event

Tumpengan di 70 Tahun Hubungan Dimplomatik Amerika dan Indonesia

Kamis, Juli 18, 2019


Assalamuallaikum, semua. Alhamdulilah tanggal 13 Juli kemarin saya berkesempatan hadir pada acara perayaan 70 tahun peringatan hubungan anatara Amerika Serikat dan Indonesia yang berlokasi di Kem Chick Pacific Place SCBD. Dalam waktu 70 tahun, Negara kita dan Amerika menjalin kemitraan dengan fondasii, nilai demokrasi dan tujuan yang sama pengembangan pendidikan, berbagi pengetahuan.


Add caption

Mirip seperti Indonesia, penduduk Amerika terdiri dari berbagai suku dan memiliki ragam budaya. Kita punya moto Bhinekka Tunggal Ika (Keberagaman Dalam Persatuan), moto Amerika E Pluribus Unum (Dari sekian banyak, satu) kalau diperhatikan arti moto kita mirip, kan?

Kebiasan Makan besar yang sudah dilakukan dari nenek moyang kita ternyata menjadi salah satu cara rakyat kita berbaur. Ragam makanan dihidangkan di satu meja yang besar, siap disantap sambil mengobrol bersama. Pada acara ini, ada hidangan khas Indonesia yakni Nasi Tumpeng, yang bikin beda adalah bahan-bahan yang digunakan berasala dari Amerika dengan kualitas terbaik.

Kali ini saya mau sharing sedikit tentang Nasi Tumpeng yang identik dengan acara pesta juga perayaan. Ternyata sejarah Tumpeng ini sudah ada dari jaman kerajaan Hindu dulu. 

Sejarah Nasi Tumpeng


tumpeng

Masyarakat di pulau JawaBali dan Madura memiliki kebiasaan membuat tumpeng untuk kenduri atau perayaan seperti kelahiran atau ulang tahun, acara syukuran lainnya..
Perkembangan tradisi tumpeng diadopsi dari filosofi Islam Jawa dengan pesan leluhur sebagai permohonan kepada Tuhan. Contohnya tradisi Slametan, sebelum tumpeng disajikan diawali dengan pengajian Al Quran. Menurut tradisi Islam Jawa, "Tumpeng" adalah akronim dalam bahasa Jawa: yen metu kudu sing mempeng (bila keluar harus dengan sungguh-sungguh). Setelah ditelusuri, makna kalimat tersebut berasal dari Al Quran, surat Al Isra ayat 80.

Kenapa  Tumpeng Kerucut?


tumpeng

Filosofi dari kepercayaan agama Hindu, nasi yang dicetak berbentuk kerucut punya arti meniru bentuk gunung suci Mahameru, tempat bersemayam dewa-dewi. Dalam Islam Jawa, filosofi bentuk kerucut dengan satu nasi di puncak adalah simbol Sang Pencipta, banyaknya nasi di bawah melambangkan banyaknya manusia yang penuh dosa. Semakin ke atas makin sempurna.
Untuk lauk yang menemani tumpeng umumnya adalah perkedelabonkedelai goreng, telur dadar/telur gorengtimun yang diiris juga daun seledri. Kadang lauknya bervariasi seperti tempe kering, serundengurap kacang panjangikan asin sampai lele goreng. Dalam pengartian tradisional tumpeng, dianjurkan untuk lauk-pauk yang digunakan terdiri dari hewan darat, hewan laut, juga sayur mayur.
Siang itu, Bu Irama Bidrianti (President Director of KemChicks) memberikan nasi tumpeng pada Atase Pertanian dan Perdagangan kedutaan Amerika Serikat, Garrett McDonald. Semoga hubungan diplomatik antar kedua negara bisa terus bekerja sama dengan baik.

Mr. Garret McDonald dan Bu Irama Badrianti

Lokasi peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antar 2 negeri ini dilaksanakan di Kem Chicks. Bahan-bahan yang digunakan untuk tumpeng dan demo masak yang dibawa oleh Chef Andy saat itu berasal dari Amerika serikat, kamu bisa mendapatkan daging dan bahan-bahan berkualitas di Kem Chick lho!
Dalam demo masak, Chef Andy nggak pelit bagi-bagi tips untuk masak steak biar nggak gagal!


chef Andy

  • Panaskan frying pan (tidak pakai minyak) selama 15 menit
  • Gunakan minyak kelapa atau grapeseed oil.
  • Gunakan daging steak yang bagian luarnya crispy dan dalamnya moist,daging berkualitas seperti ini bisa ditemukan di Kem Chicks.
  • Berikan garam kemudian lada agar tidak mudah gosong
  • Bolak-balik steak tiap 40 detik

Semoga dengan artikel ini kita jadi lebih mengenal sejarah dan makna dari Nasi Tumpeng, karena kuliner satu ini selalu ada di perayaan, hajatan bahkan sekarang pun kita bisa menemukan nasi kuning kerucut ini di pesta ulang tahun. Mengenal sejarah sama seperti menjaga peninggalan leluhur lhi!
Semoga artikel ini bermanfaat!

You Might Also Like

17 komentar

  1. Wah, itu penggunaan grapeseed oil lebih khususnya supaya apa ya kak? Kan kalau kita lebih familiar sama minyak goreng kelapa sawit.

    BalasHapus
  2. Artinya lebih tua negara ini ya Mba. Semoga hubungan ini nanti dan selamanya akan baik2 saja dan memberikan efek yang positif

    BalasHapus
  3. Dengan adanya hubungan baik bukan hanya kerjasama kedua belah pihak yang saling menguntungkan tapi juga bisa membawa manfaat buat kita ya. Banyak hal yang bisa digali dan jadi nambah ilmu serta wawasan.

    BalasHapus
  4. Baru tahu saya sejarah nasi tumpeng yang penuh filosofi.
    Oh ya, ternyata sudah lama juga ya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Semoga hubungan ini tetap berjalan baik dan memberi kebaikan bagi kedua belah bangsa

    BalasHapus
  5. Ada chef andy, si ganteng ini memberikan tips masak steak yang bermanfaat, soalnya masak steak itu bisa dibilang gampang tapi sebenernya susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wksksks orangnya kocak dan nggak pelit ilmu lagi

      Hapus
  6. oke gue gagal fokus gara-gara chef andy wkwkwk
    pagi-pagi gini bikin ngiler liat tumpeng yang secantik itu.
    tumpeng juga salah satu warisan budaya kuliner indonesia yang punya filosofi ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, selain menjaga eksistensinya kita harus tahu asal-usulnya juga 😊

      Hapus
  7. Enggak terasa udah 70 tahun aja ya ternyata hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat. Semoga melalui Kemchik, hubungan kedua negara terus langgeng ya dan tercipta kerja sama diplomatik lainnya.

    BalasHapus
  8. Awet juga ya sampe 70 tahun hub ny semoga tetap terjalin dengan baik . Tidak hanya di kuliner tapi d segala bidang y

    BalasHapus
  9. Dari kecil udah makan tumpeng dan baru skrg aku tau filosofinya, ternyata tumpeng itu penuh makna ya, makasih ya mbak, jadi tambah pengetahuan aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga baru tahu dari acara ini hehe

      Hapus

You';re free to ask or share your opinion! Boleh curhat asal jangan di luar topik ya. Tolong jaga sopan santun :)