app

Menggapai Asa dengan Aplikasi Siap Kerja Qubisa!

Selasa, Desember 07, 2021

Nggak terasa sudah penghujung tahun, ya? Tahun ini banyak dari kita yang masih beraktivitas dari rumah, semoga tetap semangat! Karena sekarang bisa belajar dan bekerja secara daring, banyak yang mengikuti kursus dan webminar online untuk mengisi waktu sekaligus menambah wawasan dan skill.

Jujur, nih.. sebagai narablog atau blogger, semenjak pandemi job menurun drastis. Sedih? Sempat juga, alhamdulilah rezeki masih ada walaupun bukan dari menulis. Apa ada blogger mengalami hal serupa?

Semangat!

Faktanya, karena wabah virus ini, semua orang mengalami dampak pada mental dan ekonomi. Mulai dari pekerja yang dirumahkan, banyak bisnis yang gulung tikar. Pasti banyak dari kita yang kaget dengan perubahan situasi dampak pandemi. 

 Dikutip dari tirto.id, Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) melakukan survei tentang kesehatan jiwa masyarakat, via swaperiksa yang dilakukan secara daring.

Pemeriksaan dilakukan pada 3 masalah psikologis, yakni cemas, depresi, dan trauma psikologis. Hasilnya, dari 1.522 responden, sebanyak 64,3 persen masyarakat mengalami cemas dan depresi akibat adanya pandemi COVID-19, sedangkan trauma psikologis dialami 80 persen dari semua responden yang melakukan swaperiksa.

Stres

Coba banyangkan, yang tadinya menuntut ilmu dan bekerja jadi harus beraktivitas dari rumah. Kita sebagai mahluk sosial pasti sempat mengalami suntuk, kalau suntuk jadi mager.. Pernah kan?

Karena mencari job dari nge-blog nggak maksimal, aku sadar kalau sekarang pekerjaan menulis itu beragam. Dulu kan penulis identik dengan novelist, cerpenis, jurnalis dan redaksi editor. Sekarang ada narablog, copywriter, content writer, ghost writer dan banyak lagi.

Content writer adalah penulis yang membuat tulisan di sebuah situs dengan tema tertentu. Aku pernah menjadi content writer di suatu situs yang fokus di dunia perempuan. Temanya mulai dari Kesehatan, hubungan, hiburan, pokoknya yang ditulis dengan point of view perempuan.

Sedangkan copywriter adalah penulis yang fokus menulis konten untuk kepentingan komersial. Karya tulis copu writer biasanya dimuat di halaman sosial media, website sampai iklan untuk promo barang dan jasa.

Terakhir ada ghost writer. Bukan hantu penulis atau penulis hantu, ya. Ghost writer adalah penulis yang tulisannya tidak dipublikasi dengan nama pribadi tapi nama klian atau perusahaan yang menggunakan jasa ghost writer tersebut.

Kalau sekarang aku cek situs loker, yang lebih dicari adalah copywriter. Tapi aku sama sekali nggak ada pengalaman menulis copywriting.

Aku masih awam soal dunia copywriting, aku mulai browsing ke sana ke mari sempat kelabakan. Rumus AIDA, soft selling, hard selling dan masih banyak lagi istilahnya sampai kebingungan sendiri.

Pas banget suatu siang aku mampir ke blog teman, ada yang membahas aplikasi belajar online namanya Qubisa. Di sana menyediakan kursus online dan webminar yang gratis dan berbayar.

Akhirnya aku unduh aplikasinya di Playstore (di app store juga ada). Membuat akun di Qubisa juga mudah, tinggal registrasi dengan surel dan verifikasi dengan kode OTP yang dikirim lewat SMS ke nomor ponsel kita.

Produk yang ada di Qubisa beragam, mulai dari webminar, kursus, microlearning , paket kursus dan tentunya ada sertifikat juga.Microlearning artinya cara pembelajaran dalam bentuk potongan kecil, khusus dan esensial, singkatnya yang inti saja. 

Hari ini aku mau sharing pengalaman ikutan webminar di Qubisa. Peratma kali menelusuri menu webminar terdekat, alhammdulilah ada webminar kepenulisan. Sampai sekarang aku udah mengikuti 7 webminar. Dari kepenulisan, mental health dan fotografi.

Setelah mendaftar webminar, biasanya kita akan dapat reminder lewat surel dan whatsapp. Karena mendaftar di Qubisa dengan nomor ponsel, akan ada pesan masuk ke WhatsApp beberapa jam sebelum webminar berlangsung. Buat aku ini nilai plus, karena nggak banyak orang yang cek surel sesering cek whatsapp.

Reminder

Pengalamanku menggunakan aplikasi siap kerja Qubisa..

Webminar di Qubisa menurutku seru karena langsung membahas topiknya. Narasumber yang mengisi acara daring juga berpengalaman. Jadi saat sesi tanya jawab kitab isa dapat insight baru. Durasinya juga pas yakni 90 menit.

Saat mengikuti webminar, selain mendapatkan informasi kita juga bisa dapat hadiah. Biasanya ada hadiah Gopay untuk 2 peserta webminar yang mengajukan pertanyaan unik. Jadi pesertanya semangat, interaksi antara narasumber dan peserta jadi lebih seru.

Zoom meeting

Di Qubisa ada kelas menulis copywriting dengan harga yang ramah di kantong. Oh iya, tanggal 20 Desember nanti juga ada webminar tentang copywriting secara gratis, yang mau ikut, kuy, download Qubisa sekarang!

Webminar dan kursus di Qubisa menyediakan E-sertifikat dan koin reward. Ada beragam kursus yang bisa diikuti seperti KDM dan KSM. KSM adalah Keterampilan Sukses Milenial. Ada banyak kategorinya seperti kemampuan dasar, agilitas, kepemimpinan, inovasi dan keseimbangan diri.

KDM adalah Keterampilan Digital Milenial yang kategorinya juga nggak kalah banyak yakni perkembangan digital, produktivitas digital, analisis data digital, komunikasi & kolaborasi digital, keamanan informasi digital dan publikasi konten digital.

Buat yang ingin menambah skill dalam dunia digital seperti digital marketing, mempersiapkan diri menghadapi interview atau dunia perkantoran, aku rekomendasiin kamu untuk mencari dan menggali ilmu di aplikasi siap kerja ini.

Di Qubisa menyediakan beberapa jenis kursus, mulai dari kursus biasa, paket kursus dan belajar kilat. Ada yang yang gratis dan berbayar untuk kursus dan paket kursus. Tapi tenang, harganya masih ramah di kantong, kok.

Kalau nggak mau jadi copywriting tapi pingin jadi content creator, wajib banget nonton beberapa video di bawah ini. Bahkan ada kelas belajar kilat dari Atta Halilintar!

Video tentang content creator di Qubisa

Walaupun nggak kemana-mana, kita tetap bisa menimba ilmu. Kalau nggak ada waktu membaca, bisa menonton video. Suntuk nggak bersosialisasi? Coba ikut webminar dan aktif di sesi tanya jawab untuk bertukar sapa dan opini dengan peserta, moderator dan narasumber.

Jangan buang asa kita karena ada Qubisa!

You Might Also Like

32 komentar

  1. Lengkap sekali ya jenis-jenis pelatihan yang ada di Qubisa ini, bahkan ada webinar copywriting segala. Cocok untuk yang mau belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin semangat belajar ya Kak, karena variatif untuk bidangnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

      Hapus
  2. tertunda melulu aku mau cobain aplikaasi Qubisa ini. bagus ya mba temen-temenku banyak yang ngebahas. situasi saaat ini pas bgt lg jadi ghost writer hhhehe

    BalasHapus
  3. senengnya di era digital canggih sekarang ini, belajar apapun bisa online, dan banyak pilihannya, salah satu yang terbaik adalah dari aplikasi Qubisa

    BalasHapus
  4. harus mulai upgrade ilmu nih. nyari kkursus yang keren-keren banyak ya di aplikasi qubisa. aku penasaran juga. harus buru-buru daftar kayanya hehe.

    BalasHapus
  5. Wah menarik banget ya QuBisa ini ada kursus yg free ada yang berbayar dan paket kursusnya banyak pilihannya.
    Tanggal 20 besok ya yang ttg copy writing, jd pengen daftar juga, mayan nambah ilmu gratisan yaa :D
    TFS infonya

    BalasHapus
  6. Aku dulu kalo denger tentang profesi nulis tuh pasti yang kebayang ya nulis novel, dll. Ternyata pas tau lebih dalam nggak hanya nulis buku aja ya mbak, hehe.. Ohiya aku belum coba QuBisa ini nih, padahal udah kepo banget

    BalasHapus
  7. qubisa memang jadi andalan jaman now untuk nambah skill kita yaa, jadi di masa pandemi yang serba sulit kita bisa dilirik oleh klien or perusahaan karena punya nilai lebih

    BalasHapus
  8. Aku kerja di digital agency nih mbak, tapi butuh juga insight baru soal dunia digital untuk upgrade skill. Kayaknya mau ikutan juga kelasnya di Qubisa, siapa tau kan nanti bisa naik jabatan habis dapet ilmu baru, hahaha.

    BalasHapus
  9. efek pandemic ini emang besar banget yaa buat semua orang, aplikasi Qubisa ini menarik banget, ternyata ada kursus dan ada yang freenya juga yaaa, jadi penasaran nih aku hihi

    BalasHapus
  10. Saya pernah ngerasain jadi ghostwriter seorang tokoh di Jakarta. Menulis atas nama dia. Menyenangkan juga meski nama kita gak muncul. Nambah ilmu dari bidangnya dia. Saya mau intip aplikasi Qubisa ah mau cari pelatihan yang mendukung minat.

    BalasHapus
  11. pandemi ini memberi hikmah kalau kita bisa belajar dari mana aja

    BalasHapus
  12. Hikmahnya dengan pandemi ini malah jadi bisa upgrade diri dengan menambah kemampuan di bidang penulisan dengan aplikasi yang mudah diakses ya.

    BalasHapus
  13. Menarik banget buat nyoba apps nya. Cus nanti kepoin

    BalasHapus
  14. Senangnya lagi qubisa juga bisa diakses melalui aplikasi nih jadi sambil rebahan pun bisa mencari ilmu. Banyak banget manfaat ikut qubisa ya kak

    BalasHapus
  15. Udah sering denger qubisa tapi belum tahu tentang apa, wah ternyata bagus banget ada berbagai pelatihan yang cocok banget buat konten creator kaya kita ya

    BalasHapus
  16. Senengnyaa generasi sekarang banyak sekali di mudahkan apalagi dalam hal.mencari pekerjaan

    BalasHapus
  17. Qubisa aplikasi yang bagus ya.Sepupu saya yang baru tamat sekolah ikut bergabung juga untuk menambah ketrampilannya.

    BalasHapus
  18. Dulu pertama Nemu kata Ghost Writer kirain yang nulis tentang hantu2an atau tulisan horor... 😁😁

    Baru tau lho ada aplikasi Qubisa dengan beragam fitur kursus keren... Recommended nih.

    BalasHapus
  19. Dengan menggunakan aplikasi ini skill dan pengetahuan jadi lebih mumpuni untuk hadapi tantangan dunia kerja

    BalasHapus
  20. Uwow banget ya aplikasi Qubisa ini. Banyak pilihan training yang bisa diikuti sesuai passion tanpa perlu keluar rumah. Dari rumah pun sangat bisa mengembangkan skill dan menemukan hobi baru, apalagi banyak pelatihan gratisnya, favorit banget ini

    BalasHapus
  21. Status sosial apapun bisa belajar di qubisa. Yang kaya bisa menambah ilmu dengan berbayar. Yang kurang mampu jangan malu untuk ikutan webinar gratisan

    Pokoknya asal niat belajar dan kuota semuanya bisa di lakukan

    BalasHapus
  22. Jadi pengen donlod aku kak . Pengen coba ikutan yang tanggal 20 Desember nanti . Tengkyu bgd share nya kak

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah, pandemi malah buat kesempatan ngejob dari blogger jadi banyak lho karena rerata event diadakan secara online daan dari sini jadi punya kesempatan juga hadiri launching meski secara virtual, dapat ilmu plus dapat bonus cuan juga dong, meski sih sebenarnya fee berkurang ya karena pemangkasan budget dsbnya tapi tetap disyukuri, Alhamdulillah :)

    Apalagi sekarang ada Aplikasi Siap Kerja QuBisa, kita bisa jadi belajar lebih baanyak lagi untuk upgrade diri, upskilling dan reskilling jadi bekal tuk bersaing sehat di dunia kerja apalagi online ini :)

    BalasHapus
  24. Aplikasi QuBisa ini memang asli keren banget! Aku udah ikut beberapa kelasnya (bisnis kopi, edit video, dll). Rasanya pengen ikut semuanya! Keren-keren materinya.

    BalasHapus
  25. Beruntungnya tuh jaman sekarang banyak akses untuk mengembangkan skill yang ada ya, apalagi ini pun bisa dilakukan secara online ya mbak. Tinggal pilih saja mau ikutan kelas apa.

    BalasHapus
  26. kebetulan banget saya juga punya akun QuBisa mba, dan snagat membantu upskilling dan reskilling skill dan kemampuan saya mba

    BalasHapus
  27. Dulu kupikir copywriter dan content writer itu sama, ternyata beda yaa. Beda concern nya juga.

    Aku belum pernah coba Qubisa :D

    BalasHapus
  28. Dunia serba digital, segalanya menjadi lebih mudah, termasuk improve & update skill melalui aplikasi QuBisa ini. Aku makin penasaran mau coba, soalnya udah banyak bgt yg ngulas

    BalasHapus
  29. menarik banget ini aplikasi Qubisa. nanti kucoba ah. kerasa banget sama aku masa pandemi ini kayanya memang harus menambah banyak skill baru biar segala bisa untuk memudahkan mencari pekerjaan ya.

    BalasHapus
  30. Makasih mba infonya, aku butuh upgrade skill lagi nih selama di rumah saja.

    BalasHapus
  31. Buruan ah pake aplikai QuBisa juga biar bisa belajar banyak. Yang tanggal 20 itu menggoda banget untuk diikuti. Pengin juga dapet ilmu tentang copywriting mba. Thanks ya untuk informasinya.

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!