lomba blog

Manfaat Berbagi Kebaikan

Minggu, April 26, 2020


Assalamualaikum, semua! Yang lagi berpuasa saat membaca postingan ini, semangat terus, ya! walaupun nuansanya tidak seperti biasanya, in sya Allah puasanya lancar, aamiin. Kali ini aku mau cerita sedikit, aku pernah dengar obrolan dua pegawai kantoran yang duduk di depanku ngobrolin kerjaannya. awalnya nggak tertarik sampai…

            “Ini kan awal bulan, kenapa tadi nggak beli aja, sih?”
            “Deket rumah gue lagi ada yang sakit. Besok gue sama nyokap mau jenguk.”

Mendengar jawaban si mba yang duduk tepat di depanku, dalam hati aku kasih dia dua jempol! Dan waktu itu aku sedikit merasa ditegur secara nggak langsung juga. Kadang aku lupa untuk berbagi dan memilih mengikuti kehendak hati yang berujung ke penyesalan, kayak.. “Ngapain tadi beli ini.. kan bisa dipakai buat yang lebih penting..”  atau kayak aku  sehabis nonton terus jajan makanan kekinian lalu pulangnya bertemu anak kecil yang tertidur nyenyak di gerobak sampah… Rasanya kecewa pada diri sendiri.
source bubblesorganic
Aku pernah menonton kajian udztad Khalid Basalamah di YouTube yang membahas agar kita bisa melakukan hal-hal yang baik kadang perlu dipaksa agar biasa. Hal-hal baik yang dimaksud mulai dari rutin ibadah, menjaga tutur kata, perilaku juga berbagi. Seperti hidup sehat saja, kadang perlu dipaksa agar badan terbiasa dan akhirnya kita bisa mendapatkan manfaatnya.

Kebaikan berbagi? Pasti ada! 

 


  • Bersyukur

Jaman maraknya sosmed ini kadang bikin kita lupa untuk bersyukur. Melihat timeline yang isinya tempat hits, makanan kekinian, baju atau tas keren sampai kehidupan selebriti.. kadang bikin kita lupa bersyukur dengan tanpa sengaja berpikir ‘coba aku kayak mereka…’.

Padahal saat kita mengeluh di rumah dalam posisi rebahan, di luar sana ada yang tidak punya tempat berteduh atau tempat rebahan yang nyaman. Saat kita bosan dengan makanan yang itu-itu lagi, ada yang belum makan dari malam sebelumnya. Dengan berbagi, kita bisa membantu orang yang kurang mampu, mulai dari memberikan sedekah, makan siang atau keperluan pokok. Apapun itu, dengan berbagi kebaikan kita bisa bersyukur.

  • Mempererat persaudaraan

Di saat pandemi ini, membuat kita saling membantu satu sama lain dan melupakan konflik yang sempat membuat ribut entah itu di dunia maya atau dunia nyata. Bersama-sama menggalang dana untuk warga yang kurang mampu juga tenaga kesehatan. Selalu ada hal yang positif di balik kejadian yang buruk. 

Dalam situasi seperti ini, apa kia bisa ikut berbagi kebaikan? Pastinya!


  • Tidak menebar hoax atau kebencian
.

Mudahnya kita mendapatkan informasi dan menyuarakan pendapat di medsos kadang dijadikan beberapa oknum untuk berbuat kejahatan yang meresahkan. Mulai dari berita hoax yang memancing kekhawatiran atau kebencian di waktu yang tidak tepat. Sebagai netizen kita jangan seperti sponge yang menyerap semua yang ada di medsos, ya!


  • Membantu keluarga 

 
source vietnamtime

Mumpung sedang di rumah saja, bagaimana kita membantu membersihkan rumah atau mempersiapkan makanan untuk keluarga? Yang biasa beraktivitas di luar rumah kini bisa ikut meringankan pekerjaan rumah, hal ini bisa memperat kasih sayang di keluarga lho


  • Berbagi untuk yang kurang mampu

 

dompetdhuafa

Ini bisa kita lakukan mulai dari lingkungan kita sendiri. Karena ini bulan puasa, kita bisa membagikan makan sahur atau buka pada warga yang kurang mampu, petugas keamanan, petugas kebersihan juga marbot dan muadzin di dekat rumah.

Bersedekah dan member zakat untuk masyarakat yang luar kota atau provinsi juga bisa. Sekarang kan jaman modern. Membayar zakat dengan Dompet Dhuafa pun kini lebih mudah. di websitenya kita bisa mencoba menggunakan fitur kalkulator Zakat dan sekarang kita bisa berdonasi atau bayar zakat di Dompet Dhuafa dengan metode online payment! 
yuk, kita zakat!


kalkulator zakat Dompet Dhuafa

Yuk berbagi kebaikan dari sekarang di Dompet Dhuafa, lembaga amil zakat ini sudah berdiri dan sejak tahun 1993 dan sampai saat ini ada 130 lebih program untuk berdayakan masyarakat kurang mampu lewat donasi, zakat juga wakaf para donatur.


program berdayakan dari Dompet Dhuafa
Di bulan Ramadan ini, selain memaksimalkan ibadah, in sya Allah kita bisa menebar kebaikan, ya? Tetap jaga kesehatan ya semuanya!



“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa”

lomba blog menebar kebaikan

You Might Also Like

89 komentar

  1. Terimakasih sudah diingatkan tentang berbagi... Sedekah merupakan ladang pahala bagi kita namun kita seringkali justru melupakan tabungan akhirat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kadang lupa apalagi kalau jalan-jalan

      Hapus
  2. Ditengah pandemi, kita masih menyuarakan kebaikan. Karena kebaikan akan terus bertambah dan tidak sedikitpun berkurang. Lima manfaat yang dibagikan lewat tulisan kaka di atas, penting untuk kita pahami dengan baik. Agar kita bisa berbuat baik kepada sesama dalam kondisi apapun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, berbuat kebaikan harus dibiasakan, toh tidak merugikan 😄

      Hapus
  3. Memang benar, adakalanya berbuat baik itu harus dipaksa ,agar menjadi kebiasaan
    Saya juga melakukan hal seperti itu. Lama-lama tampak menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membiasakan sesuatu butuh proses ya kak 😊

      Hapus
    2. Betul, awalnya memang berat.

      Hapus
  4. Saya suka ingat kata kata almarhumah ibu saya. Baik itu baik aja nggak pake koma. Jadi jangan ragu dan tunda ya kak kalau mau berbuat baik.

    BalasHapus
  5. bener banget tidak ikutan menyebarkan berita hoax salah satu cara menebar kebaikan juga ya mba. minimal enggak nambah dosa dengan menyebarkan berita enggak benar. keren tulisannya, makasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, auto pening kalo ada yang share berita gaje di grup wa 😣

      Hapus
    2. nah iya bener banget mba, saya juga gemes kalo ada berita enggak benar di share di grup haha

      Hapus
    3. Kalo yg share lebih tua rasanya ragu buat tegur yaak

      Hapus
  6. Semoga kita bisa selalu berbagai dengan apa yang kita punya dan tangan kiri tidak mengetahuinya. Masya Allah nikmatnya berbagi.

    BalasHapus
  7. Konsep bahagia berzakat ini harus terus kita galakkan. Jangan pelit sama sesama. Bayar pajak taat, tapi bayar zakat mikir dua kali. Mungkin karena kalo gak bayar pajak ada dendanya dari pemerinta, sementara kalo gak bayar zakat dendanya dianggap gak jelas. Padahal berkahnya mensucikan harta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget mba, kadang ada yg sedekah mikir2 tapi kalo jajan hajar hajar terus

      Hapus
  8. Betul banget Mbak. Saat kita dapat berbagi pada sesama, walau nilainya tak seberapa hati terasa ringan ya? Semoga kita tetap bisa berbagi pada siapapun ya Mbak. Amiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga kita juga bisa Istiqomah dalam berbagi kebaikan

      Hapus
  9. menebar kebaikan saat dibutuhkan seperti saat pandemi seperti ini sangat tepat. Sesuai dengan kebiasan liuhur bangsa saat ini, gotong royong.
    Semoga makin banyak LSM yang bisa turun langsung memberikan bantuan langsung kepada semua yang terdampak covid 19 ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyarakat dan pemerintah jadi bekerjasama untuk saling membantu ya kak. Aamiin, semoga dompet dhuafa selalu memberdayakan masyarakat yang membutuhkan

      Hapus
  10. Seneng banget ya Mbak, Dompet Dhuafanya auto punya kalkulator zakat kaya gini, kan jadi mudah dan praktis kl mau berzakat. Sip tfs infonya ya Mbak Annafi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi bisa menyesuaikan pendapatan dan tetap istiqamah zakat

      Hapus
  11. Berbagi kebaikan memang lebih meringankan bagi sesama yg sedang membutuhkan ya mbak. Btw, tema nya ganti nih ya blog nya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kemarin temanya bikin kotak komentarnya eror, back to default aja deh hehe

      Hapus
  12. Semangat berbagi kita mba, semoga kita senantiasa bisa memberikan yang terbaik untuk keluarga dan umat. Semoga kita jadi orang-orang yang ringan hati dan tangan dalam berbagi. Dompet duafa ini keren ya Mba.

    BalasHapus
  13. Betul banget berbuat baik bagus banget dan berbagi bagi yang membutuhkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin kita ingat bersyukur akan rahmat-Nya ya mbaa

      Hapus
  14. Kadang itu yang suka kita lupa, ber syukur, maunya numpukin harta tapi pakai cara jahat.

    Hidup tentram dengan berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fokus nabung di dunia lupa di akhirat gitu ya mpo~

      Hapus
  15. dalam kondisi seperti ini tu pas banget buat menebar kebaikan ya teh, semoga banyak orang orang yang berlomba menebar kebaikan hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lagi bulan puasa lagi.. semoga banyak yang ikut serta berzakat yaa

      Hapus
  16. Nah ini sekarang jadi lebih mudah ya untuk membayar zakat dan yg utama juga pembagiannya bisa menyebar kesemua daerah. Keren sama inovasi dompet dhuafa ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bayar dengan online payment, jadi gak perlu ke ATM 😆

      Hapus
  17. Jangan takut untuk berbagi..tapi sebagai manusia biasa aku suka ragu2 dan biasanya nysel hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, kayak kalo jajan banyak yang ga perlu trrus lihat manula yg menyapu jalan, rasanya pengen neplak diri sendiri..

      Hapus
  18. wah ini kegiatan nya positif sekali mba, semoga barokah.

    BalasHapus
  19. Apa yg kita tebar selalu kita tuai begitu pula kebaikan. Kalau kita menebar kebaikan makan kebaikan pula kita tuai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, makanya harus membiasakan untuk berbuat kebaikan 😊

      Hapus
  20. Di kondisi kayak sekarang justru sangat bagus ya kalau kita mau berbagi. Nggak bisa ngasih langsung kan bisa berbagi online lewat Dompet Dhuafa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, bisa bayar pakai online payment lagi~

      Hapus
  21. bersyukur untuk kenikmatan yang diberikan sekecil apapun, dengan berbuat kebaikan itu kita sadar kadang hal kecil buat kita ternyata hal besar buat orang lain, mari tebar kebaikan dengan berbagi dari hal kecil apapun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk berdonasi dan zakat di dompet dhuafa 😄

      Hapus
  22. Berbagi kebaikan, sungguh tak kan merugi. Justru beruntung dan beruntung. Dunia dan akhirat. Makasih banyak inspirasinya ya, Mbak. Dompet Dhuafa memang sudah teruji dan tepercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dompet dhuafa udah lama berkiprah di tanah air, semoga semakin maju!

      Hapus
  23. Berbuat kebaikan kapan saja dan dimana saja apalagi saat ini sangat banyak dibutuhkan kebaikan - kebaikan dari semua orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mba, pandemi dan ramadhan, saatnya kita berbagi kebaikan untuk sesama!

      Hapus
  24. Tahun ini aku juga usul ke ibuku, kalau mau berbagi mungkin sebaiknya melalui provider terpercaya yang bisa diberikan melalui online. Kalau sebelumnya langsung ke lokasi-lokasi, tetapi sekarang agak beresiko. Ternyata program DD banyak mbak. TQ ya infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisinya belum aman untuk keluarz untungnya sekarang bisa online payment. Sama-sama, Mba 😃

      Hapus
  25. Tidak menyebabkan hoax paling gampang dilakuin nih, asik... bisa siap berbagi kebaikan setiap saat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sederhana tapi impact nya dapet! Ga bikin rusuh masyarakat~

      Hapus
  26. Dunia akhirat manfaat kebaikan itu akan di nanti apalagi setiap agama mengajarkan hal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus punya tabungan untuk akhirat ya mas 😃

      Hapus
  27. Memang banyak ya manfaat ketika kita mau berbagi dalam konteks kebaikan disini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, tinggal membiasakan diri untuk berbuat kebaikan saja 😃

      Hapus
  28. Syukuri apa adanya aja saat ini. Kita hny bs berbuat pada batas kemampuan kita. Kl bs bantu orang terdekat kl g bs jangan nyusahin. Semua orang lagi susah

    BalasHapus
  29. Masha allah dompet dhuafa ternyata sudah dari 1993 ya dan sekarang sudah banyak sekali bidang yang diambil, serta memudahkan sekali orang2 yang ingin berdonasi :)

    BalasHapus
  30. Justru saat ini kita harus banyak berbagi, ya, karena bulan yang tepat dan kondisi yang tepat. Berbagi kebaikan itu membuat psikis kita sehat, selain hal-hal di atas. Kita jadi lebih empati pada sekitar, karena mencari dan memilah mana yang tepat sasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain membuat kita lebih empati juga mempererat persaudaraan yaa

      Hapus
  31. apa yang kita tebar akan kita tuai. begitu pula kebaikan. ketika kita menebar kebaikan kelak kebaikan pula kita dapatkan

    BalasHapus
  32. Bagus banget artikel nya mba, menebar kebaikan walaupun kecil harus dimulai ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, dan lebih baik dibiasakan juga 😄

      Hapus
  33. Menebar kebaikan sekecil apapun walaupu dengan senyuman ya mba 😊

    BalasHapus
  34. Masyaallah programnya DD banyak banget dan itu mencakup berbagai bidang pula. Artinya kebaikan yang ditebar melalui DD ini mampu menjangkau mereka yang membutuhkan uluran tangan, dari berbagai bidang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, aku pun ga nyangka programnya sampai 130+ dan menyeluruh

      Hapus
  35. Bersyukur. Satu kata yang mudah diucapkan tapi sulit dijalankan. Butuh jiwa yang pasrah untuk melakoni syukur. Semoga kita semua selalu diliputi rasa syukur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, biar hati lapang dan hidup tenang juga ya mba 😊

      Hapus
  36. Makin banyak orang menebar kebaikan, semoga makin banyak orang yang terbantukan ya, apalagi di Bulan Ramadhan ini berlipat ganda pahalanya.

    BalasHapus
  37. Zakat ini harus lewat lembaga gitu kah? atau bisa langsung aja ke keluarga/teman yang butuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ke orang terdekat yang membutuhkan kok mbak

      Hapus
  38. Berbagi kebaikan takkan merugi, jika ikhlas insha Allah berkah akan kembali kepada kita :)

    BalasHapus
  39. Salut dengan Dompet Dhuafa yang kontinyu berbagi dan menebar kebaikan. Semoga segala usahanya diberkahi Allah. Ammin.

    BalasHapus
  40. Alhamdulillah sudah diingatkan kak untuk berbagi kebaikan. Terimakasih. program Dompet dhuafa bagus banget menebar kebaikan untuk membantu yang membutuhkan

    BalasHapus
  41. Iya, kadang kita dengan mudah beli ini itu kemudian menyesal ketika tau ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan uang. Buat mereka sangat berharga, tapi di kita malah dihambur-hamburkan. Belajar dari hal ini, tentunya hati kita akan tergerak untuk melakukan kebaikan agar hidup kita bermanfaat.

    BalasHapus
  42. Di masa sulit kayak gini, masih ad pihak yg perduli trhadap kebaikan, masha alloh ,

    BalasHapus
  43. Berbagi dalam kondisi normal itu biasa ya Mbak Annafi... tp kl ringan berbagi pd saat masa pandemi gini masyaallah itu perlu diteladanni. Tfs Mbak

    BalasHapus
  44. Berbzgi kebaikan itu memang luarbiasa bermanfaat mb. Sebagai penyambung rejeki sesama dan terbukanya pintu kebaikan lain yang menyertai..Masyaallah

    BalasHapus
  45. Insyaallah apa yang diberikan akan dibalas 7 kali lipat pahala,apalagi di bulan Ramadhan dikali 10 kali lipat lagi. Masyaallah tabarakallah.

    BalasHapus
  46. Bahagia itu berbagi kebahagian iyah kan, sekecil apa pun jika dilakukan dengn hati maka akan sampai ke hati juga

    BalasHapus
  47. Berbagi kebaikan, berbagi inspirasi. Mudah2an hati kita dijauhkan dari riya... tapi tujuannya benar2 untuk menginspirasi

    BalasHapus
  48. bahagia itu sederhana ya kak.
    contohnya dengan berbagi terhadap sesama itu bisa memberi kebahagiaan ^^

    BalasHapus
  49. Semoga semakin banyak orang yang menebar kebaikan...

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!