Peran Gadget Dalam Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Jumat, November 05, 2021

Perjalanan suatu siang itu berawal dari voucher dengan tenggat waktu sehari saja. seruan ibuku yang menyayangkan batas waktu voucher di pagi hari “Sayang banget lho nggak dipakai, lumayan diskonnya. Kamu pergi ya, dek?” karena dilanda bosan aku pun menanggapinya. Jalan-jalan kurang dari dua jam yang membuatku sadar majunya teknologi dan manfaat gadget untuk beraktivitas. 


Mulai dari mencari alamat lewat google maps, aplikasi ini bisa dibuka lewat smartphone. Semasa sekolah aku mencoba G-Maps lewat komputer, sedikit norak mencari alamat rumah sendiri. Sekarang kita bisa mencari berbagai tempat seperti pom besnin, tempat belanja, apotek dan semacamnya. 


Memesan jasa transportasi, belanja keperluan sehari-hari, mengirimkan paket pun bisa dengan mudah lewat smartphone. Sambil menunggu Kang Ojol di teras rumah aku teringat dulu mencari ojek saja harus jalan ke luar komplek, belum proses nego harganya yang kadang lama.  


Sesampainya di tempat makan yang dituju, ada rak yang penuh dengan makanan ringan menyamput pelanggan di dekat pintu masuk. ‘Wah, bisa nih beli cemilan juga’ pikirku. Sebelumnya aku harus memesan makanan titipan ibu, karena sudah masuk makan siang kami harus mengantri, untungnya antrian tidak panjang. 


Daripada kebingungan memilih menu saat di depan kasir, aku terbiasa memotret jajaran menu sambil antri. Sekaligus memperkirakan pengeluaran, hihi.. Kemampuan kamera gadget zaman now juga munupuni. Kadang aku mengandalkan kamera ponsel untuk mencari angkot atau bus tujuan karena penglihatanku buruk. 


Dengan kamera ponsel aku tidak perlu bertanya nama menu atau bertanya ‘Itu angkot 64, bukan, mas?’ Dalam kurun waktu 10 tahun, teknologi sudah berkembang pesat ya. 


Setelah membayar pesanan (dan menukarkan voucher tentunya) aku pun duduk menunggu dengan beberapa pengunjung. Ditemani dengan siaran televisi yang menayangkan acara gossip. Aku pribadi tidak fokus ke TV melainkan twitter, sampai.. 


    “Remote mana sih, remote? Nggak seru mantengin gossip”


Ujar bapak-bapak yang duduk di sebrang kursiku. Lantas kami saling menoleh mencari remote. Tidak ada. Mau memanggil waiter tapi semua sedang sibuk. Tiba-tiba teringat kalau ponselku ada infrared blaster, langsung saja aku pakai untuk mengubah siaran TV. 


    “Hapenya yang ada remote itu ya, mba? Cariin siaran berita, dong,”
    “Hehe, iya, pak..” jawabku.
    “Nah, yang ini aja, mba. Makasih ya”
    “Sama-sama, pak.”


Aku sendiri jarang menggunakan fitur ini di rumah. Ternyata kalau keadaan seperti berguna banget. Ada postingan teman yang sedang bermalam di penginapan yang remote AC-nya rusak, dia bersyukur kala itu ponsel teman sekamarnya ada infrared bluster-nya, jadi suhu AC bisa disesuaikan. 

Aku dan hape ber-IR blaster sebagai pemanis (eaa)

Teringat rak cemilan dekat pintu membuatku bangkit dari kursi. Siapa tahu ada yang menarik? Jadi aku memotret rak tersebut dan mengirimnya ke grup whatsapp keluarga. Lagi, manfaat gadget untuk berkomunikasi, dulu hanya bisa menelpon dan SMS, sekarang kita bisa mengirim foto dan video dengan mudah.Tak lama itu nomor urutanku dipanggil dan aku pulang dengan selamat, alhamdulillah.


Sekarang kan masih sekolah dan kerja dari rumah, gadget yang paling sering digunakan adalah smartphone, karena sudah menyediakan kamera depan untuk kebutuhan video call. Dengan smartphone juga bisa melakukan scan tugas untuk dikumpulkan, nggak perlu beli scanner yang makan tempat.


Tapi layar hape kurang nyaman dilihat berlama-lama, untuk menonton penjelasan tidak maksimal.  Beberapa orang mulai berbondong-bondong mencari tablet, layar luas, ada kamera depan dan kamera belakang yang cukup untuk memotret tugas. Munculah banyak pertanyaan di home page facebook-ku beberapa waktu lalu seperti 


    “Ada yang tahu tablet 1 jutaan yang murah?”
    “Bisikin tablet yang wifi only, dong. Biar anak nggak kecanduan gadget, moms!”
    “Kasih rekomendasi hape 1 jutaan yang baterainya besar, dong?”


Buat yang awam dengan dunia gadget Indonesia past kebingungan, ya. Apalagi kalau banyak yang kasih rekomendasi A-Z, makin bingun.. Beli gadget butuh pertimbangan, apalagi yang mau dipakai dalam jangka waktu lama.. Biasanya aku butuh waktu semedi dan browsing sana-sini. 

Apa saja yang dipertimbangkat sebelum membeli sebuah gadget?

  • Budget

Pastikan target hape, tablet ataupun laptop yang kita incar tidak jauh dari budget yang dimiliki. Misalnya kita punya dana 2 jutaan, jangan lirik gadget yang lebih mahal dari budget untuk menghindar dari besar pasak dari tiang. 
 

  • Kebutuhan 

Jangan karena teman sekolah atau rekan kerja punya gadget hits yang baru keluar tadi malam kamu memaksa ikut beli yang sama. Misalnya kebutuhannya untuk tugas ngetik dan browsing, jangan memaksakan diri beli gadget spesifikasi ‘gaming’. 


Meminta rekomendasi dari teman, keluarga atau netizen nggak salah, kok. Tapi kalau tidak buru-buru bisa research dulu di carisinyal

Cari info teknologi di carisinyal.com


‘Kok website? Kan sekarang zamannya video! ‘ Sabar, Fergusso…

Di Carisinyal, ada bagian ‘Rekomendasi Carisinyal’ dengan beragam range harga, bisa disesuaikan dengan budget kita. Jadi nggak perlu mencari satu-persatu lagi.  

Selain bagian rekomendasinya yang helpful, ada juga aplikasi. Kita bisa cari tips, rekomendasi aplikasi yang tentunya bisa mendukung kegiatan kita sehari-hari.

Tampilan situs carisinyal.com di desktop ataupun mobile juga ringan dan simpel, tidak membingungkan karena sudah banyak kategorinya. Dijamin memudahkan untuk kamu yang mau cari info soal gadget kekinian atau gadget incaran. 

Biar nggak nyesel pasca beli gadget, pastikan sesuai dengan budget, kebutuhan dan jangan kemakan gengsi. Ingat, life within your means!

Semoga postingan ini informatif dan bermanfaat, selamat berakhir pekan, semuanya!

You Might Also Like

42 komentar

  1. Untuk saat ini, kayaknya aku udah nggak bisa hidup tanpa gadget. Bukan karena social media ya, tapi lebih kepada aplikasi-aplikasi yang kupakai untuk mempermudah kebutuhan, seperti ride-hailing, pemesanan makanan, budgeting keuangan, m-banking, hingga marketplace. Semuanya benar-benar membuat hidup menjadi lebih praktis dan efisien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba, sekarang malah ga perlu ngantri bayar ini itu karena bisa bayar daring lewat hp ya

      Hapus
  2. yeaayy seru bangett ya dengan HP aja kita bisa ganti siaran TV bahkan AC juga.
    sekarang gadget punya hidden fitur berbeda dari satu ke yang lainnya.
    jadi ingin cek-cek gadget jugaa nih di carisinyal.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mba , aku mampir ke carisinyal buat cari review hape incaran yang sesuai budget ✌️

      Hapus
  3. ah iya nih aku juga kemarin abis mampir ke website carisinyal ini mba.. waktu cari rekomendasi handphone, aku baca di sini nih tentang kelebihan kekurangan, spesifikasinya dan ada referensi harga ke marketplace juga ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebgkap ya, enaknya di carisinyal nggak perlu cek satu persatu. Udah ada semuanya ♥️

      Hapus
  4. wah perlu banget nih website kaya carisinyal gini, kadang suka bingung kalau pas mau beli hape gitu ya.. Keren deh, lengkap pula infonya disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel tentang aplikasi di carisinyal juga up to date banget😊

      Hapus
  5. setuju, gadget tuh udh super penting sih jaman sekarang ini selain buat komunikasi juga buat menunjang produktivitas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak ga bisa lepas dari kegiatan sehari-hari yaa

      Hapus
  6. saat ini gadget memang sangat penting, lebih baik ketinggalan dompet dari pada ketinggalan hp bisa mati kutu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara sekarang bisa bayar macam-macam pakai e-wallet yaa

      Hapus
  7. Hape jadi kebutuhan utama yang kurasakan saat ini, anak 3 semuanya butuh hape buat belajar. Dan memang jadi ketergantungan, hampir semua aktivitas bisa dibantu dari hape, dan ternyata baru tau juga ada hape yg bisa dijadikan remote.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya Xiaomi dan Poco yg ada infrared blaster 😊

      Hapus
  8. Era digital begini bikin mati gaya tanpa gadget. Serius deh, aku pernah panik & bingung karena smartphone ketinggalan. Alhasil balik ke era jadul, naik angkot ngeteng, biasanya pesen ojol aja haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih ga asik kalo nunggu antrian ga bawa hape, mati gayaa

      Hapus
  9. Kemana-mana ya dengan gadget, makanya bisa dikatakan sahabat terdekat yang diandalkan apalagi buat kerja Hanya memang tetap kudu bijak dengan gadget sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, kalo buka ig dan pinterest suka lupa waktu hiks

      Hapus
  10. Pas bgt, Aku lagi galau pengen gadget apa yang bagus dan cocok. coba deh mau searching disini semoga berjodoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo mba, bisa cari sesuai kebutuhan n dana di carisinyal 😁

      Hapus
  11. Nah aku pun termasuk yang ribet kalau mau beli gadget. Harus banyak referensi dari sana sini biar bener-bener puas dan nggak nyesel sama hasilnya.
    Soalnya kan pemakaian jangka panjang dan budgetnya juga lumayan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, buka carisinyal sama YouTube biar sesuai kebutuhan dan bisa pakai dalam jangka lama

      Hapus
  12. Skrg semuanya bisa diakses dr gadget emang ya mbak, inget bgt jaman dulu cuma bisa telp sama SMS, hampir ga ada org yg sibuk sama hp, skrg, dimanapun itu, semua orang pasti sibuk sm hpnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg harus dipantau anak-anak ya mba, entah itu masih kecil dan remaja, ngeri kecanduan gadget

      Hapus
  13. Ah bener bgt, aku lebih baik ketinggalan dompet nih daripada HP πŸ˜…

    BalasHapus
  14. Berkat hp semua urusan jd lebih mudah ya skrg. Bahkan better ketinggalan dompet drpd ketinggalan hp πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata banyak yang opininya sama yaa πŸ˜†

      Hapus
  15. Syarat dan ketentuan kalau mau beli HP (baru), karena memang HP lama sudah saatnya di ganti. Dengan standar harga yang sudah ditetapkan, jadi nyari HP berdasarkan range harga yg sdh ditentukan budgetnya.

    BalasHapus
  16. Banyak aplikasi yang ada pada gadget, yang memudahkan hidup kita... kayaknya beneran nggak bisa hidup tanpa gadget, ya ^^
    wajar banget nih penyedia gadget jaman now berlomba mengeluarkan produk terbaiknya, persaingannya kompetitif banget...
    Kalo saya sih nggak terlalu ribet kalo milih hape, yang penting mereknya "itu". hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, merek juga menentukan kualitas jangka panjangnya hp yaa

      Hapus
  17. Tapi... HP juga banyaaak banget distraksinya.
    Jadi saya usahakan tidak semuanya saya simpan di hape.
    Saya masih pakai planner/jurnal untuk planning harian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nggak bisa dipungkiri ya mba. Apalagi kalo udah buka ig dan pinterest aku suka lupa waktu. Aku pakai sticky notes biasanya

      Hapus
  18. Aku dan hp uda kaya hal tak terpisahkan si kak

    BalasHapus
  19. Kalau soal gadget kami sekuarga kalau gak bener2 rusak belum ganti kakk 😁 pusingg dg nomor2 yg tersimpan kalau ganti mesti bakal kacauu. Belipun sesuai budget soalnya teknologi mah kalau di turuti bikin kantong jebol hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss dulu! Aku sama hapeku udah 3 tahun lebih, mau ganti hape ga bisa langsung beli, kudu mastiin budget sama keperluan

      Hapus
  20. Wah asik ya hape bisa jadi remot. Jangan-jangan punya saya mungkin bisa tapi belum utak-atik *bhihik kalau hape kayak gini teknologinya, begitu membantu permudah aktivitas, gak heran kalau kita udah bingung kalau hape ketinggalan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg ada infrared blaster biasanya merek xiaomi sama poco ☺️ mati gaya dan panik kalo hp ketinggalan

      Hapus
  21. gadget memang nomor satu buat saya saat ini, selain buat komunikasi juga buat kerja pastinya, dan memang tetep saya membeli sesuai dengan kebutuhan saya pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kita, terbantu banget ya dengan gadget!

      Hapus
  22. Untuk keadaan sekarang ini peran gadget jadi amat penting, lupa bawa gadget aja mending pulang daripada disana ngaplo nggak ngapa ngapain

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!