healthy life

Mengenal PCR Test Untuk Mendeteksi Covid-19

Rabu, Juni 24, 2020

Assalamualaikum semuanya, semoga yang sedang membaca postingan ini dalam keadaan sehat walafiat ya. sudah masuk 3 bulan Negara kita berkelut dengan covid-19 atau virus corona, banyak hal yang dilewati dengan kontras seperti belajar, bekerja dari rumah, tidak ada mudik, sampai wisuda di rumah. PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar) diadakan untuk menghindarkan virus ini menyebar lebih luas.



Pemerintah sudah mewanti-wanti kita untuk mengurangi aktivitas di luar rumah kecuali kebutuhan mendesak, diikuti penyuluhan protokol yang harus ditaati masyrakat demi kesehatan bersama. Hal tersebut adalah

  • Rajin mencuci tangan
  • Menggunakan masker saat di luar rumah
  • Tidak batuk atau bersin sembarangan
  • Menjaga kesehatan 


Covid 19 telah merenggut ratusan ribu nyawa, maka dari itu virus itu tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih wabah ini bisa menyerang semua usia dan bayi, anak kecil juga orang tua rentan terinfeksi corona karena kekebalan tubuhnya tidak begitu kuat. Tahun ini bulan puasa terasa sangat berbeda karena tidak adanya mudik, namun siapa yang tega membawa buah tangan berupa penyakit? 


Wabah Covid-19 adalah virus yang berbahaya karena dapat menginfeksi saluran pernapasan kita dengan gejala ringan seperti sakit kepala, hidung beringus, demam, batuk, sakit tenggorokan atau flu. Untuk gejala parah seperti sesak napas, sesak dada, dan batuk berlendir. 


Selain melakukan protokol kesehatan dan PSBB, untuk memastikan kita bisa mengikuti Rapid test, Tes Cepat Molekuler atau tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau lebih dikenal tes swab. Bagi warga yang terdesak untuk pergi keluar daerah harus melewati test karena nanti akan diminta hasil tes sebelum masuk ke daerah lain.


Dari ketiga jenis tes, hasil yang paling valid adalah PCR test. Untuk mendapatkan hasil dari PCR tes yakni dengan sampel liur, dahak atau lender dari bagian mulut, tenggorokan dan hidung. Hal ini juga menjadi factor kenapa hasil PCR test bisa didapatkan paling tidak 3 hari karena pengujiannya yang rumit. 


Namun tidak semua rumah sakit mendapatkan izin dari pemerintah untuk melakukan pengujian PSR. Untuk rumah sakit umum di Jakarta yang mendapatkan izin hanya 3 yakni Rumah Sakit Pelni, rumah sakit Pertamina Jaya dan rumah sakit Pusat Pertamina. 


Mengingat new normal sudah berlaku di Jakarta, untuk beraktivitas seperti masuk kerja kita memerlukan hasil tes yang valid untuk masuk kantor, melakukan pengujian PCR menjadi pilihan yang tepat. 


Kalau dirasa tidak punya waktu untuk mengantre di rumah sakit umum kita juga bisa melakukan PCR test di rumah sakit swasta. Bingung mencari rumah sakitnya? Jangan kuatir karena sekarang ada Halodoc yang bisa kita akses dimana saja.



Halodoc adalah website yang menyediakan ragam informasi mulai dari rumah sakit, pemeriksaan lab, beli obat, buat janji dengan dokter sampai konsultasi dengan dokter. Untuk warga Jakarta bisa mencari PCR Test Jakarta dengan mudah di website ini. 
Hasil pencarian PCR test Jakarta di Halodoc

Di halodoc kita bisa cari rumah sakit mana saja yang melakukan pengujian PCR, termasuk informasi biaya. Jadi kita bisa menyesuaikan dengan lokasi dan budget. Nggak itu saja, kita pun bisa daftar secara daring, benar-benar menghemat waktu, kan? 


Walaupun di Jakarta sudah masuk masa new normal tetap minimalkan aktivitas di luar kalau bukan hal yang urgen, jangan lupa untuk membawa masker dan hand sanitizer saat beraktivitas dan disiplin mencuci tangan (20 detik) setelah beraktivitas dari luar. Jika merasakan gejala corona lebih baik lekas melakukan tes untuk memastikan. 


Semoga kita diberikan kesehatan dan semoga postingan ini bermanfaat!

You Might Also Like

60 komentar

  1. Wah,makasih onfonya,jadi gak usah khawatir sama biayanya karena sudah ada rinciannya di halodoc ya kak?

    BalasHapus
  2. semoga dengan tes ini bisa cepat deteksi dini agar g menular ke mana2 ya mb, saya takut bila makin banyak korban

    BalasHapus
  3. Kira-kira range harga untuk PCR berapa nih mbak? Jadi banya tau tentang pcr test

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beragam mba, di wilayah Jakarta ada yg 1-2 jt (rumah sakit swasta)

      Hapus
  4. Dengan halodoc kita dapat mengetahui tentang kesehatan, jadi ga perlu keluar rumah, kalau mau janji dengan dokter atau sekedar konsultasi dan jika mau rapid tes pandemi covid-19 bisa melalui aplikasi halodoc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bun, untung ada aplikasi halodoc yaa

      Hapus
  5. Info yg menarik tentang aplikasi halodoc, kita bisa buat janji dengan dokter untuk melakukan rapid test . Sangat membantu ya aplikasi halodoc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, bisa konsultasi juga lagi..pas banget buat pandemi seperti sekarang

      Hapus
  6. Masuk new normal banyak yang balik ke kebiasaan lama. Duh..masker hanya aksesoris ngak dipakai dengan benar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah aku lihat yg maskernya dipakai cuma sebatas dagu.. maunya apaaa...

      Hapus
  7. Perlu banget masyarakat seperti kita mengetahui informasi' penting seperti PCR TEST, karena sebagian pasti belum tau apa itu PCR TEST termasuk aku salah satunya belum begitu banyak mengetahui informasi ini.

    Dan untuk PCR TEST itu sendiri bisa cek di Halodoc ya mba,, membantu sekali aplikasi ini ya

    BalasHapus
  8. Pantesan butuh waktu berhari-hari buat mastiin positif Covid atau enggak. Baru tau akuu kak. Makasih infonyaa

    BalasHapus
  9. Makasih infonya kakk. Aku baru baca artikel ini padahal kemaren temen-temenku pada nyari tempat Rapid Test

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ka, rekomendasikan halodoc aja nanti 😁

      Hapus
  10. di perumahan sebrang area rumahku, kemarin dihebohkan karena ada warga yang dijemput. tadinya udah mulai longgar orang luar boleh masuk area perumahan, sekarang ditutup lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah jadi parno ya mba, di sini pun begitu, jadi masih was-was kalau mau keluar. Pas jamnya ga crowded deh

      Hapus
  11. Sekarang makin mudah ya dengan adanya rapid tes halo doc ini. Pokoknya saat ini kalau bisa dilakukan online ya online saja dulu biar stay safe. Termasuk konsultasi kesehatan juga baiknya bisa online ya online dulu aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, apalagi masih belum aman situasinya, lebih baik kalau bisa apa-apa online dulu deh

      Hapus
  12. Harga PCR test kira-kira berapa ya Mbak? Haduh, kalau mahal-mahal kasian yang nggak kuat sama biayanya. Apalagi ini ttg kesehatan, wah ngeri banget...

    BalasHapus
  13. Biaya test PCR lumayan juga ya mbak. Kalau sering bepergian di masa New Normal, cari RS yang bisa PCR bisa lebih cepet dgn cari di app halodoc ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicari di lokasi lain juga mba untuk cari variasi harga di halodoc kok 😀

      Hapus
  14. Wah rasanya wajib ya bagi mereka yang punya gejala mengarah Covid atau riwayat perjalanan atau riwayat interaksi dengan pasien Covid utk melakukan PCR Test ini. Lebih akurat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yg mulai masuk kerja atau ada keperluan ke luar kota memang lebih baik tes swab

      Hapus
  15. Paling penting memang ya menjaga. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Agar terhindar dari wabah ini.

    BalasHapus
  16. Apliaksi Halodoc memang membantu banget sih ya kak. Aku juga pakai. Semoga juga masyarakat lebih banyak yang sadar akan pentingnya memeriksakan diri dengan metode PCR ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa konsultasi dan buat janji online lagi

      Hapus
  17. Ini nih salah satu test yang sangat diperlukan di saat new normal sekarang apalagi yang mau bepergian ke luar kota. Halodoc membantu banget terutama untuk yang mau covid test

    BalasHapus
  18. Wah dengan halodoc jadi mudah ya mbak klo mau PCR test, dan gak perlu was-was juga soal biaya, karena udah ada rinciannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, bisa prediksi pengeluaran juga

      Hapus
  19. Jelas biaya nya sehingga kita bisa mempersiapkan untuk pcrtest jakarta. Tanpa takut kurang bawa uang. Aih bikin malu dihadapan dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih ke prepare biar ga panik dan rempong di lokasi yaa

      Hapus
  20. Enak ya di Halodoc udah ada rincian biayanya, jadi bisa lebih prepare kira-kira berapa biaya yang harus dilakukan untuk tes PCR ini.

    BalasHapus
  21. PCR Tes ini banyak manfaatnya ya, dan perlu banget ini untuk yang mau tes, jadi lebih memudahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi ini tentang kesehatan bersama ya mbaa

      Hapus
  22. Wah baru tahu nih fitur terbaru ya kak dari Halodoc? kalau boleh tahu, ini satu kali tes biayanya berapa ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung rumah sakitnya ka, beda-beda soalnya 😊

      Hapus
  23. Aku juga setuju kalo pcr ini lebih akurat kak memang dibanding rapid test yg sudah berjalan ini. Harganya lumayan ya tapi

    Anyway semoga kita selalu dalam keadaan sehat, aamiin

    BalasHapus
  24. Ini cuma ada di Jakarta toh ? Aku baru tau kalo test pake lendir lebih akurat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicek lokasi lainnya di halodoc ya kaa

      Hapus
  25. Alhamdulillah ya mbak mau PCR Test bisa lewat halodoc, jadinya makin mudah aksesnya

    BalasHapus
  26. Owh jadi PCR test itu dari sampel liur, dahak atau lender dari bagian mulut, tenggorokan dan hidung. Sekarang malah bisa di Halodoc yah kak. Wah makin mudah dan praktis yah. Terimakasih informasinya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bikin janji, konsultasi dan cek hasil tes secara daring yaa

      Hapus
  27. Jadi ingat temanku waktu mau masuk kantor lagi dan disuruh test ke rumah sakit, apalagi dia habis dari luar kota.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, lebih baik periksa dulu daripada rempong nantinya

      Hapus
  28. Aku tahunya baru rapid test. Ternyata ada PCR test yang lebih akurat yah. Dana da di allaplik halodoc..wah semakin memudahkan ini. Untuk biayanya berapa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicek sesuai lokasi rumah sakitnya di halodoc yaa

      Hapus
  29. setuju ini, kalau yg paling akurat memang test PCR ya, tp sayang harganya msh lumayan hehehe.. semoga semuanya lekas membaik :)

    btw, follback ya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita selalu diberikan kesehatan ya, aamiin. Done ka~

      Hapus
  30. Teman kantor suamiku positif covid19 dan beberapa hari kemudian meninggal, aku langsung bikin janji untuk lakukan PCR test lewat Halodoc :(

    BalasHapus
  31. Biaya nya lumayan bgt utk tes PCR, jdi kebanyakan orang milih rapid test aja utk syarat klo terpaksa harus ke luar kota

    BalasHapus
  32. Jadi gampang ya dengan adanya Halodoc. Ga usah nyari2 lagi, tinggal buka aplikasinya.

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!