lifestyle

Belajar Bahasa Inggris Online Saat Pandemi

Selasa, Februari 23, 2021

 Apa di sini ada yang suka baca komik Webtoon? Atau tahu drama Korea dengan judul "True Beauty"? Drama yang lagi naik daun ini diadaptasi dari Webtoon yang bisa dibaca dengan beragam bahasa termasuk bahasa Indonesia. 

Selama pandemi banyak dari kita yang dilanda rasa bosan (termasuk aku) biasanya mengisi waktu luang dengan nonton film, baca novel, komik dan ikutan webminar. Buat yang mengikuti alur film, novel atau komik.. ada yang suka hunting spoiler, nggak? Aku nggak sendiri kan? Tenang, aku tim kalem kalau dapat spoiler kok.

Kebanyakan spoiler film dan bacaan bisa didapatkan lebih mudah dengan bahasa Inggris. Biasanya setelah ada cuplikan dari bahasa asli, kita menunggu dengan sabar terjemahan ke bahasa Inggris. 

Biar lebih seru, kita ngobrol di kolom komentar dengan netizen tentang topik yang sesuai tontonan atau bacaan kesukaan. 

Selain melatih kemampuan bahasa Inggris dalam bentuk tulisan, bisa ngobrol tentang hal yang diminati.. kombinasi yang pas untuk isi waktu! 

Biar nggak bosan kita juga bisa mendalami skill atau mencari skill baru. Aku misalnya yang tahun lalu mulai suka melukis dengan cat air. Mencari tutorial sederhana untuk pemula dengan bahasa Indonesia masih sedikit, kalau menggunakan bahasa Inggris.. hasilnya banyak banget! 

Hasil cat airku

Memang alat penerjemah seperti Google translate membantu banget untuk memahami artikel, walaupun kadang berantakan tapi intinya kita ngerti kok. 

Tapi sampai sekarang belum ada tool untuk menerjemahkan bahasa dari video. Kadang ada content creator yang menambahkan subtitle, sayangnya masih sedikit. 

Karenanya, biar nggak ketergantungan dengan aplikasi, nggak ada salahnya untuk menekuni bahasa asing seperti bahasa Inggris. 

Bukan untuk mendobrak gengsi tapi paling tidak untuk memahami. Misalnya instruksi barang elektronik, tutorial membetulkan masalah smartphone, berita internasional, topik hits di sosmed dan hal-hal yang kita hadapi setiap harinya. 

Karena masih pandemi, kita bisa belajar bahasa Inggris online dulu. Ada banyak pilihan tapi aku rekomendasi di Lister.

Selain bahasa Inggris ada beragam bahasa lainnya seperti bahasa Arab, Itali, Jerman, Belanda, Jepang, Korea, Mandarin dan Spanyol.

Belajar bahasa asing di Lister

Untuk bahasa Inggris, nggak hanya belajar grammar atau conversation aja. Ada bahasa Inggris untuk anak, business English, English academic, pelatihan guru, IELTS, TOIEC, GRE, MAT, SAT preparation dan masih banyak lagi!

Kenapa belajar di Lister?

Kenapa belajar bahasa asing online di Lister

  • Pengajar yang profesional

Dengan pengajar yang punya jam terbang yang tinggi, cara penyampaian materi lebih seru dan mudah dimengerti. 

  • Fleksibel

Untuk jadwal bisa disesuaikan dengan peserta. Platform Lister juga bisa diakses kapanpun dimana pun lewat komputer, laptop atau smartphone. 

  • Teknologi

Cara belajar di Lister ini menggunakan teknologi tatap muka secara langsung dengan pengajar  dilakukan menggunakan aplikasi video conference. Jadi kalau ada yang kurang kita pahami bisa langsung tanya.

Apa itu aja? Nggak dong! Peserta bisa mengakses materi pelajaran selamanya via app. Jadi kita bisa mempelajari materi yang lalu kapan saja. 

Yang nggak biasa di Lister, kelas online direkam dan bisa kita tonton ulang. Jadi kalau ada materi yang kita lupa, bisa kita tonton lagi. 

Kalau ke kursus biasa, kita meleng sedikit nggak bisa reply. Asyiknya belajar online begini nih! 

Yuk semangat belajar bahasa Inggris (atau bahas asing lainnya) untuk kemajuan bangsa! Selain bisa belajar dari beragam budaya, gaya hidup dan perkembangan ekonomi atau teknologi, kita bisa membagikan informasi tentang kekayaan, keindahan dan budaya Indonesia agar lebih dikenal di mancanegara!

Semoga artikel ini bermanfaat!

You Might Also Like

52 komentar

  1. mba penggunaan lister ini hanya untuk orang dewasa saja kah ? pengen nyobain buat anakku usia 6 tahun, dia sdg kursus online bahasa inggris juga biar ada tambahan lagi dengan pakai lister ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk anak bisa kok mba, Monggo dicek web dan chat kontak nya. Di lister.co.id

      Hapus
  2. Seru juga ya bisa belajar online kayak gini dari rumah. Demen banget sama yang ginian. Bahasa yang ada, semua bahasa yang ingin saya pelajari 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Aku pingin belajar bahasa Arab mba hehe

      Hapus
  3. asyik banget nih belajar bahasa inggris online bisa akses materi via aplikasi, semua materi bisa diakses juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, selain itu bisa nonton lagi video belajar bareng sama pengajarnya. Biar ga lupa hehe

      Hapus
  4. Wah aku baru denger nih tentang Lister. Bagus banget menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin belajar bahasa Inggris tapi tetap fleksibel dengan waktu. Mumpung lagi pandemi gini dan apa-apa bisa online, tuntut ilmu sebanyak mungkin ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya jadi hemat di biaya transportasi juga yaa. Untung bisa diakses kapanpun dimana pun

      Hapus
  5. Wah membantu banget, apalagi di saat pandemi seperti sekarang, kalau tatap muka langsung kayaknya masih susah. Nah kalau online jadi lebih aman. Keren deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa tonton ulang juga video pas diskusinya. Mantep yaa

      Hapus
  6. Bener mba Anna pakai google translate suka tidak enak menurut tata bahasa Indonesia baik dan bener.

    Ya sudahlah lebih baik kita belajar bahasa Inggris online aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ketergantungan nanti kalau lagi ga megang gadget jadi gelagapan yà 😬

      Hapus
  7. Baru tahu nih tentang lister, biasanya kalau bahasa asing pakai duolingo atau google translate aja. Nanti mau coba install ah. Makasih ya mba

    BalasHapus
  8. Ok, saat ini waktunya upgrade skill balejar bahasa inggris nih. Eh aku baru tahu mengenai Lister ini mbak. Menarik

    BalasHapus
  9. ini bisa untuk anak ga mba?kalau bisa minimal usianya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk anak bisa tapi lebih jelasnya bisa kontak di nomor yg ada di websitenya mba 🙏

      Hapus
  10. wooo baru ngerti aku mba, btw terimakasih udah sharing, jadi kepo nih mba sama lister, langsung auto browsing

    BalasHapus
  11. Hihi ... Bener nih kalau di kelas offline, bengong dikit udah enggak bisa jawab soal. Belajar di Lister ada rekamannya ya.

    Ini kursusnya berkelompok atau privat? Mau kabarin ponakan, siapa tahu cocok buat Les bahasa online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan? Apalagi kalau kita ga konsen di kelas offline susah mau nanya ulang. Di Lister bisa ditonton ulang penjelasannya

      Hapus
  12. Aku kayaknya baru denger soal Lister ini kak. Betul banget pandemi gini dilanda bosan. Daripada habit mending produktif salah satunya belajar English online ya

    BalasHapus
  13. Hepi banget belajar di Lister ya mba, aku belum pernah belajar english online
    jadi kangen belajar lagi

    BalasHapus
  14. Aku langsung tertarik begitu lihat ada berbagai pilihan bahasa lainnya. Keren, jadi walaupun di rumah aja selama masa pandemi kita tetap bisa belajar sesuatu yaa

    BalasHapus
  15. dulu aku belajar di online dan chat skype, karena dulu belum banyak di indo yang ngadain online class gini..makin menarik ya belajar bahasa inggris sekarang metodenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi flashback jaman Skype. Iya, baru dengar kalau kelas online bisa direkam n tonton ulang

      Hapus
  16. Aku baru tau Lister ini. Lebih familiar sama brand edukasi online lainnya. Bisa jadi salah satu referensi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, aku juga baru tau akhir-akhir ini

      Hapus
  17. bersyukur sekali sekarang sudah dimudahkan belajar via online yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Alhamdulillah bisa nambah skill pas pandemi

      Hapus
  18. Bahasa Inggris penting banget dipelajari, meski ddari SD udah belajar karena bukan bahasa yang dipraktikkan sehari2 pasti ada lupanya yaa. Belajar bahasa Inggris di Lister ini recommended yahh, trus ada kelas buat anak-anaknya jg kan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku banget, speaking pasti terbata-bata huhuhu karena udah lama ga dipake

      Hapus
  19. Sekarang gampang ya belajar itu. Bisa online dan di mana aja. Apalagi bahasa Inggris nih penting banget. Keren Lister mampu mengikuti perkembangan zaman :)

    BalasHapus
  20. Lukisan cat air cakep amat . Bener sih terkadang aneh baca google translate mendingan kita translate pakai kemampuan diri kita sendiri . Ya kalau belum mampu dengan balajar bahasa Inggris apalagi sekarang ada kelas online

    BalasHapus
  21. Kadang kalau mengandalkan google translate, maknanya bisa berubah, jadi aneh gitu. Kalau belajar dari ahlinya nggak sekadar bahasa indonesia dijadikan bahasa inggris, banyak hal yg bisa dipelajari

    BalasHapus
  22. Kak, ini aman ngga yah digunkan untuk anak-anak? Kalau boleh, mulai umur berapa anak-anak bisa menggunakannya?

    BalasHapus
  23. wowo baru tau tentang lister. Aku dulu pernah juga kursus online dan seru sih. Coba deh aku cek webnya kali aja bisa buat anak-anak dimasa seperti ini pengen les yang terjangkau

    BalasHapus
  24. setuju mbak, google translate ini membantu disaat saat ga bisa mikir lancar akutuh hehehe
    aku baru denger Lister mba, aku kepo kepo dulu ah

    BalasHapus
  25. Aku baru denger Lister mbak. menarik juga sepertinya, aku langsung cusss ke websitenya.

    BalasHapus
  26. aku tetep butuh guru tatap muka aklau belajar bahasa, tapi belajar via online gini cukup untuk memperdalam listening aja sih

    BalasHapus
  27. Boleh juga nih kembali belajar Bahasa Inggris. Udah lama ga dipraktekin ya kemampuan berbahasanya, udah kagok hehehe... Sekitar berapaan sih biayanya?

    BalasHapus
  28. Lister ini kursus bahasa asing ya Mbak.. gak cm bahasa Inggris tetapi beragam bahasa lainnya ya, lengkap banget. Seru nih kayaknya apalagi pengajarnya adalah orang yang sudah punya jam terbang yang tinggi di bidang ini.

    BalasHapus
  29. Bahasa asing skr emang penting banget..minimal bajasa inggris yak..tahulah kalau segala pekerjaan syarat minimalnya bisa bahasa inggris

    BalasHapus
  30. Aku baru tau nih mengenai Lister ini dan rasanya pas banget ya saat ini untuk belajar bahasa inggris dan memperdalam skill lainnya lewat online.

    BalasHapus
  31. buat ningkatin skill di kala pandemi memang sangat tepat niy belajar bahasa inggris. saya suka buka-buka juga soal lister ini, banyak pilihan kalau mau kursus

    BalasHapus
  32. Makasih rekomendasinya ya..jadi ada pilihan lagi nih kalo mau kursus bahasa asing online. eh tapi ini bisa untuk semua umur kan ya? maksudnya bisa untuk anak-anak juga ga cuma dewasa?

    BalasHapus
  33. penasaran sama Lister ini, ada bahasa korea nya juga
    udah lama banget ga buka buku bahasa korea, bisa lupa nih

    BalasHapus
  34. Makasih ya kak infonya penting banget buat aku yang bahasa inggrisnya masih belepotan.

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!