali akhirnya hasilnya kelihatan enakan

      Hapus
  43. Apa aku doang yg ga pernah mainan cat air sama sekali hahaha, ga bisa gambar n mewarnai sama sekali aku, jd ga pernah berkutat sama kaya ginian. Btw, pandemi ini malah jd mengasah kreatifitas ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru sekarang sukanya πŸ˜… dulu ga tertarik sama watercolor wkwk. Iya nih mba, ngilangin bosan di rumah

      Hapus
  44. kalo inget titi, inget jaman sekolah dulu
    dan aku merasa kok nggak bakat melukis, kayak kurang estetik hahaha. padahal pengen banget bisa gambar bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ga bisa awalnya, coba-coba cari tutorial yg paling mudah dulu hehe

      Hapus
  45. selain warnanya cantik, variasinya juga banyak ya.. jadi praktis satu paket lengkap untuk menggambar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kak, apalagi harganya murah buat pemula

      Hapus

Jangan pake link ya, terimakasih!