Art

Cat Air Mengajarkan Aku..

Rabu, Agustus 26, 2020

Semenjak pandemic aku dan keluarga sebisa mungkin nggak keluar rumah kalau nggak ada keperluan penting. Alhasil mengalami bosan akut. Sangking bosannya aku mulai mencari watercolor pensil yang udah lamaaa banget nggak dipakai (terakhir SMP mungkin woohoo) dan akhirnya aku tertarik dengan melukis. 

Watercolor pensil yang kupakai warnanya 36, modal tutorial di youtube. Awalnya nyaman-nyaman aja menggunakan pensil warna, tapi mengingat kerja 2 kali (warnain dengan pensil warna kemudian pakai kuas) juga tidak bisa bereksperimen dengan warna secara bebas, mungkin karena aku masih pemula. 

Akhirnya aku beli Titi Watercolor yang sudah pernah kubahas, aku beli yang murah karena 1) Pemulay 2) Kalau bosan nggak terlalu merasa rugi hahaha.. dan sebelum membeli cat air aku udah cek youtube dan google tentang teknik dan menggambungkan warna. 

Selama 26 tahun aku hidup ini pertama kalinya aku tertarik dengan cat air, pas sekolah aku nyerah deh. Dan selama kurang lebih 2 bulan aku main-main sama cat air, ada yang aku pelajari…

Karya cat air

  • Gagal itu bukan dosa 

Melihat video tutorial yang terlihat sederhana kayak “Bisa nih kayaknya…” dan ternyata hasilnya bikin aku mau tabok tangan kananku wkwk. Awalnya aku sempat kesal sendiri, tapi artist yang kutonton selalu bilang jangan dibawa stress, dengan kegagalan kita bisa menghindari membuat kesalahan yang sama nantinya. Kalau hasil akhir nggak sesuai di otakku biasanya aku tinggalin sampai mood membaik lagi. 

Hasil main-main cat air

  • Less is more

Alasanku membeli 12 cat air aja karena keunggulan dari cat air adalah kita bisa belajar mencampurkan 2 warna menjadi warna lain. Awalnya warna-warna yang kucampur tuh mirip kayak warna lumpur atau genangan air hujan, lama-lama lumayan vibrand dan sudah hapal campuran warnanya. Practice makes perfect (I’m faaarrrr from perfect tho) 

  • There is PAIN in PAINting 

Pain during painting

Berbeda dengan digital art seperti header blogku, yang bisa diulang kalau buat kesalahan. Ketika salah kasih warna, atau cat air di kuasnya netes-netes di bagian yang nggak diduga atau nggak sengaja merobek masking tape sampai kertasnya robek… rasanya mau ngulek sambel. Apalagi kalau aku suka dengan hasilnya.. hAAAaaHHHhh..

Karena itu aku nggak terlalu serius menekuni hobi ini, menurutku melukis itu untuk rileksasi. kalau tertekan karena nggak semirip di contoh malah merusak mood. Lets just enjoy this hobby in peace. 

Apa pelajaran yang kamu dapatkan dari hobimu? Sharing dong di kolom komentar! By the way maaf ya kalau format tulisannya ga rapi, ngetik dan edit di handphone belum lancar, huhu..


You Might Also Like

35 komentar

  1. Aku selama dirumah saja tidak keluar rumah bnyak mencoba bikin makaman dari resep2 yang aku search di internet karena untuk jajan agak takut sih hehehe makanyaa mending bebikinan makanan aja dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakakku juga suka masak-masak di rumah, masalahnya jadi tembem nih huhu 😂

      Hapus
  2. Alhamdulillah ya ada hikmahnya juga pandemi ini jadi kita bisa berkreasi bahkan ngerjain hobi yang dulu sering dilakukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Nia, Alhamdulillah ga bosan banget jadinya~

      Hapus
  3. banyak banget ternyata apa yang bisa dikerjakan dengan cat air ya, pantes aja anak ku suika mainan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar anak fokus dan ga sering main gadget juga ya mas

      Hapus
  4. wah itu semua hasil karya mba, suka banget lihatnya, bagus-bagus dan karena nuansa birunya semua, saya luv banget akrena suka bangets ama warna biru apalagi cerha gini, jadi pengen bikin dan ditempel di kamar deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, makasih yaa!

      Mungkin karena kangen sama pantai dan laut gambarnya itu-itu aja hihi

      Hapus
  5. Aku pernah punya permasalahan yang cukup dalam dengan cat air jadi lebih suka crayon heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumpah di kertas/meja kah mba? /Pengalaman juga yg ini/

      Hapus
  6. Menarik ternyata ya,, saya terakhir gunakan cat air saat kelas 5 SD, setelah itu lebih sering gunakan spidol untuk mewarnai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu sukanya pensil warna dan crayon, ga nyangka bakal kepo dengan cat air~

      Hapus
  7. Kertas jadi robek tuh emang tantangan banget ya kalo melukis pakai cat air :D Tapi kalo udah jadi, hasilnya keren. Warnanya bisa lembuuuut banget kelihatannya.

    BalasHapus
  8. Ah iya, ini nggak hanya perlu mood yang bagus aja menggunakan cat air, pikiran dan hati perlu fokus dan tenang, biar hasilnya nggak bikin ambyar

    BalasHapus
  9. aku selalu kagum sama orang-orang yang bisa punya hoby menggambar dan mewarnai, aku ga sabaran kalau dikasih yang beginian :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga mood aku juga gak sabaran hehehe

      Hapus
  10. Katanya kalau hobi main warna bisa bikin hati tenang juga ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, lumayan biar terpaku sama gadget terus-terusan hehe

      Hapus
  11. Cantik banget mbak hasil lukisannya, pemandangannya terasa nyata, aku jadi ingat salah satu novel favorite aku, ilustrasi covernya kayak gini warnanya terasa nyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banyak ya mbaa! 😍 Wah siapa illustratornya? Aku jadi pingin lihat karyanya deh!

      Hapus
  12. Hikmah pandemi ya mb, jd muncul bakat terpendam😍 senangnya bisa main dg hobi lama

    BalasHapus
  13. Wah faedah sekali ya kak selama pandemi aku juga bikin kegiatan positif yang lainnya selain WFH. Aku juga waktu SMA suka sekali melukis tapi menggunakan media kaca.

    BalasHapus
  14. Iya ya semenjak Pandemi aku juga ama keluarga jadi nyari dan punya aktivitas baru, kegiatan coloring yg paling jadifavorite anak anak sih, seru dan kreatif ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku demen mewarnai pas tua wkwk, dulu sukanya gambar aja hehe

      Hapus
  15. waa iya nih, pernah mainan cat air juga dulu sama si hubby, agak agak sebel juga kalo pas ngalamin kertasnya sobek karena kebanyakan polesan hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun ada yg bilang ga ngaruh ke gambarnya tetep aja gedeg ga rapi yaa

      Hapus
  16. Keren banget Mbak hasilnya tetap berkarya walaupun saat pandemic dan di rumah aja

    BalasHapus
  17. Bahwa membuat foto tampak bercerita itu tidak mudah tetapi bukan berarti saya tidak bisa
    Saya hanya butuh sedikit keluar dari zona nyaman untuk terus menghasilkan foto yang tak hanya indah tetapi juga memberikan makna

    BalasHapus
  18. yes sih.. hobi awalnya memang buat seneng2 aja.. gak perlu dibawa serius apalagi sampe terbebani melakukannya..ngelukis pake cat air emang bikin rileks sih ya...

    BalasHapus
  19. Wahh bagus bagus kak lukisan nya walaupun masih belajar, pasti nanti juga terbiasa dan bisa lebih bagus lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kaa, aamiin semoga ga down belajarnya hehe

      Hapus
  20. Dari dulu aku kok ya belum tertarik untuk mewarnai gini, apalagi menggunakan cat air huhuuuuu susaaaahh... Aku lebih senang menekuni hobi yang berkaitan dengan cross stitch alias kristik. Sama-sama harus sabar tapi emang kalau mulainya udah suka duluan pasti asyik aja yaaa...

    BalasHapus
  21. Klo ditanya hobi, suka bingung juga. Soalnya ga punya yang spesifik banget gitu. Pokoknya sesuatu yang aku kerjakan dengan happy, ya itulah yang aku suka

    BalasHapus

Jangan pake link ya, terimakasih!